Sponsors Link

6 Contoh Kontravensi Penjelasan Terlengkap dan Mudah Untuk Anda Pelajari

Sponsors Link

Ada banyak hal yang bisa anda pelajari dalam ilmu sosiologi terkait dengan keadaan sosial di sekitar anda, mulai dari permasalah sosial hingga gejala- gejala sosial di masyarakat. Salah satu gejala maupun permasalahan sosial yang bisa anda pelajari yaitu kontravensi. Sebelum anda mempelajari lebih lanjut mengenai hal- hal berkaitan dengan kontravensi berbeda dengan cara mencegah kenakalan remaja, ada baiknya anda mengerti dan memahami apa arti kata kontravensi.

ads

Kontravensi bisa tertuju pada suatu pandangan, pikiran, keyakinan, maupun agenda oleh seseorang. Sedangkan menurut ahli yaitu Leopold von Wiese dan Howard Becker dan anda bisa melihat cara mengatasi rasisme, kontravensi dapat diartikan sebagai salah satu sikap sosial dilandasi oleh ketidakpercayaan dalam seorang individu maupun kelompok sosial dalam masyarakat. Sikap kontravensi ini dapat menjadi sebuah acuan untuk melakukan hal- hal negatif seperti pemberontakan dengan tidak mempedulikan kepentingan- kepentingan kedamaian.

Bentuk- Bentuk Kontravensi

Selain mengemukakan arti dari kontravensi tampaknya Leopold von Wiese dan Howard Becker juga telah mengemukakan bentuk- bentuk dari kontravensi. Ada banyak sekali bentuk- bentuk kontravensi yang perlu anda ketahui sesudah mengetahui arti dari kontravensi itu sendiri. Leopold von Wiese dan Howard Becker sebenarnya merupakan salah satu tokoh sosial pada masa itu, mereka mengemukakan hal- hal tentang kontravensi melalui hasil pengamatan tentang gejala- gejala apa saja yang timbul di masyarakat.

Menurut Leopold von Wiese dan Howard Becker berbeda dengan tokoh-tokoh fasisme, ada 5 bentuk dari kontravensi di masyarakat dan ke 5 bentuk dari kontravensi ini tentunya harus anda pelajari jika anda ingin mengetahui seluk beluk dari kontravensi itu sendiri. Bentuk- bentuk dari kontravensi ini tentunya tidak diciptakan begitu saja tetapi didasari oleh kehidupan sosial antar masyarakat. Dan berikut ini merupakan bentuk- bentuk dari kontravensi beserta sedikit penjelasannya.

  • Kontravensi Umum

Bentuk dari kontravensi yang pertama yaitu kontravensi umum, ini merupakan salah satu bentuk dari kontravensi dimana dilakukan oleh individu secara umum dalam kehidupan bermasyarakat. Berbeda dengan bentuk kontravensi lainnya, kontravensi umum lebih memberikan titik fokus terhadap dampak yang akan ditimbulkannya dan terhadap intensitas kejadiannya.

  • Kontravensi Sederhana

Bentuk dari kontravensi yang kedua yaitu kontravensi sederhana dimana ini sangat berbeda dengan bentuk kontravensi sebelumnya. Kontravensi sederhana dilakukan oleh seorang individu dalam ruang lingkup masyarakat kecil ataupun sebuah kelompok organisasi. Dengan perlakuannya tersebut, maka kontravensi sederhana tidak akan berdampak luas dan inilah mengapa disebut sebagai kontravensi sederhana.

  • Kontravensi Intensif

Adapun bentuk dari kontravensi yang ketiga yaitu kontravensi intensif dimana ini merupakan salah satu proses kontravensi yang dilakukan secara terus menerus. Dalam pelaksanaannya berbeda dengan perbedaan media sosial dan jejaring sosial, kontravensi intensif dapat memberikan dampak psikologis dalam kehidupan masyarakat. Hal ini tentunya karena kontravensi dilakukan secara terus menerus terhadap masyarakat sehingga akan selalu diingat dan dikenang, jika ini berdampak negatif maka dapat menimbulkan trauma ringan hingga parah.

  • Kontravensi Rahasia
Sponsors Link

Seperti namanya, bentuk dari kontravensi keempat ini bisa dibilang rahasia dan banyak sekali orang tidak mengetahuinya karena hanya orang ataupun masyarakat tertentu saja tahu dengan adanya proses kontroversi tersebut. Secara pengertian, kontravensi rahasia merupakan sebuah kontravensi yang dilakukan secara rahasia maupun sembunyi- sembunyi dalam kehidupan masyarakat. Sehingga ketika terjadinya kontravensi, banyak sekali masyarakat tidak tahu, jika ada masyarakat yang tahu maka tidak jarang pelaku kontravensi ini akan melakukan apa saja untuk menutup mulut masyarakat tersebut.

  • Kontravensi Taktis

Bentuk kontravensi terakhir yaitu kontravensi taksis berbeda dengan macam-macam kontravensi, dalam pengertiannya kontravensi ini memiliki pola aturan dalam pelaksanaanya dan tidak sembarangan orang bisa melakukan kontravensi ini. Dengan adanya pola dan aturan yang berlaku, maka bentuk kontravensi ini sangat sulit untuk dihilangkan walaupun jarang dilakukan banyak orang. Itulah bentuk- bentuk dari kontravensi yang bisa kami sampaikan, ke 5 bentuk dari kontravensi di atas tentunya akan selalu ada dalam kehidupan masyarakat hingga kin. Sulit sekali menghilangkan kontravensi di lingkup masyarakat saat ini apalagi jika banyak masyarakat tidak peduli dengan lingkungan sosial yang baik dan sehat. Apalagi di zaman modern seperti ini tingkat keegoisan masyarakat sangat tinggi diimbangi dengan penurunan simpati dan empati.

Bahkan bisa juga dibilang bahwa kebanyakan masyarakat saat ini mengalami krisis sosial, tidak hanya itu saja bahkan penurunan moral pun tampaknya juga terjadi di masyarakat. Banyak sekali masyarakat saat ini melakukan hal- hal yang membuat mereka menjadi pemicu terjadinya kontravensi di lingkup masyarakat. Dimana orang disekitarnya akan ragu bahkan tidak percaya sama sekali terhadapnya. Selain itu sifat- sifat manusia seperti iri terhadap sesama dan serakah juga dapat memicu terjadinya kontravensi di antara sesama masyarakat. Dan adanya kontravensi rupanya menyebabkan berbagai hal. Kebanyakan memang akan berdampak negatif tidak hanya bagi pelaku kontravensi saja tetapi juga kepada masyarakat disekitarnya. Tentunya kontravensi ini juga dapat menjadi sebuah awal dari kerusakan kehidupan sosial di kalangan masyarakat saat ini.

ads

Dampak Positif Kontravensi

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, anda bisa menemukan kata kontravensi atau contravention dengan arti sebuah mekanisme dimana terjadinya kompetisi maupun perseteruan dengan tanda adanya gejala ketidak pastian. Gejala ketidak pastian yang dimaksud merupakan gejala terhadap individu berupa adanya perasaan tak menyenangkan terhadap suatu hal maupun orang disekitarnya dan ini disembunyikan pada diri individu tersebut.

Bisa disimpulkan bahwa menurut kamus besar bahasa Indonesia, kontroversi sendiri memiliki makna sebagai proses sosial diantara sebuah kompetisi dalam wujud perselisihan antar masyarakat. Untuk mengetahui adanya kontravensi di lingkup sosial, ditandai dengan timbulnya gejala- gejala ketidakpastian seperti perubahan rencana secara mendadak, perasaan iri dan tidak senang pada orang lain, kebencian ataupun keragu- raguan terhadap orang lain.

Selain memiliki dampak negatif berbeda dengan contoh kelompok kemasyarakatan, rupanya adanya kontravensi tidak selamanya dipandang buruk. Ada pula beberapa dampak positif, dan dampak positif ini timbul kebanyakan setelah terjadinya kontravensi yang ada di lingkup masyarakat. Sebagai pengetahuan tentunya tidak hanya pengertian maupun bentuk- bentuk dari kontravensi saja yang perlu anda tahu. Begitupun dampak positif dan negatif dari kontravensi seperti berikut ini beserta sedikit penjelasan singkatnya.

  • Kontravensi di masyarakat dapat mendorong terjadinya keteraturan sosial dalam masyarakat.
  • Dapat dijadikan sebagai salah satu proses untuk melihat perbedaan pendapat dan melihat kelemahan- kelemahan pendapat dalam sebuah forum.
  • Dapat memicu rasa solidaritas tinggi dalam kontravensi kelompok.
  • Pendorong perubahan sosial dimana ini dapat mengubah kebijakan- kebijakan yang kurang baik menjadi lebih baik dan dikembangkan.

Dampak Negatif Kontravensi

Itulah beberapa dampak positif dari adanya kontravensi di masyarakat, selain itu adapun beberapa dampak negatif yang timbul seperti berikut ini.

  • Adanya rasa tidak percaya dan was- was dalam masyarakat, ini juga dapat memicu adanya tindakan saling mencurigai di antara masyarakat.
  • Kontravensi di masyarakat seringkali memicu terjadinya konflik sosial dimana ini dapat menyebabkan pertikaian diantara masyarakat.
  • Dengan adanya kontravensi, mobilisasi di masyarakat dapat terhambat.

Contoh Kontravensi

Masih banyak sekali dampak negatif dari adanya kontravensi di masyarakat dan sebenarnya sangat sedikit dampak positif yang ada dari timbulnya gejala kontravensi ini. selain mempelajari mulai dari pengertian penting kontravensi, bentuk- bentuk kontravensi, hingga dampak- dampaknya tentu ini belum cukup. Anda sebaiknya juga mengetahui apa saja contoh kontravensi yang saat ini telah terjadi. Dan berikut ini merupakan contoh- contoh kontravensi yang bisa anda pelajari.

  1. Adanya peristiwa unjuk rasa oleh para buruh pabrik untuk meluruskan kebijakan pemerintah yang berbeda dengan perbedaan pranata dan lembaga sosial, dimana kebijakan tersebut tidak sesuai harapan buruh pabrik.
    Sponsors Link

  2. Adanya perbedaan pendapat diantara siswa dalam rangka membuat mereka semakin kritis dalam menyikapi permasalahan maupun kasus dalam bentuk soal ataupun test.
  3. Terjadinya perbedaan dalam menentukan penetapan hari raya idul fitri oleh para ulama sehingga memicu perbedaan perayaan hari raya antar umat beragama.
  4. Adanya pertikaian antara anggota partai politik dimana disebabkan oleh perbedaan pandangan tiap individu dalam partai untuk mencapai tujuan.
  5. Adanya fitnah diantara tetangga dimana ini merupakan salah satu contoh dari kontravensi intensif.
  6. Seorang individu yang sengaja untuk melakukan hal- hal menyimpang dalam lingkup kelompok masyarakat..

Itulah contoh- contoh sederhana dari kontravensi yang dapat kami sampaikan, sebagai salah satu gejala sosial di masyarakat anda perlu tahu penyebab atau hal yang sering menjadi sebagai latar belakang dari kontravensi di masyarakat. Hal tersebut yaitu perbedaan pendapat dan pendirian masyarakat terhadap satu sama lain. Kontravensi bisa menyebabkan timbulnya hal- hal negatif maupun positif tergantung dari motivasi pelaku kontravensi. Jika pelaku kontravensi merupakan individu maupun kelompok memiliki sifat baik maka akan menghasilkan dampak yang baik pula.

Dan selanjutnya jika kontravensi dilakukan oleh individu maupun kelompok dengan motivasi negatif maka akan menyebabkan dampak- dampak negatif seperti di atas. Untuk mencegah anda melakukan maupun mendapatkan dampak negatif dari kontravensi, ada baiknya anda mempelajari hal- hal mengenai kontravensi seperti di atas. Dan perlu anda ingat juga bahwa tidak semua gejala kontravensi akan menimbulkan dampak negatif. Ada pun dampak positifnya walaupun tidak terlalu banyak dan akan sangat jarang sekali untuk ditemui. Semoga informasi mengenai seluk beluk dari kontravensi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Pastikan anda membaca hal- hal mengenai kontravensi di atas dengan lebih cermat untuk mendapatkan seluruh informasinya.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Monday 25th, February 2019 / 01:00 Oleh :
Kategori : Pendidikan