Sponsors Link

3 Contoh Pengangguran Terbuka dan Terselubung yang Mudah Untuk Anda Pahami

Sponsors Link

Tampaknya salah satu permasalahan di Indonesia yang hingga kini masih menjamur dimana- mana yaitu pengangguran. Banyak sekali warga Negara Indonesia lulusan SMA, SMK, hingga sarjana tidak bisa memperoleh pekerjaan walaupun sudah mencoba melamar dimana- mana. Tentunya hal ini bukan hanya karena sedikitnya lapangan pekerjaan, dunia kerja memang sangatlah keras. Ada banyak sekali persyaratan harus dipenuhi sebelum melamar, walaupun begitu masih saja banyak orang menganggur. Tentunya pekerjaan sangat penting anda juga bisa melihat perbedaan mobilitas sosial antargenerasi dan intragenerasi, terlebih saat ini nilai rupiah sedang turun. Harga barang- barang kebutuhan seperti sabun cuci, baju, bahkan bahan makanan juga mulai mengalami kenaikan. Tidak ada cara lain untuk mendapatkan uang selain bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup saat ini.

ads

Penyebab- Penyebab Terjadinya Pengangguran

Bukan hanya sebagai masalah Negara dimana jumlah angka pengangguran dapat mendefinisikan kemajuan dan kemakmuran Negara itu saja, rupanya pengangguran juga memiliki dampak di berbagai aspek. Salah satu aspek paling terpengaruh karena pengangguran yaitu aspek ekonomi berbeda dengan contoh sosiologi gender, ketika angka pengangguran semakin tinggi begitu juga dengan produktivitas dan pendapatan masyarakat berkurang maka akan menimbulkan kemiskinan. Jika kemiskinan terjadi, maka inipun akan berimbas kepada aspek sosial hingga pendidikan pun tidak dapat berjalan dengan baik. Dalam ilmu sosial, pengangguran sendiri merupakan salah satu masalah ekonomi makro dimana ini sangat berpengaruh dan memiliki dampak langsung terhadap suatu negara. Sebenarnya hampir semua Negara pasti mengalami masalah pengangguran namun dengan jumlah berbeda- beda.

Semakin banyaknya jumlah pengangguran maka dampaknya akan semakin tidak baik bagi Negara tersebut, itulah mengapa pemerintah selalu mencari solusi untuk mengatasi pengangguran. Namun, usaha pemerintah pun tidak akan berjalan jika tidak didukung dengan usaha dari rakyatnya. Jika anda ingin mencari pekerjaan di bagian pemerintahan, ada banyak sekali lowongan yang bisa anda lamar. Kebanyakan, pemerintah akan memberikan kuota tertentu bagi orang- orang pencari pekerjaan mulai dari kantor kedinasan, kantor pemerintahan daerah, hingga adanya perekrutan seperti PNS. Dalam mempelajari materi kali ini, anda tidak hanya harus mengetahui pengertian penting dari pengangguran secara umum. Adapun jenis jenis pengangguran yang dibedakan menjadi 2 yaitu jenis pengangguran karena penyebabnya dan jenis pengangguran menurut lama waktu bekerja.

Namun sebelum itu anda juga bisa melihat contoh konstruksi sosial atas Realitas, anda juga perlu mengetahui mengenai penyebab- penyebab khusus dari tingginya angka pengangguran di Indonesia. Tentunya di setiap Negara memiliki permasalahan dan penyebab berbeda mengapa adanya angka pengangguran. Dan berikut ini merupakan penyebab dari tingginya angka pengangguran di Indonesia.

  • Pertumbuhan penduduk semakin cepat sehingga menciptakan banyak pengangguran. Hal ini pun karena adanya peningkatan dari jumlah angkatan kerja tidak diimbagi dengan perluasan lapangan kerja.
  • Pola investasi pada sector industri dimana pola ini cenderung padat modal, sehingga menyebabkan penurunan penyerapan tenaga kerja.
  • Tidak dapat terpenuhinya kualifikasi persyaratan yang diminta oleh dunia kerja.
  • Pajak penghasilan tinggi membuat orang cenderung mengurangi jam kerja.
  • Perkembangan teknologi yang tidak diimbangi oleh ketrampilan dan pendidikan pencari kerja.
  • Ketidakstabilan ekonomi yang menyebabkan krisis ekonomi pada 1997.
  • Adanya diskriminasi ras, gender, disabilitas, dan lulusan.
  • Adanya ketidakcocokan upah, karena tidak semua perusahaan mampu dan bersedia mempekerjakan seorang pelamar dengan tingkat upah sepadan dengan permintaan pelamar.
  • Tidak ada kemauan wirausaha.
  • Adanya kemalasan untuk bekerja, berusaha, dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Itulah penyebab- penyebab mengapa di Indonesia masih saja pengangguran menjamur dimana- mana. Adapun jenis- jenis dari pengangguran berbeda dengan contoh pendekatan sosiologi pasar, bisa dibilang pengangguran bukan hanya orang yang tidak memiliki atau orang yang sedang mencari kerja saja. Bagi anda yang mempelajari serta ingin tahu tentang seluk- beluk dari pengangguran maka anda harus mengetahui apa saja jenis- jenis pengangguran seperti berikut ini.

Sponsors Link

  1. Pengangguran Berdasarkan Penyebabnya
  • Pengangguran Struktural

Pengangguran ini terjadi karena adanya perubahan dalam strukur perekonomian.

  • Pengangguran Friksional

Pengangguran terjadi karena kesulitan temporer dalam mempertemukan pencari kerja dan lowongan kerja yang disebabkan oleh kondisi geografis, informasi tidak sempurna, dan proses perekrutan terlalu lama.

  • Pengangguran Musiman

Terjadi karena adanya pergantian waktu dimana pekerjaan banyak dilakukan hanya pada waktu tertentu.

  • Pengangguran Teknologi

Banyaknya alat canggih membuat orang malas bekerja sehingga banyak sekali pengangguran.

  • Pengangguran Konjungtur

Disebabkan oleh adanya siklus konjungtur atau perubahan kegiatan perekonomian.

  • Pengangguran Disebabkan oleh Isolasi Geografis

Pengangguran ini bisa menyebabkan urbanisasi.

  1. Pengangguran Berdasarkan Waktu
ads
  • Pengangguran Terselubung

Pengangguran terselubung merupakan salah satu jenis pengangguran berdasarkan waktu dimana pekerjanya tidak melakukan pekerjaan tidak secara optimal karena suatu alasan tertentu. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kurang terampil dalam bekerja berbeda dengan contoh kelas borjuis dan kelas proletar, pengalaman kerja yang kurang dan terpaksa dalam bekerja.

  • Pengangguran Terbuka

Adapun pengangguran terbuka atau bisa disebut dengan Open Unemployment dimana para pekerjanya memang tidak memiliki pekerjaan. Dalam hal ini ada berbagai macam penyebabnya yaitu tidak adanya lapangan pekerjaan, lapangan pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan, dan tidak ada usaha untuk mencari kerja.

Contoh Pengangguran Terbuka dan Terselubung

Pemerintah pun sudah berusaha dengan menyiapkan berbagai macam solusi untuk mengatasi pengangguran agar angka pengangguran tiap tahunnya semakin kecil. Salah satu solusi dari pemerintah untuk saat ini dan sedang berjalan yaitu meningkatkan progress pembangunan di Indonesia. Dengan banyaknya proyek pembangunan, ini juga membuka lapangan pekerjaan bagi para pengangguran khususnya bagi orang- orang yang sangat membutuhkan pekerjaan. Selain dapat membuka lapangan pekerjaan lebih luas anda juga bisa melihat contoh transformasi konflik dalam sosiologi, tampaknya ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk membuat Indonesia jadi semakin tertata. Tidak hanya pemerintah saja yang memberikan solusi untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia, tampaknya banyak sekali perusahaan- perusahaan di Indonesia yang membuka cabang dan menyediakan lapangan pekerjaan luas.

Bahkan perusahaan- perusahaan tersebut merekrut banyak sekali orang, walaupun begitu dengan ketentuan dan syarat berlaku. Namun tetap saja rupanya terlalu banyaknya populasi manusia di Indonesia, masih saja banyak juga orang menganggur. Memang pada dasarnya mencari pekerjaan tidaklah mudah apalagi saat ini paradigma orang sudah terblokir oleh pemikiran- pemikiran negatif. Banyak sekali perusahaan hanya menerima karyawan dengan kriteria lulusan tertentu, bahkan beberapa perusahaan ternama mengharuskan karyawannya adalah sarjana lulusan dari universitas ternama sehingga mereka tidak membuka lowongan secara umum. Walaupun begitu ketika anda sedang mencari pekerjaan anda bisa melihat Contoh Perubahan Struktural di Indonesia, anda tidak boleh menyerah dan tetap semangat karena masih banyak sekali lowongan pekerjaan apapun yang dengan senang hati akan menerima anda.

Sebelum kita mempelajari materi mengenai pengangguran terbuka dan terselubung, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu pengertian dari pengangguran. Secara umum, pengangguran atau biasa disebut dengan unemployment dalam bahasa inggris merupakan orang- orang yang tidak bekerja sama sekali. Selain itu pengangguran juga bisa disebut sebagai tunakarya, dimana orang- orang ini belum atau tidak memiliki pekerjaan. Selain itu pengangguran juga dapat diartikan sebagai individu maupun orang yang berusaha untuk mencari pekerjaan, orang maupun individu dengan hari kerja kurang dari dua hari selama seminggu, maupun orang yang sedang berusaha mencari pekerjaan layak. Perbandingan antara jumlah pencari kerja dengan jumlah lapangan kerja rupanya masih menjadi topik hangat sebagai penyebab utama banyaknya angka pengangguran di Indonesia.

Itulah jenis- jenis pengangguran di Indonesia, dari dua jenis pengangguran karena waktu sebenarnya ada satu lagi yaitu pengangguran setengah menganggur atau bisa disebut dengan under unemployment. Ini merupakan salah satu jenis pengangguran dimana para pekerja tidak bekerja secara penuh. Dapat juga diartikan jika pekerja tersebut bekerja kurang dari 35 jam selama satu minggunya. Kebanyakan orang dengan status setengah menganggur ini biasanya banyak sekali dilakukan oleh orang- orang dengan tingkat pendidikan rendah dan digaji rendah pula. Namun banyak juga orang berstatus setengah kerja di daerah pedesaan, mereka adalah petani maupun peternak yang bekerja hanya untuk merawat sawah, tanaman, dan ternak hingga masa panen tiba.

Sponsors Link

Rata- rata mereka tidak perlu bekerja seharian penuh maupun setiap hari karena mereka bisa mengerjakan sawah, ladang, maupun ternak decara berkelompok dengan pembagian waktu berbeda- beda setiap harinya. Selain itu, adapun contoh- contoh dari pengangguran terbuka dan terselubung. Dimana keduanya merupakan jenis pengangguran berdasarkan waktu. Bagi anda yang mempelajari materi bagian ini tentunya harus mengetahui apa saja contoh dari pengangguran terbuka dan terselubung dan berikut ini kami sampaikan contoh- contohnya.

  1. Contoh Pengangguran Terbuka
  • Lulusan Si tidak bisa memperoleh pekerjaan karena lapangan pekerjaan yang belum tersedia.
  1. Contoh Pengangguran Terselubung
  • Seorang lulusan S3 rela menerima posisis sebagai kasir karena tidak menemukan pekerjaan di bidangnya.
  • Seorang lulusan perawat tidak bekerja sebagai perawat malah bekerja sebagai pegawai bank sehingga akan kesulitan menjalankan pekerjaannya sebagai pegawai bank dan ini menghambat proses pekerjaannya.

Itulah berbagai hal mengenai pengangguran yang dapat kami sampaikan khususnya contoh pengangguran terbuka dan terselubung. Pastikan anda membaca informasi di atas dengan cermat untuk lebih memahami isinya dan semoga informasi mengenai contoh pengangguran terbuka dan terselubung di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda. Selamat membaca.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Friday 15th, February 2019 / 02:21 Oleh :
Kategori : Ekonomi