Sponsors Link

4 Contoh-Contoh Pemberdayaan Komunitas dalam Masyarakat

Sponsors Link

Tentu kita mengenal istilah pembedayaan masyarakat, suatu proses untuk membangun masyarakat untuk lebih berkembang dan berinisiatif dalam kehidupan sosial. Pemberdayaan ini jelas ingin memberikan titik akhir masyarakat yang memiliki kemampuan untuk mengatasi perkembangan global. Tentu begitu penting akan pemberdayaan masyarakat ini. Namun, dalam bahasan kali ini tidak akan mengupas permbedayaan masyarakat melainkan pemberdayaan komunitas. Bagaimana konsep dalam pemberdayaannya, unsur-unsur pembagunnya, dan contoh-contohnya akan dipertajam dalam tulisan berikut.

ads

Pengertian komunitas

Sebelum masuk pada pembahasan pemberdayaan komunitas kurang lengkap tanpa mengetahui sebenarnya apa komunitas itu? Tentu kita sering mendengar kata komunitas, namun belum begitu memahami secara detail akan pengertiannya. Ada yang mengatakan komunitas berbeda dengan masyarakat. Sebenarnya komunitas ini memiliki unsur-unsur komunitas sama dengan masyarakat.

Komunitas merupakan sekelompok orang yang hidup bersama pada lokasi yang sama pula. Terikat menjadi sebuah kelompok tertentu dan memiliki kepentingan atau tujuan yang sama. Dalam pengertian ini komunitas tidak berdiri sendiri artinya didukung oleh kepentingan dan aturan yang mengikatnya. Komunitas pula juga berdiri ditengah masyarakat, meskipun terdiri dari kelompok yang mungkin memiliki hobby sama, tujuan sama dan lainnya. Artinya tetap terikat oleh aturan masyarakat meskipun memiliki aturan tersendiri.

Pengertian Pemberdayaan Komunitas

Pemberdayaan komunitas merupakan upaya untuk memandirikan komunitas atau masyarakat agar tidak terjerat oleh kemiskinan. Sehingga, komunitas tersebut akan mampu berdiri sendiri tanpa sokongan dengan pihak lain. Sebab jika suatu kelompok tidak mampu berdiri secara mandiri akan mudah goyah oleh berbagai pengaruh. Terlebih mendapatkan iming-iming dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Bisa jadi akan dijadikan alat sebuah kepentingan tertentu.

Selain itu, pemberdayaan komunitas juga bertujuan untuk lebih menjadikan anggota lebih mampu bersaing dala kehidupan sosial yang keras. Mampu hidup dalam kesejahteraan, ketentraman, dan kehidupan yang lebih maju. Ketika membaur dalam masyarakat dan membawa perubahan yang singnifikan. Salah satu dari ciri-ciri komunitas sosial adalah menempatkan dirinya berada dalam masyarakat dengan berbagai perbedaan.

Dalam mewujudkan pemberdayaan komunitas yang lebih menujus dan berguna bagi anggotan kelompok tersebut. Tidak saja memiliki prinsip pemberdayaan komunitas tetapi juga strategi yang digunakan, sehingga melalui strategi ini tujuan yang ingin dicapai dapat terwujud dengan baik. Adapun strategi yang dapat diterapkan dalam pemberdayaan komunitas sebagai berikut;

  1. Kesejahteraan

Kesejahteraan merupakan elemen terpenting dalam kehidupan masyarakat. Sebab akan berhadapan dengan bentuk-bentuk konflik sosial. Melalui kesejahteraan ini akan berpengaruh dalam kehidupan sosial lainnya. Dalam upaya pemberdayaan komunitas ini dapat menggunakan pendekatan kesejahteraan. Artinya dengan berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat atau kelompok yang tengah mengalami musibah. Bantun ini tidak saja berupa materi, melainkan dalam bentuk lain. Misalnya, dengan pelatihan kerja.

  1. Pembangunan

Upaya dalam mewujudkan pemberdayaan komunitas dapat dilakukan dengan pendekatan pembangunan. Pendekatan ini lebih pada bagaimana membangun masyarakat agar lebih mandiri dan meningkatkan kesejahteraan sosialnya. Upaya yang dapat dilakukan dapat berupa keswasembadaan atau dalam bentuk lainnya. Selain itu, juga keterwujudan dari berbagai fasilitas penunjangnya. Kemungkinan berbagai macam-macam kelompok sosial akan lebih tertata secara kesejahteraannya.

  1. Pemberdayaan

Upaya ini lebih mengarah pada pelatihan kepada masyarakat untuk mampu bersaing dalam kondisi global yang terus berjelok. Selain itu, juga membekali dengan berbagai keterampilan sehingga mampu menjadikan kehidupannya lebih mandiri ke arah kesejahteraan.

Sponsors Link

Contoh Pemberdayaan Komunitas

Pembedayaan yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkat harkat dan martabat kelompok tertentu. Sehingga, kehidupan menjadi lebih tertata dan sejahtera dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pada intinya dalam kegiatan pembedayaan lebih aktif melibatkan masyarakat atau kelompok tersebut. Adapun contoh pemberdayaan komunitas sebagai berikut;

  1. Melalui Wisata

Pembedayaan pertama dapat dilakukan dengan wisata. Setiap daerah memiliki potensi wisata yang memiliki nilai jual yang tinggi. Wisata telah ada sejak lama namun kebanyakan masyarakat membiarkan karena kalah pamor dengan wisata yang sudah terkenal. Jika, masyarakat mau untuk memoles dan mempromosikan dapat menjadi objek wisata baru yang benyak pengunjungnnya. Masyarakat atau komunitas diberdayakan untuk memanfaatkan akan potensi tersebut. Dilibatkan langsung dalam kegiatan merencanakan, pembangunan, dan pengelolaan. Sehingga, masyarakat atau kelompok tertentu dapat merasakan dampaknya. Selain itu, juga memperoleh pengalaman bagiamana dalam memanfaatkan potensi yang ada. Kedepannya mampu memperdayakan secara mandiri.

  1. Pertanian
Sponsors Link

Indonesia sebagai negara agraris dapat dipastikan lahan pertanian juga memiliki jumlah yang banyak. Jelas ini merupakan potensi untuk membawa kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera. Adapun cara yang digunakan untuk pemberdayaan melalui pertanian dengan mengadakan penyuluhan, pemberian bibit, dan berbagai pelatihan-pelatihan. Masyarakat akan secara langsung mengalami dan melakukan dengan berbagai program tersebut. Selain itu, juga mendapatkan ilmu baru bagaimana membudidayakan tanaman yang ada sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

  1. Kerarifan Lokal

Cara pemberdayaan komunitas selanjutnya dengan kearifan lokal yang memiliki unsur-unsur budaya. Kearifan lokal ini mengandung berbagai nilai dan norma yang berguna untuk pembangunan manusia atau kelompok tertentu. Contoh, dalam pemberdayaan ini dapat dilakukan dengan mengadakan kegiatan bakti sosial, gotong royong, dan lainnya. Kegiatan semacam ini dapat membantu membantuk katakter peduli dan mencintai budaya luhur. Tujuan akhir jelas tidak saja untuk meningkatkan harkat dan martabat, tetapi juga menjadikan manusia yang berlandaskan nilai dan norma.

  1. Ekonomi

Masalah ekonomi merupakan masyarakat yang serius dan berdampak pada bentuk-bentuk ketimpangan social. Untuk itulah penting adanya pembedayaan dalam komunitas. Pemberdayaan ini dapat dilakukan dengan mengadakan berbagai pelatihan kerja dan memanfaatkan berbagai bahan yang ada di sekitar menjadi produk bernilai jual. Sehingga, komunitas dalam masyarakat tidak saja mandiri tetapi lebih sejaktera. Terlebih menghadapi persaingan global yang menuntutu seseorang untuk kreatif, inovatif, dan mampu memanfaatkan peluang yang ada.

Demikian beberapa ulasan dari adanya pemberdayaan dalam suatu masyarakat yang biasanya sudah ada dalam komunitas yang bisa anda ketahui.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Sunday 10th, June 2018 / 07:47 Oleh :
Kategori : Sosiologi