Sponsors Link

7 Contoh Utama Objek Sosiologi Berdasarkan Bentuknya

Sponsors Link

Salah satu unsur utama dalam suatu keilmuan adalah adanya objek didalamnya, termasuk pula salam ilmu sosiologi dimana memiliki objek kajian didalamnya. Ilmu sosiologi biasanya digunakan dalam memahami segala hal yang bersangkutan dengan kehidupan atau keberlangsungan hidup masyarakat. Termasuk juga didalamnya berbagai macam perubahan-perubahan sosial yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat.

ads

Dalam objek kajiannya, sosiologi terfokus kepada adanya hubungan timbal balik yang terjadi antar-manusia didalam proses interaksi sosial yang berlangsung didalam kehidupan masyarakat itu sendiri. Hubungan timbal balik yang terjadi tersebut juga merupakan salah satu contoh tindakan sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, artinya ada ketergantungan antar manusia didalamnya dalam memenuhi segala kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Lalu apa saja contoh objek sosiologi tersebut? simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Sosiologi

Sebelum membahas mengenai contoh objek sosiologi, perlu dipahami terlebih dahulu apa yang sebenarnya dimaksud dengan sosiologi dan apa yang dimaksud dengan objek sosiologi. Istilah sosiologi sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu socius dan logos, dimana socius berarti kawan sedangkan logos berarti ilmu. Jadi, sosiologi merupakan suatu pengetahuan mengenai kawan atau pertemanan. Pengertian pertemanan tersebut sendiri kemudian berkembang dan diperluas menjadi sebuah sekelompok manusia yang hidup secara bersama-sama dalam satu lingkungan, yang kemudian juga dipahami atau disebut sebagai suatu masyarakat. Dari pengertian tersebut maka sosiologi dipahami sebagai suatu ilmu pengetahuan mengenai kehidupan masyarakat.

Secara ontologis, sosiologi juga diartikan sebagai suatu disiplin ilmu yang ingin mengetahui segala sesuatu tentang kehidupan masyarakat. secara epistemologis, dalam penelitiannya maka sosiologi akan menggunakan metode-metode tertentu untuk mengamati apa yang terjadi didalam kehidupan masyarakat. Sedangkan secara aksiologis, sosiologi dipahami atau dipercaya dapat memberikan penjelasan mengenai berbagai macam sifat masyarakat dan juga mengarahkan berbagai keputusan dalam masyarakat. Selain pengertian-pengertian tersebut, beberapa ahli juga memberikan pendapatnya mengenai pengertian sosiologi.

Berikut ini beberapa pengertian sosiologi menuru beberapa ahli atau tokoh sosiologi:

  • Pitirim A. Sorokin – sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai hubungan dan pengaruh timbal balik didalam berbagai macam gejala sosial yang terjadi didalam kehidupan masyarakat.
  • Roucekdan Warren – sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari berbagai macam hubungan antar-manusia didalam kelompok-kelompok tertentu.
  • William F. Oghburn dan Mayer F. Nimkoff – sosiologi merupakan suatu penelitian ilmiah yang meneliti berbagai macam interaksi sosial, dimana hasilnya berupa suatu organisasi sosial.
  • Max Weber – sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang berupaya untuk memahami berbagai macam tindakan-tindakan sosial yang terjadi selama berlangsungnya kehidupan masyarakat.
  • Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi – sosiologi diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang membahas mengenai kehidupan masyarakat dan mempelajari berbagai macam struktur sosial beserta proses sosial serta perubahan sosial didalamnya.

Itulah beberapa pengertian mengenai sosiologi, dimana dapat disimpulkan bahwa sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan mengenai berbagai macam proses kehidupan masyarakat. Termasuk didalamnya mengenai tindakan-tindakan masyarakat, perubahan sosial, serta hubungan dan proses interaksi yang terjadi. Didalam ilmu sosiologi sendiri terdapat objek sosiologi, apa yang disebut sebagai objek sosiologi? Simak penjelasan berikut

Pengertian Objek Sosiologi

Sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan mengenai masyarakat secara keseluruhan, artinya tidak dapat di reduksi dalam individu. Didalam setiap ilmu pengetahuan sendiri pasti terdapat objek kajian, termasuk juga dalam ilmu sosiologi. Objek sosiologi merupakan pusat pembahasan dalam ilmu sosiologi, dimana dapat dilihat dalam dua bentuk. Kedua bentuk tersebut adalah masyarakat sebagai suatu sistem sosial dan kebudayaan didalamnya sebagai suatu hasil dari adanya proses interaksi sosial antar manusia.

Sponsors Link

Tanpa adanya objek didalam suatu ilmu pengetahuan, maka tidak ada pembahasan yang terarah didalamnya. Oleh sebab itu, objek sosiologi juga penting untuk dipahami dan penting pula kehadiran. Lalu apa saja contoh objek sosiologi didalam kehidupan masyarakat secara keseluruhan? Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai contoh objek sosiologi berdasarkan pada bentuk-bentuk objek sosiologi itu sendiri.

Contoh Objek Sosiologi

Berdasarkan apa yang disebutkan sebelumnya, bahwa terdapat dua objek sosiologi di dalam ilmu sosiologi yang saling berkaitan dan berpengaruh satu sama lain, artinya kedua objek tersebut memiliki hubungan timbal balik didalamnya. Kedua objek sosiologi tersebut adalah:

  1. Masyarakat

Masyarakat merupakan contoh objek sosiologi yang pertama, dimana masyarakat merupakan suatu sekelompok manusia yang hidup secara bersama-sama didalam satu lingkungan dan dalam kurun waktu tertentu. Sekelompok manusia yang hidup bersama tersebut dengan sendirinya akan memiliki kesadaran mengenai keberadaan satu sama lain menjadi suatu satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Terlebih lagi, suatu masyarakat pasti akan memiliki kebudayaan yang sama yang menjadi dasar dalam melakukan segala aktivitas atau kegiatan kemasyarakatan bersama-sama. Kebudayaan-kebudayaan tersebut pula yang berpengaruh terhadap pola tingkah laku dan pola pemikiran setiap manusia sebagai bagian dari suatu masyarakat.

ads

Masyarakat sendiri merupakan suatu sistem sosial yang terdiri dari berbagai macam aspek-aspek kehidupan yang saling berkaitan satu sama lain. Unsur-unsur didalam masyarakat tersebut juga termasuk sebagai contoh objek sosiologi, seperti manusia beserta tindakannya, lembaga sosial, serta kelompok sosial yang saling berkaitan dan berpengaruh satu sama lain. Hubungan antara unsur-unsur masyarakat tersebut kemudian menghasilkan berbagai macam nilai dan norma sosial. Dimana peran nilai dan norma dalam proses sosialisasi sangat penting didalam berlangsungnya kehidupan bermasyarakat melalui adanya proses interaksi sosial dan hubungan sosial.

  1. Kebudayaan

Contoh objek sosiologi yang kedua adalah kebudayaan, yang mana kebudayaan dalam kehidupan masyarakat merupakan suatu hasil dari adanya interaksi manusia yang berlangsung didalamnya. Kebudayaan sendiri merupakan suatu hasil dari cipta, rasa, dan karsa yang dimiliki oleh setiap manusia yang hidup bersama-sama. Selain itu, kebudayaan juga mencangkup adanya pengetahuan, adat istiadat, moral, hukum, dan lain sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan setiap manusia dalam suatu lingkungan masyarakat juga akhirnya menghasilkan suatu kebudayaan. Oleh sebab itulah, kebudayaan menjadi salah satu contoh objek sosiologi.

Kebudayaan juga penting adanya di dalam berlangsungnya kehidupan masyarakat, dimana kebudayaan tersebut juga menjadi dasar bagi setiap anggota masyarakat dalam berperilaku dan bersikap. Kebudayaan juga menjadi salah satu faktor pembentuk nilai dan norma dalam masyarakat, yang mana keduanya menjadi dasar bagi berlangsungnya kehidupan masyarakat. Kebudayaan yang dimiliki oleh satu lingkungan masyarakat juga berkemungkinan berbeda dengan lingkungan masyarakat yang lainnya.

Selain kedua contoh objek sosiologi diatas, ada pula beberapa contoh objek sosiologi berdasarkan pada bentuknya. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Objek Sosiologi Material

Objek sosiologi material merupakan suatu objek sosiologi yang mengarah kepada benda fisik, sumber daya, atau pun tempat-tempat yang menentukan kultur nya. Beberapa contoh objek sosiologi material adalah rumah, sekolah, tempat ibadah, tetangga, produk, dan lain sebagainya. Aspek-aspek fisik tersebut juga dapat menentukan arah perilaku dan kultur atau kebudayaan seseorang dan juga masyarakat.

Objek sosiologi material juga berarti segala hal yang dapat digunakan atau bermanfaat secara fisik untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-sehari. Sebagai contoh adalah adanya internet yang dapat membantu peran pranata pendidikan dalam memberikan ilmu pengetahuan melalui kemajuan teknologi. Melalui adanya objek sosiologi material pula akhirnya setiap manusia akan berusaha untuk dapat mengetahui bagaimana suatu objek dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

  1. Objek Sosiologi Non-Material

Berbeda dengan objek sosiologi material yang mengarah pada hal-hal secara fisik yang terlihat, maka objek sosiologi non-material merupakan objek sosiologi yang mengacu kepada adanya suatu budaya maupun adat istiadat. Beberapa contoh objek sosiologi non-material adalah nilai-nilai sosial, norma, aturan, bahasa, moral, dan lain sebagainya. Objek sosiologi non-material juga dapat dikaitkan dengan beberapa contoh pranata agama.

Sebagai contoh seperti aturan-aturan yang dilahirkan oleh suatu agama yang disesuaikan dengan kepercayaan agama masing-masing. Aturan-aturan tersebut yang nantinya menjadi pedoman setiap manusia beragama dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, sehingga berpengaruh juga terhadap berlangsungnya hubungan dan interaksi antar manusia di di dalam kehidupan bermasyarakat yang penuh dengan keanekaragaman agama dan budaya.

Sponsors Link

  1. Objek Sosiologi Formal

Objek sosiologi formal merupakan bentuk objek sosiologi yang berpusat pada manusia sebagai seorang makhluk sosial dan sebagai bagian dari masyarakat. Salah satu contoh objek sosiologi formal adalah adanya hubungan antar-manusia yang didalamnya terdapat suatu hubungan timbal balik yang juga berperan penting didalam berlangsungnya kehidupan masyarakat. Hubungan yang berlangsung tersebut dapat antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok.

  1. Objek Sosiologi Budaya

Objek sosiologi budaya merupakan salah satu objek sosiologi yang sangat berpengaruh terhadap terjalin nya suatu hubungan antar masyarakat dan individu didalamnya. Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya bahwa kebudayaan merupakan salah satu contoh objek sosiologi yang kehadirannya sangat diperlukan dalam masyarakat, karena nantinya juga akan berpengaruh terhadap terbentuknya nilai dan norma dalam masyarakat yang dijadikan sebagai suatu pedoman.

  1. Objek Sosiologi Agama

Agama juga merupakan salah satu contoh objek sosiologi, oleh sebab itu disebut pula sebagai suatu objek sosiologi agama. Pengaruh dari objek sosiologi agama sendiri dapat memicu atau berpengaruh besar terhadap hubungan sosial di masyarakat, hal ini juga disebabkan karena adanya keberagaman agama didalam kehidupan masyarakat.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai contoh objek sosiologi yang hadir di dalam keberlangsungan hidup masyarakat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Sunday 20th, May 2018 / 04:06 Oleh :
Kategori : Sosiologi