Sponsors Link

17 Contoh Konsolidasi Sosial Dalam Pelajar, Profesi, Ras dan Hobi

Sponsors Link

Manusia sebagai mahluk sosial tidak akan pernah luput dari perbedaan sosialisasi dan enkulturasi. Karena selama manusia itu hidup maka dia akan terus bersosialisasi agar bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Proses ini akan membentuk manusia sesuai dengan apa yang dipelajarinya selama proses itu berlangsung. Salah satu contoh sosialisasi di lingkungan masyarakat adalah jika selama hidupnya orang tersebut hanya mempelajari hal-hal negatif dari orang-orang dan lingkungan disekitarnya, maka tak pelak orang tersebutpun akan berpikiran negatif, begitupun sebaliknya, jika orang tersebut mendapat kasih sayang dan mempelajari hal-hal positif dari lingkungannya maka orang itu akan tumbuh menjadi manusia yang berpikiran positif.

ads

Sedangkan proses enkulturasi lebih ke adaptasi manusia dengan budaya, adat dan norma-norma yang berlaku dilingkungannya, contoh enkulturasi yang sangat jelas bisa dilihat pada suku Baduy. Walau berada diluar lingkungannya, mereka tetap menjunjung tinggi budayanya.

Contoh Konsolidasi Sosial

Dari kedua proses diatas, untuk memperkuat hubungan dan mempersatukan beberapa orang yang memiliki kesamaan atau tujuan yang sama maka dibuatlah konsolidasi sosial yang bertujuan menyatukan beragam individu sehingga menjadi lebih solid dan kuat.

Contoh konsolidasi sosial pelajar:

  • Komunitas Historia Indonesia (KHI), didirikan oleh sekumpulan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang peduli pada sejarah Indonesia dengan tujuan menumbuhkan kesadaran sejarah dan budaya Indonesia pada anak muda.
  • Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), didirikan oleh mahasiswa di Yogyakarta, berangkat dari keprihatinan tidak adanya wadah bagi mahasiswa Islam untuk berorganisasi, karena saat itu yang ada hanya organisasi yang berhaluan kiri.
  • Front Mahasiswa Nasional (FMN), didirikan atas bentuk keprihatinan para mahasiswa yang dibelenggu oleh rezim orde baru dengan berbagai teror di kampus.
  • Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) adalah organisasi pelajar Indonesia di luar negeri, bertujuan untuk membantu para pelajar yang akan atau sedang menuntut ilmu di negeri orang.

Contoh konsolidasi sosial profesi:

  • Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) adalah organisasi profesi advokat atau pengacara di Indonesia.
  • Persatuan Guru Republik Indonesia adalah wadah organisasi bagi para guru di seluruh Indonesia.
  • Ikatan Dokter Indonesia (IDI) adalah organisasi para dokter di seluruh Indonesia.
  • Persatuan Insinyur Indonesia adalah organisasi para enginer yang bertujuan untuk mempererat kerjasama diantara para insinyur.

Contoh konsolidasi sosial ras:

  • Ikatan Keluarga Minang (IKM) adalah organisasi bagi orang-orang Minang yang sedang merantau baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
  • Persatuan Orang Melayu (POM) adalah organisasi bagi orang-orang Melayu di Kalimantan.
  • Paguyuban Wong Ngapa merupakan wadah bagi orang-orang Jawa Tengah yang berbicara ngapa.

Contoh konsolisasi sosial hobi:

  • Geonusantara adalah kumpulan orang-orang yang mempunyai hobi fotografi khusus bertema alam Indonesia.
  • Natural Cooking Club (NCC) adalah kumpulan orang-orang yang hobi masak, didirikan pada tahun 2005 dengan kegiatan pokok kursus berbagai macam masakan.
  • Komunitas Pensil Kertas adalah kumpulan orang-orang yang mempunyai hobi menggambar di Bandung.
  • Forum Aktif Menulis (FAM) adalah komunitas bagi para penulis dengan tujuan menumbuhan rasa cinta pada membaca dan menulis pada kaum pelajar.

Itulah ke 17 contoh konsolidasi sosial, lingkungan yang baik akan menghasilkan contoh peran sosial yang baik pula. Sehingga contoh persaingan budaya yang bersifat negatif akan berkurang dan akhirnya menghasilkan dampak positif keberagaman budaya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 27th, July 2018 / 07:52 Oleh :
Kategori : Sosiologi