Sponsors Link

Inilah 5 Contoh Kriminologi Di Lingkungan Masyarakat

Sponsors Link

Kriminologi adalah kajian ilmu yang mempelajari mengenai kejahatan dan kriminologi memiliki peranan penting dalam upaya pencegahan tindak kejahatan. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki tindak kejahatan tertinggi dan ada banyak faktor penyebabnya seperti adanya kesenjangan ekonomi, ketimpangan sosial, kecemburuan sosial dan berbagai faktor penyebab lainnya. Perlu ada sebuah upaya pencegahan yang baik, agar tindak kejahatan bisa dikurangi atau dituntaskan dan ada banyak upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah, namun semua upayanya memiliki jalan yang terjal. Berikut ini adalah contoh kriminologi:

ads

1. Pelecehan Sosial

Pelecehan sosial adalah salah satu contoh kejahatan yang banyak terjadi di Indonesia dan pelecehan sosial biasanya terjadi akibat adanya proses interaksi sosial. Pelecehan sosial yang seringkali terjadi adalah dilakukan laki-laki terhadap perempuan dan hal ini akan membuat kondisi mental perempuan menjadi drop. Pelecehan sosial bisa dilakukan oleh seorang individu atau kelompok dan pelecehan sosial dilakukan dengan berbagai tujuan seperti menyalurkan hasrat seksual serta mencintai seseorang secara berlebihan.

2. Begal

Kini pelaku begal memang sangatlah banyak dan kejahatan begal terjadi dengan banyak sekali motif. Melakukan pembegalan menjadi suatu bentuk penyimpangan sosial yang membahayakan keselamatan dan ada banyak sekali cara pembegalan yang dilakukan para penjahat. Begal memang identik dengan pencurian sepeda motor dengan adanya penodongan senjata tajam dan pembegalan umumnya terjadi pada saat malam hari. Kini pembegalan banyak dilakukan pada siang hari dan penyebab utamanya adalah faktor ekonomi.

3. Pembunuhan

Pembunuhan menjadi salah satu contoh perilaku penyimpangan sosial yang sangat dibenci oleh agama dan semua agama di Indonesia sangat mengecam perbuatan pembunuhan. Pembunuhan dilakukan dengan berbagai alasan dan pembunuhan bida dilakukan dimana saja. Motif pembunuhan di Indonesia terjadi dengan berbagai variasi dan semua pembunuhan dilakukan dengan cara yang berbeda. Pembunuhan menjadi perilaku yang tidak boleh dilakukan masyarakat dan setiap tindak pembunuhan akan mendapatkan tindakan hukum yang jelas.

4. Copet

Copet adalah salah satu tindakan merampas barang milik orang lain dengan cara yang licik dan proses perampasan dilakukan dengan trik-trik khusus. Copet menjadi suatu kejahatan yang bisa dilakukan oleh perorangan atau kelompok dan pencopetan bisa dilakukan dimana saja seperti di supermarket, pasar, bus, angkot dan berbagai tempat lainnya. Copet menjadi salah satu tindak kejahatan kriminologi dan upaya pencegahan pencopetan terus dilakukan pemerintah, agar terciptanya keamanan di berbagai tempat. Ada banyak penyebab perilaku penyimpangan yang dilakukan oleh seorang pencopet.

5. Curanmor

Curanmor atau pencurian kendaraan bermotor menjadi sebuah hal yang banyak terjadi di Indonesia dan ada banyak dampak negatif penyimpangan sosial dari tindakan curanmor. Kendaraan bermotor menjadi alat transportasi yang memiliki nilai jual yang lumayan tinggi dan pencurian kendaraan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Upaya pencurian kendaraan menjadi sebuah hal yang merugikan dan bisa membuat korban mengalami kehilangan barang kesayangan. Kejahatan curanmor terus dicegah pemerintah, karena bisa menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat.

Demikian ulasan lengkap mengenai contoh kriminologi dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacannya.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Thursday 20th, June 2019 / 07:30 Oleh :
Kategori : Sosiologi