Sponsors Link

Inilah 12 Contoh Perspektif Evolusionis yang Berkembang Dimasyarakat

Sponsors Link

Evolusi adalah sebuah perubahan yang terjadi dengan sengaja ataupun tindak disengaja dan perspektif evolusionis adalah sebuah perubahan yang menekankan pada perkembangan manusia. Perubahan manusia bisa berjalan dengan berbagai cara dan salah satunya akibat adanya sebuah hubungan sosial yang terjadi. Kehidupan masyarakat pasti mengalami suatu perkembangan dan perkembangan juga dipengaruhi dengan era globalisasi yang semakin pesat. Perkembangan masyarakat memang terjadi dengan sangat cepat dan perubahan ini harus bisa diantisipasi dengan berbagai usaha, karena tidak semua perubahan berdampak positif bagi masyarakat. Berikut ini adalah contoh perspektif evolusionis:

ads

1. Hp Menjadi Kebutuhan Primer

Kini dengan adanya perkembangan dunia teknologi membuat timbulnya berbagai macam perubahan dan salah satu perubahan yang terjadi adalah penggunaan Hp yang sangat penting. Kini Hp menjadi sebuah kebutuhan primer yang digunakan untuk melakukan komunikasi dan menjadi salah satu cara untuk melakukan proses interaksi sosial dengan masyarakat lainnya.

2. Motor Menjadi Kebutuhan Penting

Dengan perkembangan dunia teknologi yang sangat pesat, kini penggunaan motor menjadi sebuah hal yang sangat penting dan kini penggunaan angkutan umum menjadi lebih jarang. Hal ini menjadi dampak negatif bagi sebuah daerah, karena dengan banyaknya kendaraan yang ada akan menimbulkan kepadatan kendaraan dan akan menimbulkan sebuah kemacetan. Hal ini juga menjadi salah satu faktor perubahan sosial yang berpengaruh di masyarakat.

3. Laptop Menggantikan Fungsi PC

Perubahan juga terlihat dari penggunaan komputer dan kini penggunaan PC menjadi kalah dengan laptop, hal ini terjadi akibat laptop memiliki kelebihan. Laptop lebih lengkap fiturnya dan memiliki efektivitas yang tinggi, karena laptop sangat mudah di bawa kemana-mana dan laptop memiliki harga yang lebih murah dari PC. Penggunaan laptop akan membuat proses terjadinya interaksi sosial menjadi lebih mudah, karena sosial media dapat dibuka dengan mudah di laptop.

4. Traktor Menggantikan Fungsi Kerbau

Bidang pertanian juga mengalami perspektif evolusionis, karena kini penggunaan kerbau menjadi lebih sedikit dengan adanya Traktor dan penggunaan Traktor dianggap lebih efektif daripada kerbau. Traktor hanya menggunakan solar sebagai bahan bakarnya dan perawatannya pun sangatlah mudah, proses pembajakan sawah menjadi lebih cepat serta efisien.

5. Jualan Online

Penjualan online menjadi sebuah perubahan digital yang terjadi di Indonesia, karena pada jaman dulu penjualan hanya dilakukan dengan cara tradisional dan dengan adanya cara online pemasaran sebuah produk menjadi lebih besar. Penjualan online menambah variasi penjualan sebuah produk dan penjualan online bisa dilakukan dimana saja. Dengan adanya penjualan online membuat kondisi penduduk indonesia menjadi lebih beragam dan persaingan semakin ketat dalam perekonomian.

6. Parabola Menggantikan Peran Antena

Belakangan ini penggunaan antena TV menjadi lebih sedikit, akibat adanya parabola dan hal ini menjadi salah satu perubahan di era digital. Salah satu kelebihan parabola adalah kondisi gambarnya yang lebih jernih dan tidak terlalu terpengaruh cuaca, sedangkan antena sangat terpengaruh cuaca. Dengan perkembangan parabola yang pesat juga menimbulkan berbagai bentuk penyimpangan sosial, karena tidak semua siaran lokal atau nasional tertangkap dengan parabola dan hal ini menjadikan sebuah konflik di masyarakat.

7. Magicom Menggantikan Panci

Dengan perkembangan teknologi di era digital, kini magicom menjadi sebuah kebutuhan primer yang dibutuhkan masyarakat dan penggunaan nasi untuk menanak nasi menjadi lebih rendah. Meski fungsinya sama, namun magicom dianggap lebih efektif dan efisien. Hal ini membuat banyak masyarakat menggunakan magicom untuk menanak nasi. Dalam sebuah lingkungan masyarakat, salah satu syarat terjadinya interaksi sosial adalah adanya hubungan antar masyarakat dan hubungan masyarakat, akan menimbulkan sebuah perubahan sosial.

Sponsors Link

8. Blender Menggantikan Ulekan Tradisional

Blender adalah salah satu alat elektronik yang memiliki peranan penting di masyarakat, karena blender menggantikan peran ulekan tradisional atau disebut coet batu dan efektivitas yang dihasilkan blender sangat bermanfaat bagi masyarakat. Tak hanya itu proses penghalusan rempah-rempah pun menjadi lebih cepat dan efisien.

9. Dispenser Menggantikan Termos

Dispenser adalah alat elektronik yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dan penggunaan dispenser menggantikan peranan dari termos yang awalnya banyak digunakan masyarakat. Dispenser bisa mempertahankan panas air dengan bantuan listrik, sedangkan termos hanya bisa bertahan panasnya dalam waktu 1 hari. Dispenser menjadi alat elektronik yang banyak digunakan masyarakat untuk menyiapkan air minum yang dikonsumsi sehari-hari.

10. AC Menggantikan Kipas Angin

AC kini menggantikan peran kipas angin untuk mendinginkan sebuah ruangan dan AC juga bisa berguna untuk menyedot debu yang bertebaran di udara. Peranan AC yang lebih efektif, membuat banyak masyarakat yang memilih menggunakan AC dibanding kipas angin dan penjualan AC di Indonesia sangatlah pesat, kini banyak bertebaran perusahaan AC yang menyediakan berbagai jenis AC pendingin ruangan.

Sponsors Link

11. Kompor Gas Menggantikan Kompor Tradisional

Kompor gas adalah salah satu alat masak yang menggantikan peran kompor tradisional dan dengan menggunakan gas, kini masak menjadi lebih efektif dan efisien.

12. Lampu Menggantikan Obor

Jaman dulu penggunaan obor memiliki peranan yang sangat penting sebagai alat penerangan, namun kini peranan lampu menggantikan peran obor dan lampu banyak digunakan masyarakat untuk menerangi rumah serta berbagai tempat lainnya.

Demikian ulasan lengkap mengenai contoh perspektif evolusionis dan semoga artikelnya dapat memberikan referensi terbaik.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Monday 06th, May 2019 / 02:28 Oleh :
Kategori : Sosiologi