Sponsors Link

7 Contoh Konflik Rasial di Dunia Dari Penyebabnya

Sponsors Link

Artikel kali ini membahas salah satu hal yang berkaitan dengan ras. Namun, sebelum membahas lebih dalam, ada baiknya perlu mengetahui perbedaan ras dan etnis yang terkadang terkesan sama. Etnis menyangkut aspek sosiologis yang melekat pada individu seperti budaya, keturunan, kewarganegaraan, dan sebagainya. Contoh etnis adalah etnis Sunda, etnis Madura, dan etnis lainnya. Adapun ras menyangkut aspek biologis yang melekat pada individu seperti kulit, warna mata, rambut, dan sebagainya. Contoh ras adalah ras kulit hitam (Negroid), ras kulit putih (Kaukasoid), ras Mongoloid, dan ras lainnya (baca juga: macam-macam ras di Indonesia).

ads

Oleh karena itu, pembahasan artikel ini fokus pada konflik yang terjadi antara ras satu dengan ras lainnya memiliki perbedaan secara fisik. Secara lebih jelas, konflik rasial merupakan salah satu bentuk-bentuk konflik sosial yang terjadi antara sekelompok individu yang secara fisik berbeda (kelompok ras) dengan ras lainnya dalam hal kepentingan, perlakuan, dan pandangan terhadap suatu isu. Pemahaman ini kemudian akan mengantarkan Anda untuk memahami contoh-contoh konflik horizontal rasial yang pernah terjadi di dunia berikut ini :

  • Konflik Apartheid di Afrika Selatan

Konflik rasial satu ini cukup menjadi konflik ras yang fenomenal di dunia. Konflik ini dipicu adanya penerapan politik Apartheid di Afrika Selatan, tepatnya di daerah yang dihuni penduduk asli ras kulit hitam. Politik Apartheid menerapkan kebijakan larangan ras kulit hitam untuk ikut serta dalam pemerintahan. Politik tersebut membuat ras kulit hitam merasa didiskrimasi oleh bangsa kulit putih (bangsa Eropa) yang menjajahnya saat itu, padahal ras kulit hitam merupakan penduduk pribumi yang seharusnya memiliki wewenang lebih di daerah asal mereka

Kegeraman ras kulit hitam terhadap keleluasaan ras kulit putih mengatur kehidupan mereka membuat mereka melakukan contoh gerakan sosial. Lahirlah tokoh besar Nelson Mandela sebagai presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan melalui gerakan revolusi yang mereka upayakan. Nelson Mandela kemudian membebaskan kehidupan ras kulit hitam dengan penghapusan politik Apartheid tanpa mengeyampingkan ras kulit putih yang tetap hidup berdampingan bersama ras kulit hitam.

  • Konflik antar Pemuda Ras Kulit Putih Sydney dan Pemuda Ras Timur Tengah

Konflik ini berlangsung pada tahun 2005 di pantai-pantai Sydney, Australia. Konflik ini dilatarbelakangi adanya dugaan bahwa pemuda-pemuda asal Timur Tengah telah melakukan serangan terhadap dua petugas keselamatan pantai. Dugaan tersebut membuat pemuda ras kulit putih melakukan rapat umum yang keputusannya menyatakan ketidaksukaan pada para pendatang dari Timur Tengah (baca juga: perbedaan antara kontravensi dan pertentangan).

Pemuda ras kulit putih dalam keadaan mabuk melambai-lambaikan bendera Australia kemudian menyerang orang-orang yang terlihat seperti orang Timur Tengah hingga bentrok dengan polisi. Konflik ini lalu berkembang seiring dilakukannya pembalasan oleh pemuda ras Timur Tengah dengan menghancurkan jendela lebih dari 100 mobil.

  • Konflik Rasial di Amerika

Amerika telah menjadi wilayah yang tidak terhindarkan dari konflik rasial antara ras kulit hitam dan kulit putih. Tercatat beberapa konflik rasial yang terjadi di antaranya :

  • Konflik antara polisi dan ras kulit hitam

Konflik ini terjadi pada tahun 1992 sebagai bentuk protes terhadap pemukulan yang dilakukan polisi terhadap pengendara motor berkulit hitam, Rodney King;

  • Konflik rasial di Ferguson
Sponsors Link

Konflik ini muncul akibat kasus penembakan Michael Brown, remaja kulit hitam oleh Darren Wilson, seorang polisi berkulit putih di Ferguson, Amerika Serikat. Penembakan dengan alasan Brown akan membahayakan Wilson ini, dianggap sebagai penghinaan terhadap ras kulit hitam dan membangkitkan sentimen rasial di Ferguson;

  • Konflik rasial di Baltimore, Amerika Serikat

Contoh konflik rasial lainnya terjadi pada tahun 2015 di Baltimore akibat kekecewaan ras kulit hitam terhadap meninggalnya seorang warga kulit hitam yaitu Freddie Grey di tahanan polisi. Kekecewaan ini kemudian berbuah kerusuhan berupa baku tembak dan pembakaran di berbagai area kota Baltimore.

  • Konflik Ras di Bradford, Inggris

Konflik ini terjadi antara warga Asia, warga kulit putih, dan polisi anti huru-hara pada tahun 2001. Konflik ini muncul akibat larangan polisi terhadap kampanye antirasisme yang diusung warga Pakistan.

Nah itu tadi beberapa contoh konflik rasial yang pernah terjadi di dunia berikut penyebabnya. Semoga mampu menambah pengetahuan mengenai konflik antar ras dan memahami penyebab konflik sebagai suatu hal yang perlu disikapi segera saat muncul di tengah-tengah masyarakat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 10th, July 2018 / 04:07 Oleh :
Kategori : Pendidikan