Sponsors Link

5 Contoh Pembangunan Sosial Budaya di Indonesia Terlengkap

Sponsors Link

Kata sosial diambil dari bahasa Latin, dari kata socius yang berarti kawan sedangkan logos memiliki arti ilmu pengetahuan. Dapat disimpulkan bahwa sosial merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kawan, atau hubungan antar manusia maupun kelompok manusia. Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, sosial terus berkembang dari satu waktu ke waktu lain. Ada berbagai cabang dalam ilmu sosial, seperti sosial politik, sosiologi keluarga, tujuan mempelajari sosiologi pertanian, dan lain-lain. Yang akan dibahas dalam uraian berikut yaitu mengenai sosial pembangunan, khususnya mengenai contoh sosiologi pembangunan

ads

Kata pembangunan memiliki arti yang sangat luas. Secara umum, pembangunan merupakan proses untuk membangun sesuatu yang lebih baik dan bermanfaat daripada sebelumnya. Kata pembangunan juga sangat terkait dengan kehidupan modern, dapat berarti modernisasi. Ilmu sosial pembangunan berkembang dengan sangat pesat di sekitar tahun 1960. Meskipun begitu, pemikiran mengenai sosial pembangunan banyak dipengaruhi oleh tokoh sosial klasik seperti tokoh sosiologi seperti Karl Marx, Weber, dan Durkheim. Pembangunan, terutama pembangunan negara tidak lepas dari pengaruh serta turut serta masyarakatnya. Contoh Pembangunan sosial budaya mempelajari cara untuk menggerakkan masyarakat sebagai tenaga pendorong pembangunan serta sebagai pihak yang terkena dampak dari pembangunan.

Contoh dari Pembangunan Sosial Budaya

Contoh pembangunan sosial budaya dapat terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Soerjono Soekanto, pembangunan dapat memanfaatkan pengetahuan sosial sehari-hari. Data sosial memang diperlukan untuk perencanaan, pencaharian, penerapan, dan penilaian evaluasi pembangunan. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, diharapkan pembangunan dapat lebih lancar dan lebih banyak manfaatnya.

Penerapan ini rupanya tidak semudah kedengarannya. Telah banyak bukti kegagalan pembangunan yang berusaha untuk dicari apa faktor penyebabnya. Analisis menggunakan ilmu sosial pembangunan ini menimbulkan adanya pandangan baru terhadap pembangunan. Menurut Webster, terdapat lima faktor mengenai pembangunan yang perlu diungkap, diantaranya:

1. Posisi negara miskin di dalam tatanan sosial dan ekonomi negara-negara di dunia

Negara miskin atau negara yang terbelakang merupakan negara yang memiliki sistem ekonomi yang kurang sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan negara dan kebutuhan rakyatnya secara mandiri. Negara-negara ini memerlukan hubungan dan bantuan dari negara lain. Biasanya negara ini memiliki ciri-ciri banyak rakyatya yang kesulitan memenuhi kebutuhan dasar, fasilitas umum yang tidak memadai, tingkat kesehatan dan pendidikan yang rendah, dan lain sebagainya.

Karena negara miskin tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, penting pagi negara tersebut untuk menjalin hubungan dengan negara lain yang sudah lebih maju. Hal ini dilakukan untuk mendukung pembangunan. Tanpa adanya usaha untuk melaksanakan pembangunan, kondisi negara miskin akan makin sulit untuk berkembang.

2. Ciri-ciri dari masyarakat yang terlibat dan merasakan dampak pembangunan

Partisipasi masyarakat dalam pembangunan merupakan hal yang penting. Hal ini karena pembangunan pada dasarnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum dan juga masyarakat lah yang akan secara langsung merasakan dampak dari pembangunan.  Partisipasi masyarakat dalam pembangunan dapat mengurangi beban dari pemerintah.

Hal ini dapat terlihat jelas dalam kehidupan perekonomian. Apabila perekonomian negara sedang terpuruk, maka orang yang berusaha untuk tetap produktif dan bangkit tidak akan menambah beban negara, justru akan membantu pembangunan. Masyarakat yang aktif juga turut memantau pembangunan yang dilakukan, serta selalu memberikan timbal balik yang bermanfaat.

3. Hubungan kebudayaan dan kehidupan perekonomian, yang merupakan faktor penentu pembangunan

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi pembangunan yaitu perekonomian. Hal ini terlihat jelas karena memang untuk membangun sesuatu yang baik dan bagus perlu modal dana yang cukup besar. Pertumbuhan ekonomi bahkan dijadikan faktor untuk melihat apakah pembangunan sudah berjalan dengan baik atau belum.

Kebudayaan juga merupakan faktor yang tidak kalah penting. Bangsa Indonesia sendiri memiliki kebudayaan yang sangat beragam. Hal ini dipengaruhi oleh demografi negara yang merupakan negara kepulauan. Keanekaragaman budaya ini penting untuk dipromosikan dan menjadi ciri khas bangsa. Kebudayaan juga mempengaruhi sikap masyarakat dalam menerima dan mendukung pembangunan

4. Sejarah pembangunan dan perubahan sistem sosial terkait

Perubahan sosial merupakan sesuatu yang selalu ada dalam tatanan ciri-ciri masyarakat modern. Beberapa perubahan tentu akan mengganggu tatanan yang telah ada sebelumnya. Hal ini terkadang dapat mengganggu keseimbangan sosial. Namun masyarakat yang lebih maju umumnya lebih terbuka terhadap perubahan.

Perubahan memang hal yang tidak bisa dihindari Sejarah pembangunan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi agar masalah-masalah yang pernah terjadi dapat dihindari. Dari sejarah, manusia akan banyak belajar. Dengan sejarah pula masyarakat dapat lebih mudah memilih pembangunan mana yang menuju ke arah yang lebih baik dan mana yang tidak.

5. Teori perubahan sosial pada negara berkembang

Masalah negara berkembang merupakan negara yang memiliki tingkat kesejahteraan yang masih cukup rendah. Negara berkembang belum tentu merupakan negara yang miskin. Terkadang di beberapa negara berkembang, masyarakatnya justru memiliki standar kehidupan yang cukup tinggi. Perubahan sosial pada negara berkembang banyak dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternalnya. Faktor internal berupa kebudayaan yang dimiliki, kebiasaan masyarakat, peraturan pemerintah, sumber daya, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor eksternal berasal dari hubungan negara tersebut dengan negara lain di dunia.

Demikian penjelasan mengenai contoh pembangunan sosial budaya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pandangan baru bagi para pembaca.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Wednesday 10th, October 2018 / 02:56 Oleh :
Kategori : Antropologi