Sponsors Link

20 Contoh Modernisasi yang Terjadi di Indonesia

Sponsors Link

Istilah Modernisasi dapat diartikan sebagai sebuah perubahan atau tranformasi dari suatu keadaan yang belum maju atau belum berkembang, menjadi lebih baik keadaanya. Perubahan ini juga bertujuan untuk tercapainya kehidupan dalam masyarakat yang lebih sejahtera, makmur dan bermartabat. Di dalam perkembangan ilmu dan teknologi seperti sekarang ini, modernisasi memiliki peranan penting dalam berkembangnya ilmu pengetahuan saat ini dan diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

ads

Modernisasi juga dapat diartikan sebagai suatu cara yang sederhana contoh amalgamasi atau cara yang tradisional yang mengalami perubahan ke cara-cara yang lebih baru dan modern sesuai perkembangan zaman. Tidak dipungkiri, perubahan tersebut membawa kepada taraf hidup masyarakat yang lebih maju dan lebih baik secara terencana.

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Pengertian modernisasi lainya juga disampaikan para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan. Mereka memiliki pendapat yang hampir sama tentang modernisasi. Berikut beberapa pengertian modernisasi menurut para ahli:

  • Abdul Syam

Modernisasi menurut Abdul syam merupakan suatu proses berupa keuntungan Indonesia menjadi anggota apec transformasi dari suatu hal kea rah yang lebih maju lagi, atau terjadi peningkatan dalam berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat.

  • Astrid S. Susanto

Menurut Astrid, Modernisasi adalah proses pembangungan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan pada masyarakat, ke arah perubahan untuk kemajuan.

  • Alex Thio

Alex thio berpendapat bahwa modernisasi merupakan bentuk perubahan sosial yang berupa perubahan dari masyarakat pertanian ke masyarakat industri, seperti sekarang ini.

  • Ougburn dan Nimkoff

Menurut kedua ahli ini, sesuatu usaha yang mengarahkan masyarakatnya, agar bisa memproyeksikan diri ke masa depan secara nyata dan bukan hanya angan adalah modernisasi.

  • Wilbert E Moore

Modernisasi tentunya adalah sebuah transformasi secara total co eksistensi tradisional atau bisa juga dikatakan transformasi pra modern  dalam teknologi serta organisasi sosial ke pola ekonomi serta politik yang menjadikan suatu ciri bagi Negara yang stabil, seperti Negara barat.

  • JW School

Menurut JW School, Modernisasi ini juga sebuah transformasi unsur unsur pranata sosial atau perubahan yang dialami masyarakat dalam segala aspeknya. Adapun teorinya sendiri menggambarkan suatu proses transformasi tersebut dari tradisional ke modern atau bahkan menjadi mundur.

  • Harold Rosenberg

Menurut Harold, Modernisasi ini merupakan suatu tradisi baru yang mengacu kepada proses urbanisasi hingga sejauh mana dan bagaimana untuk mengikis sifat-sifat dari pedesaan ke masyarakat yang hidup berlangsung saat ini.

Masyarakat sering menyalah artikan modernisasi sebagai sesuatu yang negatif, sebab terkesan lebih mementingkan suatu hal yang sifatnya kebebasan dan keduniawiaan. Sebaiknya, kita pahami dulu istilah modern (dasar dari modernisasi) agar tidak disalah artikan. Modern itu adalah:

  • Modern merupakan sebuah kemajuan yang rasional di berbagai bidang. Modern adalah meningkatnya taraf hidup masyrakat secara menyeluruh dan tersebar secara merata
  • Modern itu berarti tingkat peradaban serta nilai kemanusiaan yang tinggi dalam pergaulan hidup

Sejarah Modernisasi di Indonesia

Modernisasi masuk ke Indonesia pertama kali, karena terjadinya tiga peristiwa penting pasca Perang Dunia II. Sejak saat itu, pembaruan kea rah modern terus terjadi di Negara kita dan perlahan mulai diterima oleh masyarakat kita. Apa saja tiga peristiwa penting tersebut, berikut penjelasanya :

  • Tahun 1950- 1960

Modernisasi mulai muncul pada fase pertama, dimana Negara Amerika serikat faktor pendorong kelahiran saat itu telah menjadi kekuatan yang dominan untuk dunia. Amerika berhasil memperluas gerakan komunis di dunia.

  • Tahun 1970 – 1980

Tidak hanya Amerika serikat, Uni Soviet (Rusia saat ini) juga ikut menularkan gerakan komunisme dan mampu memperluas pengaruhnya dalam bidang politik, hingga ke wilayah Eropa timur dan Asia.

  • Tahun 1990-an

Di fase ketiga ini, sekitar tahun 1990-an akhirnya banyak terlahir Negara-negara yang melepaskan diri dari penjajahan. Mereka ingin memiliki kemerdekaan sendiri khususnya perbedaan lembaga sosial dengan asosiasi Negara-negara di Asia, Afrika serta Amerika latin.

Tidak hanya itu, Modernisasi juga dilatarbelakangi oleh kedua teori yang terkenal saat itu, yaitu teori evolusi dan teori fungsionalisme.

  • Teori Evolusi

Teori yang menggambarkan tentang perkembangan masyarakat dalam dua hal, yaitu masyarakat mengalami perubahan sosial yang searah dan lurus, dari primitive menjadi maju. Kemudian, evolusi akan membaurkan pandangan subjektif masyarakat tentang nilai serta tujuan akhir dari adanya perubahan sosial tersebut.

  • Teori Fungsionalisme

Teori ini  memandang perubahan sosial itu seperti organ tubuh manusia, dimana struktur tubuh memiliki bagian yang terhubung satu sama lain. Masyarakat harus memiliki lembaga yang terhubung tersebut.

Sponsors Link

Syarat Modernisasi

Dalam proses perubahanya, suatu Negara yang dimasuki arus modernisasi harus memiliki beberapa syarat tertentu. Syarat ini nantinya akan menentukan, apakah masyarakatnya dapat menerima modernisasi tersebut atau tidak. Berikut syarat modernisasi:

  • Suatu Negara sudah memiliki sistem administrasi yang terpusat dan mewujudkan birokrasi yang baik
  • Cara berpikir masyarakat yang ilmiah terhadap sesuatu hal dan dibuktikan di lembaga tertentu
  • Sudah adanya sistem pengumpulan data yang teratur dan baik serta terpusat di suatu lembaga tertentu
  • Menciptakan iklim yang menyenangkan dalam masyarakat, terhadap masuknya modernisasi, salah satunya dengan penggunaan alat-alat komunikasi massa
  • Tingkatan organisasi yang tinggi yang disiplin di satu pihak, sementara pengurangan kemerdekaan untuk pihak lainya
  • Sentralisasi wewenang di dalam pelaksanaan perencanaan sosial

Masyarakat perlu memahami juga, bahwa dalam perkembanganya modernisasi itu tidak bisa dipisahkan dari westernisasi yang biasanya dianggap membawa banyak dampak buruk bagi kehidupan masyarakat kita, khususnya di Indonesia. Alasanya adalah setiap perubahan ke arah yang lebih maju ini memang banyak terjadi di Negara-negara barat.

Ciri-Ciri Modernisasi

Untuk lebih mudah dalam mengenali modernisasi, masyarakat juga contoh penelitian sosial perlu memahami karakter dari modernisasi itu sendiri. Karakter tersebut dijelaskan dalam ciri-ciri modernisasi berikut ini:

  • Aspek Sosio Demografis

Aspek ini juga disebut aspek mobilitas sosial, dimana setiap proses perubahan unsure-unsur sosial, ekonomis, serta psikologis dari masyarakat yang memang menunjukan peluang untuk bisa berubah kea rah yang lebih maju atau modern. Beberapa contohnya seperti melakukan urbanisasi, mekanisasi, serta meningkatnya pendapatan per kapita.

  • Aspek Struktur Organisasi

Aspek yang kedua ini meliputi unsure-unsur dan norma kemasyarakatan yang diwujudkan, jika antar manusianya mengadakan hubungan sesamanya dalam masyarakat. Selain itu, mereka juga dapat saling berkaitan dengan lembaga kemasyarakatan, pelapisan sosial, norma sosial, kekuasaan serta wewenang dan interaksi sosialnya harus saling berkaitan.

Contoh Modernisasi

Seperti kita ketahui, modernisasi ini terjadi secara menyeluruh dan fungsi bahasa daerah  merata di dalam masyarakat kita. Oleh sebab itu, modernisasi tentunya mempengaruhi berbagai aspek bidang dalam kehidupan masyarakat kita. Berikut ini contoh-contoh modernisasi di berbagai aspek bidang tersebut:

  • Aspek Budaya

Dalam aspek budaya, modernisasi masuk dan membuat budaya tradisional kita semakin terdesak keadaanya, bahkan budaya asli kita menjadi semakin pudar.

Contohnya adalah munculnya permainan Playstation hingga game online yang bahkan sudah bisa diakses dalam handphone masing-masing orang. Hal tersebut tentunya mengganti permainan tradisional yang begitu unik dan banyak dimainkan zaman dulu.

Contoh lainya adalah saat ini masyarakat lebih menyukai musik yang modern, dibandingkan music tradisional. Untuk sebuah konser music modern dari barat, orang-orang akan rela mengantri untuk hal tersebut. Sementara pementasan music tradisional malah jarang diminati kaum muda.

ads
  • Aspek Politik

Dalam aspek politik, aktifitas politik yang semakin kompleks saat ini, ternyata melahirkan banyak teori dan konsep baru. Salah satunya ditandai dengan banyaknya Negara yang terlepas dari penjajahan , banyak bertumbuhnya Negara demokrasi serta hak asasi manusia yang semakin diakui.

Contohnya adalah mulai bermunculanya partai-partai yang baru, sehingga masyarakat lebih tersalurkan aspirasinya. Dengan begitu, keinginan masyarakat untuk berpartisipasi ini semakin meningkat jumlahnya. Selain itu, masyarakat yang sering berdemo saat ini, untuk menentang hal yang menurut mereka benar marak terjadi saat ini. berbeda dengan zaman dulu, tidak ada yang berani menentang kekuasaan pemerintah yang ada.

  • Aspek Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi yang kompleks yang terjadi di Negara Indonesia, terjadi secara besar-besaran dan banyak diadakan produksi masal

Contohnya sejak awal tahun 1970 an, Indonesia sudah mengalami proses modernisasi di bidang pertanian, seperti penggantian pupuk kandang menjadi pupuk urea. Selain itu, pemakaian bibit jenis unggul, serta adanya penerapan teknik irigasi yang baru juga sudah banyak dilakukan. Hal-hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Masyarakat tidak perlu bergantung lagi pada industri barang dan jasa dari Negara lain.

Contoh lainya, tenaga manusia saat ini juga sudah tergantikan dengan mesin, sehingga produksi semakin cepat dan semakin meningkat, dengan begitu pendapatan juga akan meningkat.

  • Aspek Sosial

Modernisasi juga mempengaruhi bidang sosial, hal ini dapat terlihat persamaan antara imigrasi dan emigrasi dari bertumbuhnya kelompok-kelompok baru dengan suatu posisi tertentu untuk mencapai kepentingan bersama.

Contohnya dapat kita rasakan sendiri, dimana terjadi kesenjangan sosial antara orang kaya dengan orang miskin. Orang-orang yang memiliki harta berkecukupan bisa membeli apa saja yang diinginkan, sementara orang-orang miskin berbanding terbalik. Hal ini memberikan efek dalam suatu hubungan diantara keduanya serta pergaulan sehari-hari.

Contoh lainya, munculnya budaya konsumerisme yaitu sebagian orang dapat membeli barang-barang yang diinginkan sekalipun harganya cukup mahal. Hal ini bahkan dilakukan oleh orang-orang di kalangan menengah ke bawah, sehingga mereka menghalalkan segala cara untuk bisa mendapatkanya.

  • Aspek Pendidikan

Aspek pendidikan memiliki fungsi untuk menyiapkan generasi-generasi baru, dalam membentuk sikap dan mental pribadi generasi muda tersebut. Modernisasi dalam pendidikan juga dianggap menginternasionalkan proses pendidikan dan memberikan efek yang cukup baik.

Contohnya Indonesia banyak melakukan kerja sama bersama pihak luar negeri, dalam hal ini bersama perguruan tinggi di luar negeri. Dengan begitu, dapat terjadi pertukaran pelajar serta kesempatan pelajar dari Indonesia untuk menimba ilmu di luar negeri.

Contoh lainya adalah dengan mendatangkan dosen dan pelajar dari berbagai Negara ke Indonesia. Hal ini dilakukan agar pendidikan di Indonesia bisa sejajar dengan pendidikan di Negara –negara maju saat ini.

  • Aspek Teknologi

Aspek teknologi tentunya memiliki peranan yang sangat dekat dengan masuknya arus modernisasi ke Indonesia.

Contohnya benda-benda yang berkaitan dengan teknologi, seperti lapto, smartphone dan  tablet kini bisa digunakan sebagai pengganti komputer PC dan lebih praktis. Hal ini tentunya akan memudahkan orang untuk menyelesaikan pekerjaanya dimanapun.

Contoh lainya adalah keberadaan internet di Indonesia, yang menjadikan ikatan kuat antara seller (penjual) dengan beberapa konsumenya dalam bentuk transaksi online. Salah satu contoh nyata di Indonesia adalah munculnya Lazada dan Tokopedia. Dalam era e- commerce seperti ini juga, masyarakat dalam berperan serta untuk memberi testimony seputar produk dan jasa yang dijual online.

  • Aspek Transportasi

Modernisasi juga tentunya mempengaruhi aspek transformasi, dimana keadaan transformasi kita yang dulu cukup terbatas, sekarang ini telah berkembang menjadi lebih bervariasi.

Contohnya seperti munculnya tranportasi online yang memberikan kita kemudahan serta kenyamanan dalam mencari trasnformasi hanya dengan menggunakan smartphone.

Selain itu, keberadaan alternative kendaraan baru di kota-kota besar, seperti kereta listrik, monorel dan lainya juga merupakan bentuk modernisasi yang positif untuk perkembangan transportasi kita.

  • Aspek Komunikasi

Komunikasi dalam hal ini sebenarnya bisa masuk dalam kategori aspek teknologi, namun komunikasi juga merupakan aspek yang penting yang mengalami arus modernisasi.

Contohnya jika dulu komunikasi kita hanya bisa dilakukan lewat berkirim surat, atau berkirim pesan singkat (SMS ) di handphone, sekarang ini kita bisa mengirim pesan dimana saja kapan saja, melalui kemunculan aplikasi pesan instant khusus atau lewat sosial media.

Sponsors Link

  • Aspek Perilaku Individu

Dalam aspek ini berkaitan dengan perilaku dari individu tertentu yang setelah modernisasi masuk, perilaku tersebut menjadi semakin berani dan terkadang kurang terkendali.

Contohnya jika zaman dulu sepasang kekasih cukup sulit untuk bisa menghabiskan waktu bersama. Mereka akan berkirim surat untuk saling mengungkapkan perasaaanya. Setelah adanya modernisasi kegiatan berkencan seperti zaman dulu rasanya sudah kuno. Kini setiap pasangan kekasih dapat menikmati waktu berdua dengan lebih bervariasi, baik kegiatan indoor maupun outdoor, sehingga hubungan yang dijalani bisa lebih berkualitas. Jarak juga bukan lagi hal yang menyulitkan, karena lewat sosial media dan aplikasi video call, pasangan berjarak masih bisa berkomunikasi.

Contoh-contoh modernisasi lainya yang juga sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti :

  • Penggunaan aplikasi online yang sengaja dibuat untuk bisa memanggil transportasi umum yang lebih nyaman dan aman
  • Pembaruan teknologi dalam sistem pembelian serta pemesanan tiket pesawat, hotel juga melalui aplikasi khusus
  • Sektor pertanian yang kini bisa menggunakan traktor, tidak lagi menggunakan hewan untuk membajak sawah
  • Menulis tidak hanya di papan tulis, guru atau dosen bisa menggunakan infocus khusus untuk memberikan pelajaran
  • Berpergian ke luar negeri hingga pergi ke haji, kini tidak hanya menggunakan kapal laut, tetapi bisa menggunakan pesawat, bahkan bandara telah dibangun di beberapa kota kecil untuk terhubung ke kota besar

Dampak Positif dan Negatif Modernisasi

Masuknya modernisasi ke Indonesia dan beberapa Negara lainya, ternyata tidak hanya membawa dampak yang positif bagi kemajuan suatu Negara tertentu. Modernisasi juga dapat memberikan dampak negatif pada kehidupan masyarakat, jika kita sebagai masyarakat tidak benar-benar memilah proses modernisasi dengan baik, khususnya kepada para generasi muda.

Berikut ini dampak positif dari masuknya arus modernisasi :

  • Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mengalami perkembangan. Masyarakat semakin mudah dalam menjalankan aktifitas sehari-harinya, mereka juga lebih berpikiran maju saat ini
  • Terjadinya perubahan tata nilai dan sikap masyarakat. Hal ini terbukti dari munculnya pemikiran orang-orang lokal yang merubah irasional menjadi rasional. Kita perlu berhati-hati
  • Memiliki tingkat kehidupan yang lebih baik, dari ilmu pengetahuan maupun dari penggunaan teknologi, agar meningkatkan fungsi kehidupan serta penghidupan masyarakat itu sendiri
  • Menguatkan integrasi kepada masyarakatnya, dengan membentuk sikap yang terbuka terhadap suatu hal yang modern dan dapat membuat komunikasi antar masyarakat menjad lebih lancar.komunikasi yang lancar tersebut dapat membuat integrasi semakin kuat.
  • Menigkatnya kesadaran politik serta demokrasi di Negara kita, dengan dibukanya informasi yang seluas-luasnya, baik secara elektronik maupun melalui media cetak. Masyarakat kini semakin pintar dalam hal politik maupun demokrasi

Adapun dampak negatif dari munculnya modernisasi ini adalah :

  • Menimbulkan kriminalitas yang cukup tinggi, sebab adanya keinginan setiap orang yang ingin selalu unggul dibandingkan orang lainya. Mereka dapat menghalalkan segala cara, sehingga berujung pada tindak kriminal
  • Terjadi pencemaran lingkungan alam, akibat keberadaan pabrik-pabrik industri, yang mencemari lingkungan tersebut
  • Terjadinya kesenjangan sosial , dimana kelompok tertentu adalah orang-orang kaya yang berkecukupan, sementara di sisi lainya, masih ada orang-orang yang membutuhkan bantuan serta do’a untuk bisa menjalani kehidupan. Modernisasi menyebabkan rusaknya tatanan sosial bagi generasi saat ini
  • Terjadi kesenjangan ekonomi, yang dapat dilihat dari adanya jurang pemisah antara orang miskin dan orang kaya. Orang kaya akan lebih suka pamer, sementara orang miskin banyak yang menjadi orang gila, dibandingkan harus pamer seperti mereka
  • Menjalani gaya hidup kebarat-baratan, sehingga ada banyak peraturan sekolah diabaikan hanya karena pola fikir seperti ini

 Sama halnya seperti suatu ilmu pengetahuan serta teknologi yang merupakan hasil dari perkembangan modernisasi, akan kita rasakan manfaatnya dengan maksimal. Perubaha masyarakat menjadi sangat terlihat, dari fase kesulitan kini jauh lebih mudah dalam melakukan berbagai aktifitas. Tidak hanya itu, masyarakat juga mengalami perubahan pola pikir yang jauh lebih modern dan lebih maju.

Modernisasi yang memberikan manfaat untuk masyarakat tersebut, ternyata juga menimbulkan dampak negatif yang dapat merusak karakteristik suatu bangsa. Oleh sebab itu, sebaiknya secara psikologi kita kembalikan kepada pribadi masing-masing. Usahakan agar sebagai generasi muda, kita tidak cepat terbawa arus negatif dari modernisasi. Dengan memfilter setiap dampak negative modernisasi, serta memahami karakteristik bangsa kita sendiri, maka gaya hidup kebarat-baratan tersebut tentunya dapat diminimalisir.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 29th, May 2018 / 04:37 Oleh :
Kategori : Sosiologi