Sponsors Link

10 Contoh Pranata Agama yang Hadir dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sponsors Link

Pranata sosial merupakan suatu sistem atau satu kesatuan norma yang bertujuan untuk mengatur segala pola tingkah laku dan tindakan manusia dalam upaya memenuhi seluruh kebutuhan pokok didalam kehidupan bermasyarakat. Dimana manusia tidak akan dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya sendiri sebagai seorang makhluk sosial yang selalu bergantung satu sama lain. Pranata sosial yang hadir didalam kehidupan masyarakat memiliki fungsi dan peran masing-masing yang terwujud kedalam berbagai macam-macam pranata sosial.

ads

Adapun berbagai macam pranata sosial tersebut sangat penting kehadirannya sebagai salah satu unsur struktur sosial didalam kehidupan masyarakat, sehingga dapat tercipta suatu kehidupan yang damai dan tenteram. Salah satu macam pranata sosial yang sangat penting kehadirannya adalah pranata agama. Apa itu pranata agama, dan apa saja contoh pranata agama di dalam kehidupan masyarakat, berikut penjelasannya.

Pengertian Pranata Agama

Agama merupakan suatu prinsip kepercayaan terhadap Tuhan, dimana didalamnya terdapat kebaktian serta kewajiban-kewajiban yang harus dipatuhi dan berbeda-beda antar agama satu dengan yang lainnya. Agama juga merupakan suatu keyakinan dimana setiap umatnya percaya dan yakin bahwa terdapat kekuatan yang diberikan oleh Tuhan kepada umatnya dalam menghadapi segala tantangan kehidupan. Agama juga menjadi bagian dari pranata sosial yang biasa dikenal dengan istilah pranata agama. Sebagai suatu pranata sosial, agama memiliki berbagai ritual atau praktik keagamaan yang dirumuskan, dipatuhi, dan dianggap perlu dan benar oleh setiap pemeluk agama masing-masing. Dimana hal-hal tersebut juga penting kehadirannya didalam berlangsungnya suatu kehidupan masyarakat bersama.

Pranata agama merupakan suatu pranata sosial yang sangat penting karena dapat berfungsi untuk menuntun dan mengatur jalan hidup manusia, hal ini juga merupakan salah satu ciri-ciri pranata sosial. Suatu agama juga merupakan sistem kepercayaan kepada suatu sistem budaya, serta pandangan dunia yang berhubungan dengan tatanan kehidupan, termasuk didalamnya adanya berbagai ajaran, larangan, anjuran, serta kewajiban-kewajiban yang mengikat setiap umat agama masing-masing. Pranata agama juga dikenal sebagai suatu pranata religi atau religious institutions, yang memadukan antara sistem keyakinan dengan praktik yang sangat erat kaitannya dengan berbagai hal yang bersifat dan dianggap suci. Religiositas sendiri memiliki dua unsur ajaran yang hakiki, yaitu mengenai sesuatu yang ada di dunia dan sesuatu yang berada di luar jangkauan indra manusia.

Salah satu tujuan dan fungsi pranata sosial adalah untuk menjaga keutuhan masyarakat, begitu pula dengan pranata agama. Dimana adanya suatu pranata sosial dapat menjaga keutuhan masyarakat yang sangat beragam, termasuk dengan adanya berbagai macam agama yang dianut oleh setiap anggota masyarakat masing-masing. Dengan adanya pranata agama, setiap manusia dapat menunjukkan sikap toleransi dan menghormati satu sama lain, baik dengan mereka yang memiliki agama sama maupun dengan mereka yang berbeda agama. Tanpa adanya pranata agama, maka jalan hidup manusia akan pora poranda, pola perilaku dan tindakan manusia juga tidak teratur dan tidak dapat membedakan mana yang benar dan salah, hingga memungkinkan pula terjadinya berbagai macam bentuk-bentuk konflik sosial di dalam kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu, pranata agama memang penting didalam kehidupan masyarakat sebagai suatu pedoman menjalankan kehidupan bermasyarakat. Lalu apa saja contoh-contoh pranata agama di dalam masyarakat, berikut penjelasannya.

Contoh Pranata Agama

Berbagai macam agama yang hadir dan dianut oleh setiap manusia menjadikan banyak sekali contoh-contoh pranata agama yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Contoh pranata agama sendiri dapat dilihat dari hubungan antara sesama manusia dan juga hubungan manusia dengan alam, simak penjelasan berikut.

Contoh Pranata Agama dalam Hubungan Antar Manusia

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa pranata agama dapat menuntun jalan hidup manusia serta menjaga hubungan antar sesama manusia, maka berikut ini beberapa contoh pranata agama dalam hubungan antar manusia:

Sponsors Link

  1. Melaksanakan Ibadah Bersama

Contoh pranata agama yang pertama adalah pelaksanaan ibadah secara bersama-sama antar manusia yang memiliki agama sama. Sebagai contoh seperti shalat berjamaah, kebaktian bersama, maupun bersembayang di pura bersama, dan lain sebagainya. Adanya pranata sosial menyadarkan para umatnya untuk melaksanakan ibadah bersama sekaligus untuk menjalin silaturahmi, serta menjunjung dan membuktikan terjalin nya suatu hubungan yang baik antar umat beragama sama.

  1. Saling Menghormati dan Toleransi antar Umat Beragama

Tidak ada satu agama pun yang mengajarkan umatnya untuk membenci umat agama lain, atau bahkan menjelek-jelekkan agama lainnya. Semua agama pasti mengajarkan hal-hal yang baik dan benar kepada umatnya dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. Oleh sebab itu, adanya suatu pranata sosial diperlukan untuk menjaga kerukunan masyarakat, salah satu contohnya melalui adanya sifat saling menghormati dan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama, baik yang memiliki agama sama maupun berbeda.

  1. Musyawarah

Contoh pranata agama selanjutnya adalah adanya musyawarah dalam mengambil segala keputusan dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya pranata agama, segala macam contoh masalah sosial kemasyarakatan dapat dibicarakan atau didiskusikan didasarkan pada apa yang mereka percaya benar maupun salah. Walaupun berbeda agama berbeda pula ajarannya, tetapi dalam aspek kemasyarakatan pastilah sama, yaitu segala hal yang dianggap baik dan benar dalam menjalankan kehidupan masyarakat. Seperti halnya menyelesaikan masalah melalui musyawarah bersama atau diskusi.

  1. Kerjasama dan Kegiatan Kemasyarakatan Bersama
ads

Seperti yang telah disebutkan bahwa pranata sosial dapat menjaga hubungan antara manusia, maka kondisi tersebut dapat diciptakan melalui keikutsertaan setiap manusia didalam kegiatan kemasyarakatan yang ada di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Beberapa diantaranya seperti mengikuti kegiatan taruna, PKK, posyandu, kerja bakti membersihkan lingkungan, dan lain sebagainya. Melalui berbagai macam kegiatan bersama itulah, hubungan atau proses interaksi sosial antar manusia yang berbeda agama dapat terjalin dengan baik.

  1. Berperilaku Sopan

Pranata agama juga mengandung berbagai norma yang dijadikan suatu dasar dalam pola perilaku atau sikap setiap manusia di dalam kehidupan masyarakat. Salah satu contohnya adalah selalu bersikap atau berperilaku sopan dimanapun berada, terutama dilingkungan masyarakat baru maupun dilingkungan dengan sebagian besarnya memeluk agama yang berbeda. Selain itu, setiap manusia juga menjadi memiliki sifat rendah hati dalam pergaulan mereka.

  1. Menghormati Ibadah Masing-Masing

Menghormati berlangsungnya suatu ibadah oleh pemeluk agama yang berbeda juga merupakan contoh pranata agama, seperti mematikan kendaraan ketika melewati masjid di waktu shalat, tidak membuat keributan di sekitar gereja saat ibadah berlangsung, dan lain sebagainya. Selain itu, tidak beranggapan buruk atau menilai buruk ibadah agama lain juga menjadi contoh lain dari pranata agama.

Itulah beberapa contoh pranata agama di dalam hubungan antar manusia, lalu apa saja contoh pranata agama didalam hubungan manusia dengan alam. Berikut penjelasannya.

Contoh Pranata Agama Didalam Hubungan Manusia dengan Alam

Selain dalam hubungan antar manusia, pranata agama juga dapat hadir di dalam hubungan manusia dengan alam sekitarnya, beberapa contohnya seperti:

  1. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Contoh pranata agama yang pertama adalah membuang sampah pada tempatnya, termasuk juga sisa-sisa kotoran kedalam tempatnya. Setiap agama tidak mungkin menganjurkan umatnya untuk membuang sampah sembarangan dan membuat kotor lingkungan hidupnya. Hal ini juga karena setiap agama mencintai kebersihan, dimana kebersihan merupakan sebagian dari iman. Oleh sebab itu, adanya kesadaran untuk membuang sampah dan sisa-sisa kotoran kedalam tempatnya menjadi salah satu contoh berlakunya pranata agama di dalam kehidupan manusia.

  1. Melakukan Penghijauan Hutan

Contoh selanjutnya dari pranata agama adalah adanya kesadaran untuk melakukan penghijauan terhadap hutan-hutan yang gundul, atau biasa disebut sebagai reboisasi. Menjaga alam juga merupakan suatu kewajiban yang dianjurkan oleh setiap agama bagi para pemeluknya. Sehingga dengan melakukan penghijauan hutan berarti bahwa para pemeluk agama menjalankan pranata agama dengan baik. Terlebih lagi dengan terus maju nya zaman, semakin banyak hutan yang gundul untuk membantu pemenuhan kebutuhan hidup manusia dimana jumlah penduduk dalam masyarakat juga semakin meningkat.

  1. Merawat dan Menyirami Tanaman

Contoh pranata agama juga dapat dilihat dari hal-hal kecil seperti merawat dan menyirami tanaman yang ada di lingkungan rumah secara rutin setiap harinya, sehingga tanaman tidak mati. Hal ini juga dapat membuktikan suatu tanggung jawab manusia terhadap alam atau hal yang dimilikinya. Karena kembali lagi segala hal merupakan milik Tuhan yang perlu dijaga dan dirawat dengan baik.

Sponsors Link

  1. Rajin Membersihkan Saluran air

Menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar juga menjadi salah satu contoh pranata sosial yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari, seperti dengan cara rajin membersihkan saluran air. Dengan rajin menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan maka dapat mencegah datangnya berbagai macam penyakit dan bencana yang dapat mengganggu kelangsungan hidup bermasyarakat. Sehingga pranata agama penting juga kehadirannya demi menyadarkan manusia untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, terutama lingkungan sekitar dimana mereka tinggal.

  1. Tidak Menebang Pohon atau Hutan Sembarangan

Contoh lain dari menjaga lingkungan berdasar pada adanya pranata agama adalah dengan tidak menebang pohon atau menebang hutan sembarangan. Keasrian alam sangatlah penting adanya demi kehidupan masyarakat yang sehat dan damai. Dimana dengan adanya penggundulan hutan justru dapat menimbulkan berbagai macam masalah hadir dan mengancam keutuhan masyarakat, seperti adanya protes, munculnya berbagai penyakit, polusi udara semakin meningkat, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh pranata agama yang hadir di dalam kehidupan masyarakat, dimana dapat dibedakan tergantung pada hubungan antar manusia dan hubungan antara manusia dengan alam sekitarnya sebagai pemberian Tuhan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 22nd, May 2018 / 04:31 Oleh :
Kategori : Pendidikan