Sponsors Link

Politik Adu Domba? Inilah 6 Contoh Politik Devide Et Impera

Sponsors Link

Devide et impera adalah sebuah cara politik adu domba yang dijalankan Belanda dengan cara memecah belah kelompok besar dan hal ini dilakukan Belanda demi menghancurkan Indonesia. Politik ini juga mencegah terjadinya persatuan antar kelompok-kelompok kecil menjadi sebuah kelompok yang besar dan dengan politik ini banyak konflik yang terjadi. Berikut ini adalah 10 contoh politik devide et impera:

ads

1. Perang Padri

Perang padri adalah salah satu perang yang terjadi pada jaman dulu dan perang ini berlangsung di wilayah Sumatera Barat. Belum adanya sarana sosialisasi politik yang berjalan, membuat mudah sekali terjadi perang dan perang padri berlangsung dari tahun 1821 sampai tahun 1837 dan perang ini dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol. Perang ini terjadi akibat adanya politik devide et impera yang diterapkan Belanda dan perang ini termasuk dalam perang yang berlangsung lumayan lama.

2. Perang Jawa Atau Perang Diponegoro

Perang Diponegoro adalah perang yang terjadi pada tahun 1825 sampai 1830 dan perang ini seringkali disebut sebagai perang Jawa. Dengan tidak adanya contoh sosialisasi politik di masyarakat pada jaman dulu, sehingga menghasilkan berbagai macam konflik yang terjadi dan perang ini dipimpin oleh Pangeran Diponegoro. Perang ini menjadi salah satu perang terbesar yang pernah terjadi di wilayah Jawa dan pangeran Diponegoro dalam perangnya didukung oleh beberapa tokoh lain seperti Kyai Maja, Pangeran Mangkubumi serta Sentot Ali Basyah Prawirodirjo.

3. Perang Bali

Politik adu domba yang dijalankan Belanda memang membuat perpecahan yang terjadi dan salat satu perkembangan awal politik pada awal kemerdekaan adalah banyak timbulnya perang saudara. Salah satu perang yang terkenal pada jaman dulu adalah perang Bali dan perang ini berlangsung antara tahun 1849 sampai dengan 1906. Dalam perang ini ada beberapa tokoh yang ikut dalam perang yaitu Raja Buleleng serta Raja Karangasem dan perang ini menjadikan catatan sejarah Indonesia menjadi lebih lengkap.

4. Perang Saparua

Perang Saparua adalah salah satu perang yang terjadi pada tahun 1817 di Maluku dan perang ini terjadi akibat berjalannya politik adu domba yang dijalankan Belanda. Perang ini terjadi di bawah kepemimpinan Pattimura dan sampai saat ini nama Pattimura sangatlah terkenal sebagai salah satu pahlawan bangsa. Dampak positif perkembangan wilayah indonesia menjadikan keberagaman yang terjadi dan hal ini selaras dengan perjuangan para pahlawan yang inginkan Indonesia bebas dari penjajah.

5. Perang Aceh

Perang aceh adalah perang yang menghasilkan banyak pahlawan dengan nama besar seperti Cut Nyak Dien dan perang yang terjadi pada tahun 1873 sampai 1904 ini berlangsung akibat politik adu domba yang dijalankan pemerintahan belanda. Akibat perang yang terjadi banyak contoh masalah sosial yang timbul dan hal ini menjadi bukti bahwa besarnya pengaruh politik adu domba yang dijalankan Belanda.

6. Perang Banjar

Perang Banjar adalah salah satu perang yang terjadi akibat adanya politik adu domba yang dijalankan belanda dan hal ini menjadikan banyak faktor penyebab masalah sosial yang terjadi. Perang ini melahirkan pahlawan yang terkenal seperti Pangeran Antasari dan perang ini berlangsung pada tahun 1858 sampai 1866.

Demikian ulasan lengkap mengenai contoh politik devide et impera dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Friday 15th, March 2019 / 08:31 Oleh :
Kategori : Sejarah