Sponsors Link

4 Contoh Pola Sosial Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Sponsors Link

Kehidupan sosial merupakan kehidupan yang dipenuhi dengan banyak orang yang hidup berdampingan dan melakukan berbagai kegiatan serta saling tolong menolong. Dengan adanya kehidupan sosial, pola hidup manusia akan selalu diperbaiki menjadi lebih baik. Kehidupan sosial akan berkembang menjadi lebih baik jika masyarakat yang terlibat selalu melakukan hal yang positif dan bermnafaat untuk dirinya dan lingkungan sekitarnya. Dengan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kehidupan yang lebih baik bisa dilakukan, manusia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan macam-macam cara. Semua usaha yang dilakukan oleh menusia akan menghasilkan berbagai manfaat bagi dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya.

ads

Dalam hidup dengan berbagai macam budaya banyak ditemukan keragaman adat dan budaya setiap wilayah yang memiliki keunikan tersendiri menjadikan hal yang patut untuk dilestarikan. Dengan adanya berbagai budaya yang saling mendukung, pembangunan sosial budaya bagi masyarakat akan terus berkembang menuju perkembangan yang lebih baik. Dengan berbagai budaya yang menyusun keindahan berbagai budaya di Indonesia akan menjadi daya tarik tersendiri dan menandakan bahwa masyarakat indonesia memiliki pola hidup sosial yang baik. Adanya berbagai macam ras dan budaya menjadikan negara Indonesia terkenal akan aneka ragam budaya dan bahasa daerah yang dimilikinya.

Pola Sosial Dalam Masyarakat

Kehidupan sosial dalam berbudaya juga harus diterapkan dengan baik. Meningkatkan rasa saling menghormati dan saling tolong menolong menjadi poin penting dalam menjalani kehidupan sosial bermasyarakat. Adanya kehidupan sosial menandakan bahwa sebagai masyarakat indonesia yang dikenal dengan keramahannya, harus bisa menjaga toleransi antar bangsa sehingga dapat mewujudkan perdamaian antar bangsa. Adanya kehidupan sosial menjadikan suatu wilayah selalu menaati aturan yang berlaku dalam wilayah tersebut. Sehingga hal yang sedemikian rupa akan membantu untuk mewujudkan pola sosial dalam kehidupan yang sebenarnya.

Pola sosial bisa diwujudkan dengan berbagai cara. Banyak contoh pola sosial dalam kehidupan bermasyarakat yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Pola sosial yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi pedoman atau suatu contoh pola sosial dalam hidup bermasyarakat. Karena penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana contoh pola sosial yang benar dalam hidup bermasyarakat. Berikut adalah contoh pola sosial dalam kehidupan sosial bermasyarakat:

  • Dalam kehidupan Sekolah

Dalam lingkungan sekolah, setiap hari sekolah diadakan, interaksi akan selalu terjadi dimanapun dan kapanpun. Sekolah adalah salah satu tempat untuk para murid dan semua civitas akademika melakukan berbagai interaksi. Adanya berbagai interaksi didalam sekolah sebagai wujud untuk melangsungkan ada kegiatan proses belajar mengajar. Di sekolah para siswa akan mendapatkan pengetahuan dan ilmu baru terkait materi yang disampaikan oleh para guru mereka. Dalam proses penyampaian materi, terdapat berbagai interaksi didalamnya.

Interaksi yang bisa dilakukan antar guru dan siswa atau bahkan antar sesama siswa. Melakukan interaksi termasuk kedalam pola sosial yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan adanya suatu interaksi, akan ada suatu bahasan yang akan menjadi topik dan akan memunculkan berbagai pendapat.

Contoh pola sosial bisa dilihat:

  1. Saat guru menerangkan berbagai materi dan ada proses tanya jawab dengan siswa. Interaksi yang sedemikian rupa bisa dikategorikan sebagai pola sosial karena keterlibatan berbagai pihak dan ditujukan untuk bidang pendidikan.
  • Dalam lingkungan kantor
Sponsors Link

Proses interaksi bisa berlangsung di kantor. Setiap orang yang berada di kantor memiliki hak untuk melakukan interaksi dengan orang yang lain. Tidak ada batasan yang tidak memperbolehkan adanya suatu interaksi. Dalam lingkungan kantor tentu dan wajib ada interaksi yang berlangsung.

Salah satu contoh pola sosial dalam lingkungan kantor adalah

  1. Para pegawai mengerjakan tugas masing-masing dan ketika mereka membingungkan sesuatu, mereka akan menanyakan hal tersebut ke pegawai lainnya atau ke supervisor. Adanya proses pembelajaran dalam kantor juga bisa dilakukan ketika ada suatu training atau pelatihan tertentu. Adanya proses pembelajaran merupakan interaksi sosial dalam kantor yang harus dilakukan oleh seluruh pegawai di perusahaan tersebut.
  • Dalam organisasi masyarakat

Dalam kehidupan berorganisasi pasti banyak ditemukan adanya berbagai interaksi sosial. Pola sosial yang terjadi dalam kehidupan berorganisasi biasa terjadi dan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. dengan melalui organisasi bahkan hingga organisasi masyarakat, kita akan menemukan berbagai interaksi pola sosial yang menandakan bahwa adanya suatu kegiatan yang dilakukan dan pasti terdapat pesan dan moral yang disampaikan dalam setiap organisasi masyarakat.

Sponsors Link

Pesan moral yang disampaikan akan disampaikan dengan cara yang berbeda dan menghasilkan pola pemikiran yang berbeda namun masih dalam visi yang sama dalam satu organisasi. Adanya pola sosial bisa menggambarkan bahwa hubungan antar individu dalam suatu organisasi akan berlangsung dengan baik.

Contoh pola sosial dalam organisasi masyarakat adalah:

  1. Pola interaksi yang terjadi dalam organisasi bisa menggambarkan adanya berbagai interaksi sosial. Dengan kata lain, adanya kerjasama yang terjalin untuk mewujudkan tujuan dari organisasi. Sehingga dengan adanya berbagai kerjasama yang dilakukan, pola sosial bisa dilakukan dengan baik.
  • Dalam keluarga

Interaksi dalam keluarga pasti terjadi dan harus ada. Dalam keluarga harus ada suatu interaksi agar persaudaraan dalam keluarga tidak pudar. Pola sosial yang didapatkan dalam keluarga bisa didapatkan dari orantua. Dimana setiap orang tua akan menyampaikan bentuk kasih sayangnya kepada sang anak dan untuk pihak keluarga lainnya. Rasa kepedulian yang tinggi akan menambah semangat dan rasa saudara dalam keluarga.

Dengan adanya sebuah keluarga, bisa dijadikan sebagai contoh pola sosial sebagai berikut:

  1. Akan ada proses orang tua mencerminkan hal-hal yang baik kepada anak-anaknya, dan dalam keluarga pasti akan diajarkan untuk saling menghormati satu sama lain serta banyak pendidikan moral yang akan disampaikan oleh orang tua.

Contoh pola sosial yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari akan lebih mudah untuk dipelajari dan dipahami. Sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman mengenai contoh pola sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai masyarakat sosial kita wajib tahu bagaimana contoh masalah sosial sehingga kita bisa mengantisipasi jika hal tersebut terjadi. Untuk itu, perlu adanya suatu peran sosial dalam kehidupan sehari-hari agar kita bisa memahami lebih lanjut.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 18th, June 2018 / 07:58 Oleh :
Kategori : Sosiologi