Sponsors Link

13 Contoh Komunikasi Sosial Dalam Kehidupan Sehari-Hari – Terlengkap

Sponsors Link

Komunikasi adalah proses bertukarnya informasi antara dua pihak atau lebih, baik secara verbal maupun non verbal. Komunikasi memiliki ciri-ciri era globalisasi informasi tertentu. Pada jaman sekarang, komunikasi juga dapat melalui berbagai alat komunikasi yang tersedia. Hal ini karena memang komunikasi sangat dibutuhkan dan tidak bisa lepas dari kegiatan manusia sehari-hari. Komunikasi memang melibatkan dua atau lebih pihak, sehingga tidak lepas dari hubungan antar manusia.

ads

Contoh Komunikasi Sosial

Komunikasi sosial merupakan bagian dari ilmu komunikasi yang meneliti bagaimana proses pertukaran informasi terjadi serta apa saja dampaknya terhadap kehidupan masyarakat. Uraian berikut akan membahas mengenai contoh komunikasi sosial dalam kehidupan manusia sehari-hari. Berikut adalah contoh komunikasi sosial berdasarkan jenis-jenis komunikasi:

1. Komunikasi langsung dan tidak langsung

Contoh dari komunikasi langsung yaitu dua orang atau lebih yang bertemu secara langsung kemudian berbicara dan bertukar informasi mengenai suatu topik. Contoh komunikasi tidak langsung yaitu komunikasi yang menggunakan perantara berupa telefon genggam. Saat dua orang berbicara dan bertukar informasi melalui telefon genggam maka dua orang tersebut sedang melakukan komunikasi secara tidak langsung.

2. Komunikasi satu arah dan komunikasi timbal balik

Contoh komunikasi satu arah yaitu saat seorang kepala sekolah sedang memberikan sambutan pada acara perpisahan siswa. Kepala sekolah akan berbicara sementara semua peserta seperti siswa dan guru akan mendengarkan pidato dari kepala sekolah. Contoh dari komunikasi timbal balik yaitu musyawarah antar siswa untuk mempersiapkan perlombaan antar kelas. Dalam musyawarah ini, setiap pihak yang terlibat dalam komunikasi dapat memiliki kesempatan untuk berbicara dan mendengar yang sama.

3. Komunikasi bebas dan komunikasi fungsional

Contoh dari komunikasi bebas yaitu pembicaraan antara dua orang yang terjadi secara natural dan mengalir bebas. Contoh dari komunikasi fungsional yaitu saat seorang guru menyampaikan materi di depan kelas. Saat guru berbicara, topiknya sudah ditentukan yaitu mengenai materi pelajaran sesuai dengan kurikulum, dan tentunya dengan aturan tata bahasa dan kesopanan yang umum.

4. Komunikasi individual dan komunikasi massal

Contoh dari komunikasi individual yaitu percakapan antara dua belah pihak yang sudah saling mengenal, sehingga topik yang dibicarakan juga bersifat langsung dan personal. Contoh dari komunikasi massal yaitu seorang penyanyi yang berkomunikasi dengan penonton konsernya dari atas panggung.

Contoh Komunikasi Sosial Berdasarkan Tujuan dan Fungsinya

Berikut adalah penjelasan contoh komunikasi sosial berdasarkan tujuan komunikasi sosial dan fungsi komunikasi sosial:

1. Memahami perasaan orang lain

Contoh komunikasi sosial dengan tujuan memahami perasaan orang lain yaitu saat seorang temannya sedang ada masalah keluarga dan kesulitan untuk mengerjakan tugas kelompok, maka anggota kelompok lainnya akan memahami perasaannya setelah berbicara. Dengan itu, maka para anggota kelompok tersebut bisa membantu anggota yang sedang kesulitan tersebut.

2. Membuat pesan yang disampaikan menjadi dimengerti oleh penerima pesan

Sponsors Link

Contoh komunikasi sosial dengan tujuan membuat pesan dapat dimengerti yaitu proses belajar dan mengajar di sekolah. Seorang guru menyampaikan materi dengan baik agar materi tersebut dapat dipahami dan dimengerti oleh para siswa. Begitu pula sebaliknya, apabila siswa memiliki pertanyaan, maka dapat disampaikan dengan jelas supaya dapat dimengerti dan dijawab oleh guru.

3. Menerima pendapat orang lain

Contoh komunikasi sosial dengan tujuan menerima pendapat orang lain, yaitu dalam musyawarah penentuan tujuan tur sekolah. Setiap siswa berhak untuk menyampaikan pendapat dan idenya. Apabila ada ide yang berbeda dengan keinginan pribadi, maka harus tetap didengarkan dan dipertimbangkan untuk menghindari contoh konflik horizontal.

4. Membangun persepsi yang sama

Contoh komunikasi sosial dengan tujuan membangun persepsi yang sama yaitu terdapat dalam kehidupan berorganisasi. Sekumpulan orang yang tergabung dalam satu macam-macam kelompok sosial yang sama harus memiliki rasa kepemilikan terhadap tujuan bersama organisasi. Agar segala tindakan tidak bertentangan dengan tujuan bersama, maka penting dilakukan komunikasi dengan berkumpul bersama untuk membangun persepsi yang sama.

5. Persuasi atau mengajak orang

Contoh komunikasi sosial dengan tujuan persuasi yaitu seorang relawan yang mengajak orang lain untuk turut berdonasi bagi korban bencana alam dengan cara yang persuasif dan tidak memaksa.

Sponsors Link

6. Mengungkapkan emosi dan perasaan

Contoh komunikasi sosial dengan tujuan mengungkapkan emosi dan perasaan yaitu seorang yang sedang sedih akan bercerita kepada temannya supaya emosi dan perasaannya terungkapkan. Dengan ini diharapkan maka bebannya akan berkurang.

7. Memberikan motivasi bagi diri sendiri maupun bagi orang lain

Contoh komunikasi sosial dengan tujuan memberikan motivasi yaitu seorang motivator yang diundang untuk berbicara di depan siswa yang akan mengikuti ujian akhir. Motivator ini berbicara supaya para siswa termotivasi agar belajar lebih giat.

8. Menyampaikan informasi

Contoh komunikasi sosial dengan tujuan menyampaikan informasi yaitu seorang pembawa acara berita menyampaikan informasi-informasi mengenai berita terkini melalui acara berita di televisi.

9. Mengendalikan emosi dan pikiran

Contoh komunikasi sosial dengan tujuan mengendalikan emosi dan pikiran yaitu saat bermusyawarah bersama, jika ada pendapat orang lain yang berbeda maka harus saling mengingatkan agar menghargai pendapat tersebut dan mengendalikan emosi masing-masing.

Demikian penjelasan mengenai contoh komunikasi sosial. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan para pembaca.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Sunday 09th, September 2018 / 08:19 Oleh :
Kategori : Sosiologi