Sponsors Link

Ini Dia 5 Contoh Manifest Social Dan Latent Social Terlengkap

Sponsors Link

Manifest social adalah sebuah permasalahan yang timbul akibat adanya sebuah ketimpangan yang terjadi antara nilai dan norma di masyarakat dan permasalahan yang terjadi masih bisa diatasi dengan baik, karena upaya yang dilakukan sangatlah serius. Sedangkan latent social adalah sebuah permasalahan yang muncul akibat adanya ketimpangan antara nilai dan norma di masyarakat, namun pada latent social masyarakat sudah tidak bisa memperbaiki permasalahannya dan permasalahan sulit diselesaikan masyarakat. Kedua permasalahan diatas tentunya sangat meresahkan bila dibiarkan dan harus ada penangganan yang baik, agar kejahatan dapat dihentikan. Banyak contoh manifest social dan latent social yang seringkali terjadi di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa contoh manifest social dan latent social :

ads

1. Pelanggaran Lalu Lintas

Melanggar lalu lintas adalah salah satu manifest social yang seringkali terjadi di Indonesia dan ada beberapa alasan yang menyebabkan polisi melakukan penindakan seperti menerobos rambu lalu lintas, surat-suratan kendaraan yang tidak lengkap, tidak memiliki surat izin mengemudi, tidak menggunakan helm, kendaraan yang tidak sesuai aturan dan membawa kendaraan dengan ngebut. Pelanggaran lalu lintas masih bisa diperbaiki oleh masyarakat dan ada beberapa upaya untuk menyelesaikannya.

2. Kemacetan

Kemacetan adalah salah satu masalah yang sering terjadi di Jakarta dan kemacetan menjadi salah satu contoh masalah sosial yang sudah lama terjadi. Ada beberapa faktor penyebab masalah sosial kemacetan seperti tingkat perilaku manusia yang seenaknya dalam memarkirkan kendaraan dan hal ini membuat jalanan menjadi macet. Namun permasalahan seperti ini masih bisa diatasi dengan masyarakat secara langsung dan masih banyak masyarakat yang peduli tentang masalah ini.

3. Korupsi

Korupsi adalah sebuah praktek kotor yang seringkali dilakukan oleh para pejabat pemerintahan untuk mengambil keuntungan sendiri dan kejahatan ini seringkali disebut dengan white collar crime, salah satu penyebab white collar crime bisa terjadi adalah kurang ketatnya pengawasan yang dilakukan. Kegiatan korupsi menjadi salah satu upaya manusia memenuhi kebutuhan, namun upaya yang menyimpang dari aturan dan perilaku ini sudah sulit ditindak oleh masyarakat secara langsung, korupsi jadi contoh latent social yang seringkali terjadi di Indonesia.

4. Buang Sampah Sembarangan

Buang sampah sembarangan adalah salah satu penyimpangan yang seringkali dilakukan masyarakat dan salah satu penyebab perilaku penyimpangan adalah kurangnya rasa tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. Ada banyak dampak jangka panjang yang sangat berbahaya seperti terjadinya banjir, karena dengan banyaknya sampah yang menumpuk akan membuat alur air di sungai menjadi tak lancar. Permasalahan ini awalnya bisa diatasi oleh masyarakat secara langsung, namun kini permasalahan ini semakin meluas dan sulit ditanggani oleh masyarakat.

5. Suap

Kasus suap memang terjadi di berbagai tingkatan, namun kasus ini sangat sulit untuk dideteksi dan salah satu kasus suap paling populer saat ini ada di bidang sepakbola. Kini pemerintah melalui pihak kepolisian sedang melakukan pemberantasan terhadap kasus suap atau kasus mafia di sepakbola Indonesia. Permasalahan suap sangatlah komplek dan sangat sulit diperbaiki oleh masyarakat secara langsung.

Demikian ulasan lengkap mengenai contoh manifest social dan latent social dan somoga artikel ini dapat menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Tuesday 19th, March 2019 / 11:02 Oleh :
Kategori : Pendidikan