Sponsors Link

Inilah 4 Contoh Kolonialisme Di Zaman Sekarang Yang Diam-diam Mengintai Indonesia

Sponsors Link

Kolonialisme menjadi aksi mencari dominasi yang sudah berlangsung sejak jaman dulu dan Belanda menjadi negara yang pernah melakukan aksi ini di Indonesia. Dominasi ekonomi yang dilakukan Belanda pada jaman dulu memang sangat merugikan pihak pribumi dan para rakyat pribumi juga digunakan sebagai tenaga kerja yang harus melakukan semua perintah Belanda. Saat mengalami penjajahan negara Indonesia menjadi negara yang sangat tersiksa, karena dengan kejamnya penjajah membawa hasil bumi Indonesia secara bebas dan Indonesia hanya bisa mendapatkan kesusahannya saja. Namun kini kolonialisme seperti dulu tak terjadi lagi dan semua urusan Indonesia dengan kolonialisme Belanda sudah selesai sejak lama. Namun kini banyak juga kolonialisme dalam bentuk yang lebih rapi, karena tak ada kekerasan dalam melancarkan aksinya. Berikut ini adalah contoh kolonialisme di zaman sekarang:

ads

1. Investasi Alibaba Grup di Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu E-commerce yang sangat berkembang pesat di Indonesia dan Tokopedia menjadi ciri-ciri inovasi yang terus berkembang di Indonesia. Salah satu dampak globalisasi yang terjadi adalah berkembangnya startup di Indonesia dan belakangan ini Tokopedia diberitakan mendapatkan suntikan dana yang sangat besar dari pihak perusahaan asing yaitu sekitar Rp 14,85 triliun dan perusahaan Alibaba Grup melihat perkembangan wilayah indonesia yang pesat menjadikan mereka investasi dengan jumlah besar. Investasi ini menjadi salah satu kolonialisme yang terjadi di jaman sekarang, karena perusahaan asing itu mencari peluang keuntungan dengan berinvestasi di startup seperti Tokopedia.

2. Investasi Tencent Holding di Go-Jek

Go-Jek adalah salah satu perusahaan startup yang berkembang sangat pesat di Indonesia dan adanya Go-jek menjadi salah satu contoh dari modernisasi dan globalisasi yang terjadi di Indonesia. Aplikasi Go-jek adalah alat komunikasi zaman sekarang yang digunakan antara tukang ojek dengan para penumpangnya. Dikabarkan bahwa Go-jek mendapatkan suntikan dana dari salah satu perusahaan besar China yaitu Tencent Holding dengan jumlah investasi sebesar Rp 16,2 triliun. Investasi ini menjadi salah satu contoh kolonialisme yang terjadi pada jaman sekarang, karena tujuan perusahaan China berinvestasi adalah untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

3. Investasi Expedia, Sequoia dan JD.com di Traveloka

Traveloka adalah salah satu website yang menyediakan berbagai pilihan hotel atau tiket pesawat dan Traveloka menjadi salah satu tempat membeli tiket pesawat terbaik yang ada di Indonesia. Dengan berkembangnya Traveloka menjadi ciri-ciri modernisasi yang terjadi di Indonesia dan syarat modernisasi yang terlihat adalah penggunaan dunia online yang sangat pesat. Dikabarkan bahwa konsorsium investor Expedia, Sequoia dan JD.com menyuntikkan dana sebesar Rp 4,73 triliun ke Traveloka. Hal ini menjadi salah satu contoh kolonialisme yang terjadi di jaman sekarang, karena investor asing menemukan peluang besar dari startup yang ada.

4. Investasi Ideosource di Bhinneka.com

Website ini adalah E-commerce yang berkembang di Indonesia dan menjadi salah satu startup terbesar yang ada di Indonesia. Ideosource melakukan investasi sebanyak 22 juta pounsterling untuk melakukan pengembangan dan website ini menjadi salah satu ciri bahwa kolonialisme terjadi di jaman sekarang.

Demikian ulasan lengkap mengenai contoh kolonialisme di zaman sekarang dan semoga artikelnya dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Tuesday 19th, March 2019 / 07:45 Oleh :
Kategori : Pendidikan