Sponsors Link

9 Contoh Objek Formal dan Material Sosiologi

Sponsors Link

Objek formal adalah sebuah hubungan yang terjalin antar sesama masyarakat dan ada banyak proses sosial yang terjadi hubungan sosial yang terjadi. Seorang individu yang akan melakukan interaksi dengan masyarakat lain, harus bisa mempelajari sifat dan karakter masyarakat lain. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah hubungan sosial yang baik. Sedangkan objek material sangat berkaitan dengan berbagai gejala sosial yang timbul dalam proses interaksi sosial dan proses sosial yang terjadi, bisa mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di masyarakat. Objek formal dan material menjadi kesatuan penting yang harus dipelajari untuk menjalankan sebuah hubungan sosial yang baik.

ads

Contoh Objek Formal Sosiologi

1. Pendekatan Terhadap Wanita

Saat seorang lelaki mendekati seorang wanita idamannya, tentu harus melakukan berbagai pengamatan terhadap perilaku wanitanya dan cari tau karakter wanita idamannya. Hal ini akan memudahkan dalam mencari titik lemah wanita tersebut dan akan bisa mengetahui berbagai hal yang disukai sang wanita. Seorang wanita yang menyukai bunga, maka akan sangat cocok bila ditembak dengan menggunakan bunga dan hal ini menjadi contoh objek formal sosiologi. Hal ini akan mendukung proses terjadinya interaksi sosial yang terjadi dan memudahkan lelaki untuk mendapatkan wanita idamannya.

2. Bekerja Menjadi Pegawai Kelurahan

Untuk bisa bekerja di kelurahan dengan baik, sebaiknya lakukan proses adaptasi yang baik dan pelajarilah berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan di kelurahan. Hal ini akan memudahkan proses adaptasi dan akan menghasilkan proses interaksi sosial yang baik saat bekerja. Kondisi ini menjadi salah satu contoh objek formal sosiologi. Memiliki sebuah pekerjaan menjadi sebuah hal yang diidamkan banyak orang. Namun banyak masyarakat yang tidak bisa melakukan adaptasi dengan baik saat bekerja dan hal ini akan membuat proses kerja terganggu.

3. Mencalonkan Diri Menjadi Kepala Desa

Saat memiliki keinginan untuk menjadi kepala desa, sebaiknya pelajari dulu berbagai hal yang berkaitan dengan tugas dan wewenang kepala desa. Kondisi ini akan membuat kinerja desa menjadi lebih baik dan dengan mempelajari hal-hal mengenai desa, akan membuat proses pencalonan menjadi lebih baik. Kepala desa adalah seorang pemimpin yang menjadi kepala pada suatu wilayah desa dan pencalonan kepala desa seperti ini menjadi salah satu contoh objek formal sosiologi.

Contoh Objek Material Sosiologi

1. Tempat Ibadah

Tempat Ibadah adalah salah satu contoh objek material sosiologi dan salah satu tempat ibadah yang banyak tersebar di Indonesia adalah Masjid. Kaum muslim pasti melaksanakan ibadah di masjid dan peranan masjid sangatlah penting. Salah satu contoh tindakan sebagai makhluk sosial adalah dengan melakukan ibadah berjamaah dan kondisi ini banyak terjadi diseluruh masjid yang ada di Indonesia. Akan banyak sekali sosialisasi yang terjadi di sebuah tempat ibadah dan hal ini akan berdampak positif bagi masyarakat.

2. Sekolah

Sekolah adalah tempat untuk para pelajar menimba ilmu dan peranan sekolah sangatlah penting dalam membentuk karakter anak. Sekolah memiliki berbagai tingkatan dari mulai TK sampai dengan Universitas atau kuliah dan sekolah menjadi salah satu contoh objek material sosiologi. Sekolah menjadi faktor perubahan sosial yang merubah perilaku pelajar. Sekolah menjadi sebuah lingkungan yang sangat baik dan bisa menghasilkan berbagai macam proses sosialisasi.

3. Kantor

Kantor adalah salah satu tempat yang digunakan untuk bekerja dan banyak orang yang memiliki keinginan untuk dapat kerja kantoran. Kerja kantoran dianggap lebih nyaman, karena tak bertemu langsung dengan cahaya matahari dan kerja di kantor memiliki berbagai macam keuntungan. Banyak konflik sosial yang biasanya terjadi dilingkungan perkantoran dan bentuk-bentuk pengendalian konflik sosial bisa dilakukan dengan berbagai cara. Proses sosialisasi akan terjadi di lingkungan kantor dan proses ini bisa terjadi secara natural atau terstruktur.

Sponsors Link

4. Rumah

Rumah adalah salah satu tempat yang dihuni oleh manusia dan rumah menjadi tempat yang nyaman bagi seseorang. Norma sosial paling utama pasti diterapkan keluarga di rumah dan ciri-ciri norma sosial yang diberlakukan dirumah akan berdampak pada lingkungan luar. Rumah menjadi salah satu objek material sosiologi dan kondisi ini akan berlangsung secara natural. Rumah menjadi tempat berkumpul semua anggota keluarga dan menjadi tempat sosialisasi yang sangat baik.

5. Tetangga

Tetangga adalah salah satu contoh objek material sosiologi dan dengan adanya tetangga seseorang dalam melakukan sebuah interaksi sosial. Salah satu syarat terjadinya interaksi sosial adalah adanya hubungan sosial yang baik dan tetangga memiliki peranan penting dalam sebuah lingkungan masyarakat. Hidup bertetangga akan menghasilkan sebuah proses sosialisasi yang bervariasi dan akan membuat kehidupan masyarakat lebih menarik. Dengan tetangga seseorang bisa saling membantu dan saling bekerja sama dalam berbagai hal.

6. Pabrik

Pabrik adalah salah satu tempat yang digunakan untuk bekerja dan menjadi salah satu contoh objek material sosiologi. Karyawan pabrik biasanya melakukan berbagai hubungan sosial dengan pegawai lainnya dan hal ini menjadi salah satu proses sosialisasi yang terjadi di lingkungan pabrik. Pabrik biasanya memiliki berbagai macam aturan di dalamnya dan hal ini bertujuan untuk menertibkan karyawannya.

Sekian ulasan mengenai contoh objek formal dan material sosiologi. Semoga artikel ini menjadi referensi terbaik, bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 11th, June 2019 / 10:30 Oleh :
Kategori : Sosiologi