Sponsors Link

Contoh Metode Komparatif Dalam Negara Indonesia

Sponsors Link

Selamat datang kembali di materiips.com. Ini merupakan salah satu sarana untuk Anda dapat semakin mempertajam ilmu pengetahuan utamanya terkait dengan materi pengetahuan sosial. Terdapat beragam materi yang disuguhkan untuk semakin mempercedas Anda. Sebelumnya kita membahas proses interaksi sosial, sedangkan untuk kali ini membahas metode komparatif dan contohnya.

ads

Penelitian Komparatif merupakan salah satu jenis penelitian deskripsi yang berusaha untuk mencari jawaban akan sebab akibat. Dengan cara mengalisis fakor-faktor yang menjadi penyebabnya. Dalam penelitian ini yang paling mendasar adalah membandingkan, membandingkan antara persamaan dan perbedaan. Penelitian ini juga membandingkan dua kelompok atau dua variabel yang berbeda. Untuk objek yang digunakan berkaitan dengan contoh objek sosiologi.

Penelitian komparatif memiliki dua sifat utama yaitu “expost facto”. Expost  facto merupakan penelitian empiris tidak dapat mengandalkan variabel bebas, karena variabel ini tidak dapat dimanipulasi oleh peneliti itu sendiri. Melalui sifat ini peneliti tidak melakukan pembandingan melainkan mencari satu atau lebih sebab akibat yang ditimbulkan dengan cara mengujinya. Sifat dari penelitian ini sering disebut dengan penelitian kausal komparatif. Penelitian kausal komparatif sendiri merupakan sebuah penelitian yang menentukan penyebab perbedaan tingkah laku suatu kelompok tertentu.

Prosedur Penelitian Komparatif

Setiap penelitian memiliki prosedur sendiri yang harus diterapkan oleh peneliti itu sendiri, selayaknya dengan peran pemerintah daerah dalam mengelola keragaman sosial budaya. Sebab melalui prosedur inilah yang akan membedakan dengan jenis penelitian yang lainnya. Adapun prosedur penelitian komparatif yan dapat dilakukan untuk peneliti adalah sebagai berikut;

  1. Penentuan Masalah Penelitian

Penentuan masalah tidak sembarangan harus melalui tahapan pengalaman langsung, sehingga diketahui kebenaran yang hakiki. Penentuan masalah ini selaras dengan prinsip pemberdayaan komunitas yang akan membuat komunitas menjadi terpadu.

  1. Penentuan Kelompok yang akan diteliti

Penelitian komparatif yang menekankan pada perbandingan, dalam menentukan kelompok harus teliti dan seksama. Sehingga, sesuai dengan masalah yang dibahasa sebelumnya.

  1. Menentukan Kelompok Pembanding

Peneliti harus menentukan kelompok pembanding itu sendiri. Dalam menentukan kompok ini harus dideskripsikan secara jelas dan difisisikan secara operasinal.

  1. Pengumpulan Data

Sukses ataukah tidak salah satu indikatornya adalah bagaimana dalam mengumpulkan data. Begitu juga dalam penelitian komparatif pengumpulan harus melalui instrumen penelitian yang dikaji secara matang sebelumnya.

  1. Analisis Data

Bagi peneliti tidak saja menemukan data dan dipaparkan, tetapi lebih dalam mengaitkan dengan masalah yang ada karena telah menjadi permasalahan umum di indonesia. Dalam analisis data ini teknik yang digunakan berupa; teknik statistik jika bentuknya nominal dan ordinal dan teknik tes satu sampel jika berbentuk ratio.

Contoh metode komparatif

Sponsors Link

Metode komparatif telah kita ketahui dengan menekankan pada perbandingan dua kelompok atau varibel dalam penelitian. Untuk itulah dalam judul beraroma perbadingan sebagai berikut;

  • Komparatif Indonesia dengan Timur Leste

Contoh merode komparatif terjadi pada Indonesia dengan Timor Leste. Kita ketahui Indonesia dan Timor Leste memiliki kesamaan soal produksi pangan, yaitu kopi dan lada. Meskipun demikian kedua negara ini memiliki perbedaan yang terbilang cukup mencolok.

Dilihat dari produksi kopi, Indonesia sebagai salah satu surga kopi di dunia mampu memproduksi secara lebih efisien dan dengan harga yahg murah. Namun, untuk soal lada tidak mampu melakukan selaras dengan kopi tersebut. Berbeda dengan Timor Leste, mampu memproduksi lada dengan efisien dan murah, namun memiliki kelemahan tidak mampu memproduksi kopi seperti lada. Dengan hal ini dapat disimpulkan bahwa terjadi komparatif atau perbandingan. Perbandingan ini terlatak pada produksi kopi dan lada. Indonesia lebih unggul soal produksi sedangkan Timor Leste lebih unnggul soal produksi lada.

  • Komparatif Sastra lama dengan sartra modern
ads

Pada perkembangannya sastra dikelompokkan atas beberapa periode. Periode ini bertujuan untuk membedakan angkatan sastra pada tahu tertentu. Misalnya, angkatan tahun 80-an berbeda dengan tahun 90-an. Selain itu, juga karya-karya sastra juga memiliki ciri khas tertentu pada setiap angkatan. Berikut perbandingan karya satra lama dengan karya sastra modern.

Karya sastra Lama:

  1. Puisi berbentuk terikat dan kaku
  2. Istana sentris (tema yang diangkat berkaitan dengan kerajaan-kerajaan)
  3. Pengarannya tidak tidak diketahui karena berntuknya yang masih berupa sastra lisan

Karya Sastra Modern;

  1. Puisi berbentuk bebas
  2. Masyarakat Sentris (tema yang dibahas berkaitan dengan masalah masyarakat yang sekitar)
  3. Pengaranya diketahui dengan jelas

Setiap metode penelitian tentu memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri, selaras dengan bentuk-bentuk ketimpangan social yang memiliki dampak negatif dan positif. Semua metode tidak dapat berjalan sempurna.

Kelebihan penelitian komparatif;

  1. Mampu menghasilakan informasi yang bermanfaat untuk pembaca.
  2. Dapat membandingkan kedua variabel secara bebas.
  3. Penelitian yang lebih banyak dipertahankan karena lebih mudah dalam pengontrolan, baik teknik, metode, dan desain penelitian.

Kelemahan penelitian komparatif

  1. Tidak ada kontrol yang jelas dari variabel bebas yang dipilih oleh peneliti
  2. Kesulitan dalam menentukan faktor penyebab yang relevan dari penelitian komparatif ini.
  3. Tidak ada faktor tunggal untuk dijadikan indikator dari hasil penelitian. Hal ini dikarenakan sifat utamanya yang membandingkan dua subyek penelitian.

Pada hakikatnya perbendingan karya sastra lama dengan modern tidak menimbulkan permasalahan atau contoh konflik. Justru mendapatkan kepastian bahwanya sastra itu ditentukan oleh keadaan masyarakat pada zamannya. Salah satunya dapat diketahui melalui tema yang diangkat. Sastra lama berkaitan dengan istana sentris, sedangkan sastra modern mengangkat tema masyarakat sentris. Dengan hal ini, dapat dikatakan bahwa komparatif antara sastra lama dan modern memberikan semacam pengait yang kohern.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Tuesday 29th, May 2018 / 03:11 Oleh :
Kategori : Sosiologi