Sponsors Link

5 Contoh Perilaku Konsumerisme yang Harus Anda Ketahui

Sponsors Link

Seiring berkembangnya zaman maka berkembang pula berbagai macam aspek kehidupan. Tidak hanya teknologi yang mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat pesat namun manusia yang hidup pada era saat ini juga mengalami perubahan yang sangat pesat. Baik itu cara hidup, gaya hidup, dan masih banyak yang lagi yang berubah pada manusia.

ads

Pengertian Konsumerisme

Perubahan cara hidup dan gaya hidup manusia zaman sekarang ini bisa di katakan adalah hal yang wajar. Sebab hal ini bisa di bilang sebagai salah satu cara manusia untuk tetap hidup di zaman yang sudah semakin maju. Beberapa perbedaan konsumerisme dan hedonisme ini haruslah Anda ketahui karena sudah menyatu di dalam kehidupan Anda. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan cara hidup zaman sekarang namun jika gaya hidup tersebut sudah mencapai fase konsumerisme maka hal ini yang tidak bisa di biarkan.

Konsumerisme sendiri memiliki artian sebagai gaya hidup yang menjadikan barang-barang mewah sebagai acuan hidup yang bahagia. Inilah faktor penyebab perilaku konsumerisme baik itu dari dalam maupun luar. Biasanya orang yang memiliki perilaku konsumerisme ini gaya hidupnya sangat boros sekali. Sebab mereka hanya akan membeli sebuah barang yang di nyatakan memiliki kualitas tinggi sehingga harganya pun juga sangat fantastis. Dan ini bisa di picu karena adanya pengaruh dari lingkungan sekitar. Beberapa penyebab hedonisme yang harus di ketahui.

Contoh Perilaku Konsumerisme

Karena perilaku konsumerisme sudah menyebar hingga ke beberapa aspek kehidupan. Bahkan tidak hanya orang dewasa saja yang memiliki perilaku ini namun anak-anak dan juga remaja saat ini sudah banyak yang memiliki perilaku konsumerisme. Adapun contoh perilaku konsumerisme adalah sebagai berikut ini.

1. Contoh perilaku konsumerisme di sekolah

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa perilaku konsumerisme juga bisa terjadi pada anak-anak utamanya mereka yang sudah di beri uang jajan sendiri. Salah satu lingkungan yang biasanya menjadi ajang dari gaya konsumerisme ini adalah di sekolah. Dimana para anak-anak akan bertemu dengan teman sebayanya.

Salah satu contoh tindakan konsumerisme yang ada di sekolah adalah antara satu anak dengan anak yang lain saling pamer tentang mahalnya harga tas dan sepatu yang mereka kenakan. Sehingga bagi anak yang memiliki tas dan sepatu dengan harga yang lebih tinggi maka ia akan merasa sangat bangga. Perbedaan valuta asing dan ekonomi yang harus di ketahui oleh mahasiswa ekonomi.

2. Contoh perilaku konsumerisme di tempat kerja

Lingkungan yang paling sering terjadi sikap konsumerisme adalah di tempat kerja. Namun yang paling banyak terjadi adalah pada mereka yang bekerja di perusahaan atau kantoran. Karena bisa di bilang gaya hidup karyawan kantoran bisa lebih tinggi di bandingkan dengan karyawan yang lainnya. Contoh tindakan dari upaya manusia memenuhi kebutuhan hidup ternyata sangatlah beragam.

Contoh perilaku konsumerisme yang paling sering terjadi di area tempat kerja adalah saling berlomba tentang harga ponsel yang sedang di gunakan. Sehingga orang yang memiliki ponsel dengan harga termahal maka ia bisa di katakan adalah yang berkedudukan sosial paling tinggi di dalam perusahaan tersebut. Namun hal ini juga bisa terjadi pada barang lain seperti jam dan juga sepatu.

3. Contoh perilaku konsumerisme dalam kehidupan sehari-hari

Bagi para perilaku konsumerisme baik itu yang sudah lama maupun yang masih baru maka mereka akan membawa perilaku atau sikap ini hingga kehidupan sehari-hari mereka. Sebab kebanyakan orang yang sudah memiliki sikap konsumerisme maka mereka akan terus berusaha untuk menjadi lebih unggul di bandingkan dengan orang lain.

Salah satu contoh perilaku konsumerisme yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan paling mudah di temui adalah pada acara arisan yang sering di lakukan oleh ibu-ibu. Salah satu barang yang sering di jadikan sebagai barang perlombaan adalah banyaknya perhiasan yang di miliki oleh setiap ibu-ibu yang ada di dalam arisan tersebut. Contoh keunggulan dan keterbatasan antar ruang yang harus Anda pelajari.

Sponsors Link

4. Contoh perilaku konsumerisme di Agama

Nyatanya perilaku konsumerisme sudah menyebar hingga segala aspek kehidupan. Bukan hanya dalam kehidupan sehari-hari seperti pertemuan antar masyarakat ataupun di sekitar tempat kerja namun juga sudah terjadi pada kegiatan keagamaan yang sering di adakan di dalam masyarakat Indonesia. Beberapa keuntungan utama Indonesia menjadi anggota APEC yang sangat mengagumkan.

Contoh yang paling mudah dari konsumerisme dalam Agama adalah saat hari Idul Fitri datang tentu saja banyak orang yang membeli baju baru yang akan di gunakan untuk sholat berjamaah dan juga untuk bersilaturahmi. Semakin mahal harga sebuah baju maka akan semakin indah juga baju tersebut. Hal ini lah yang di sebut sebagai contoh perilaku konsumerisme dalam Agama.

5. Contoh perilaku konsumerisme dalam masyarakat

Contoh lain dari perilaku konsumerisme yang ada di masyarakat adalah membeli barang yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan sosial kehidupan dan agar di anggap orang yang kaya serta berkelas. Biasanya ini seperti mobil dan rumah serta barang lainnya.

Itu tadi beberapa contoh perilaku konsumerisme yang sering terjadi di masyarakat dan mungkin sudah di anggap umum.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Wednesday 26th, December 2018 / 04:42 Oleh :
Kategori : Ekonomi