Sponsors Link

5 Contoh Perubahan Struktural di Indonesia Dengan Penjelasan Terlengkap

Sponsors Link

Perubahan sosial pasti terjadi di dalam masyarakat. Apalagi semakin bertambahnya waktu maka perubahan yang ada di dalam masyarakat juga semakin beragam. Biasanya perubahan ini menyesuaikan apa yang sudah berubah dari waktu ke waktu. Sehingga orang yang termasuk ke dalam kelompok masyarakat tersebut tidak akan tertinggal baik itu dalam segi informasi maupun teknologi yang terbaru. Salah satu perubahan yang selalu terjadi di dalam masyarakat adalah perubahan struktural. Perubahan struktural sendiri memiliki pengertian sebagai perubahan yang terjadi secara mendasar dan perubahan ini menyebabkan terjadinya reorganisasi di dalam suatu kelompok masyarakat. Adapun contoh perubahan struktural adalah:

ads

1. Pergantian Presiden setiap 5 tahun sekali

Indonesia adalah negara demokrasi dimana rakyat juga ikut andil dalam membuat keputusan yang akan di terapkan. Meskipun termasuk ke dalam negara demokrasi namun Indonesia tetap lah membutuhkan seorang pemimpin yang kita kenal sebagai presiden. Beberapa contoh konstruksi sosial di masyarakat yang harus di ketahui. Di Indonesia sendiri pergantian presiden terjadi setiap 5 tahun sekali. Pergantian pemimpin di dalam sebuah negara bisa menjadi salah satu contoh perubahan struktural di masyarakat. Karena perubahan pemimpin ini yang menyebabkan perubahan peraturan di dalam masyarakat. Peranan sosiologi dalam pembangunan yang sangat mudah Anda jumpai di sekitar Anda.

2. Perubahan sistem pemerintahan di suatu negara

Contoh perubahan struktural selanjutnya adalah perubahan sistem pemerintahan yang sering terjadi di suatu negara berkembang apalagi negara tersebut dulunya pernah di jajah oleh negara lain. 5 contoh pendekatan sosiologi pasar dengan sistem sosial yang harus di perhatikan karena sangat penting. Seperti suatu negara yang dulunya memiliki sistem pemerintahan monarkhi maka setelah merdeka beralih ke sistem pemerintahan republik. Perubahan sistem pemerintahan ini berdampak besar dalam kehidupan masyarakat. Karena masyarakat harus menyesuaikan peraturan baru yang ada sehingga kebiasaan hidup di zaman dahulu lama kelamaan akan mulai hilang. Inilah faktor yang mempengaruhi kebijakan sosial dalam masyarakat.

3. Penerapan sistem ganjil genap

Bagi Anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta tentu sudah tidak asing lagi dengan penerapan sistem ganjil genap ini. Meskipun bertujuan positif untuk mengurangi kemacetan namun ternyata peraturan ini membuat perubahan struktural di dalam masyarakat dimana masyarakat harus menyesuaikan kendaraan yang akan ia gunakan. Manfaat mempelajari kebijakan sosial yang bisa Anda dapatkan.

4. Kenaikan harga BBM

Contoh perubahan struktural pada masyarakat yang lainnya adalah adanya kenaikan harga BBM. Dimana dengan adanya kenaikan ini maka masyarakat lebih giat dalam mencari penghasilan agar mereka tetap bisa membeli BBM. Karena memang bahan bakar ini sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Beberapa contoh perilaku konsumerisme yang harus Anda ketahui.

5. Kenaikan mata uang dolar

Fenomena kenaikan mata uang dolar baru saja terjadi dan masih bertahan hingga saat ini. Dimana kenaikan nilai tukar uang dolar ini menjadikan banyak perubahan yang ada di masyarakat. Bahkan tidak hanya masyarakat dalam kelompok kecil saja namun masyarakat luas. Inilah perbedaan konsumerisme dan hedonisme dalam kehidupan. Itu tadi beberapa contoh perubahan struktural yang ada di Indonesia.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Tuesday 29th, January 2019 / 06:40 Oleh :
Kategori : Ekonomi