Sponsors Link

6 Contoh Ketidaksamaan Sosial Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Sponsors Link

Kehidupan sosial dalam kehidupan bermasyarakat adalah hal yang tidak bisa dihindari. Dalam lingkungan sekitar, kita akan membutuhkan bantuan orang lain agar segala kegiatan yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar. Adanya berbagai interaksi sosial yang menandakan bahwa manusia adalah makhluk sosial akan menjadikan situasi dalam berkegiatan dengan banyak orang akan terbuka lebar. Adanya berbagai interaksi sosial akan menjadikan hubungan baik antar sesama manusia dalam lingkungannya. Dengan adanya saling berinteraksi dengan baik akan menimbulkan berbagai manfaat positif dan bisa saling menghormati satu sama lain. Adanya berbagai interaksi sosial yang bersifat positif bisa mengurangi penyebab terjadinya konflik yang bisa terjadi di lingkungan masyarakat.

ads

Adanya banyak hal yang mendorong berbagai penyebab konflik antar manusia. Dengan berbagai perbedaan yang terjadi, harusnya bisa saling menghormati dan menghargai. Adanya perbedaan merupakan salah satu ciri bahwa manusia hidup adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan orang lain. Dengan adanya berbagai perbedaan sama halnya dengan adanya kebergaman suku bangsa dan budaya. Manfaat keberagaman budaya sangat banyak untuk kehidupan bermasyarakat. Dengan adanya keberagaman budaya, kehidupan bermasyarakat bisa saling menghargai dan menghormati, serta dengan adanya keberagaman budaya akan menjadikan sebuah negara tersebut kaya akan budaya dan adat istiadatnya.

Contoh dalam Kehidupan Masyarakat

Banyak hal yang bisa terjadi akibat adanya berbagai macam perbedaan. Salah satu yang bisa terjadi adalah ketidaksamaan sosial. Dengan adanya ketidaksamaan sosial bisa menyebabkan berbagai contoh amalgamasi baik positif maupun negatif. Contoh ketidaksamaan sosial bisa dipelajari secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Adanya berbagai macam contoh ketidaksamaan sosial bisa dijadikan sebuah referensi untuk diambil positifnya. Berikut adalah contoh ketidaksamaan sosial dalam kehidupan bermasyarakat:

  • Berbeda Agama

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam suatu wilayah biasanya akan terdapat berbagai macam agama yang dianut. Dengan adanya berbagai macam agama, akan menjadikan keyakinan masing-masing individu menyesuaikan masing-masing agama yang dinaut. Dengan adanya berbagai agama yang dinaut, bisa menjadikan individu menjadi sebuah kelompok-kelompok untuk melakukan berbagai ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing.

Adanya berbagai cara dalam melakukan ibadah akan tergantung pada jenis dan keyakinan yang dianut oleh masing-masing individu. Banyak hal yang bisa dijadikan contoh dalam kehidupan. Misalnya dalam suatu wilayah terdapat kelompok masyarakat yang beragama islam, kristen dan budha. Masing-masing kelompok akan memiliki ketidaksamaan sosial dengan kelompok lainnya dalam hal keyakinan beserta tempat dan cara beribadah. Dengan adanya hal tersebut, masing-masing kelompok harus tetap saling menghormati dan memiliki rasa toleransi yang tinggi.

  • Berbeda Suku

Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku dan budaya. Masing-masing daerah akan memiliki masing-masing suku. Dengan adanya berbagai suku, akan banyak budaya yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan dalam setiap suku akan ada banyak agenda atau tata cara tersendiri yang sudah berlaku. Tata cara dan segala aturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dalam suatu kelompok suku akan berbeda dengan suku lainnya.

Masing-masing suku akan memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi keunikan suku tersebut. Meskipun banyaknya suku yang dimiliki oleh masyarakat indonesia, hal tersebut akan mendorong adanya berbagai macam toleransi yang tinggi dan sikap saling menghargai satu sama lain. Dengan adanya berbagai suku yang ada, akan mendorong berbagai macam budaya dan adat istiadat didalamnya. Dengan demikian, keberagaman suku dan budaya akan semakin terlihat dan memiliki ciri khas masing-masing.

  • Berbeda Ras
Sponsors Link

Perbedaan tidak hanya terhenti pada perbedaan agama dan suku saja, melainkan ada perbedaan ras. Dalam kehidupan bermasyarakat, tidak bisa dipungkiri bahwa kita akan hidup dengan berbagai macam manusia dari ras manapun. Kehidupan bermasyarakat seharusnya tidak membeda-bedakan jenis ras yang dimiliki oleh masing-masing individu.

Dengan adanya berbagai macam perbedaan akan mendorong berbagai faktor ketidaksamaan sosial. Adanya hal tersebut menjadikan banyak ras yang dimiliki oleh negara Indonesia. Adanya berbagai ras akan mendorong berbagai macam nilai toleransi dan saling menghargai antar sesama. Adanya perbedaan atau ketidaksamaan sosial bisa menghasilkan manfaat keberagaman budaya.

  • Berbeda Jenis Kelamin

Ketidaksamaan sosial bisa didasarkan pada perbedaan jenis kelamin. Adanya perbedaan gender bisa menyebabkan adanya ketidaksamaan sosial. Perbedaan gender bisa menjadi salah satu faktor pembentuk ketidaksamaan sosial. Dengan adanya berbagai macam faktor yang bisa mendukung berbagai macam contoh ketidaksamaan soaial bisa menyebabkan adanya perbedaan yang signifikan.

Sponsors Link

Perbedaan jenis kelamin menjadikan salah satu contoh ketidaksamaan sosial. Perbedaan jenis kelamin yang ada hanya laki-laki dan perempuan. hal ini menjadi sangat wajar jika ada perbedaan. Laki-laki dan perempuan harusnya tidak menjadi sebuah penghalang untuk setiap individu dalam melakukan berbagai interaksi sosial.

  • Berbeda Pendidikan

Perbedaan pendidikan merupakan salah satu contoh ketidaksamaan sosial dalam kehidupan ciri-ciri pranata pendidikan. Dengan adanya berbagai jenjang pendidikan bisa menjadikan salah satu pembeda untuk masing-masing individu. Dengan adanya perbedaan jenjang pendidikan bisa menjadikan suatu kelompok-kelompok individu pada jenjang tertentu. Namun, jenjang pendidikan harusnya tidak menjadi masalah untuk menjalin interaksi sosial dengan siapapun. Bagaimanapun jenjang pendidikan yang dimiliki oleh masing-masing individu tidak akan menghalangi kita untuk mencari teman.

  • Berbeda Kekuasaan

Perbedaan lainnya terdapat pada perbedaan kekuasaan yang dimiliki oleh masing-masing individu. Dengan adanya berbagai kekuasaan yang dimiliki oleh masing-masing individu menjadikan hal yang sangat berbeda. Perbedaan akan menjadi sangat mencolok ketika suatu pembedanya adalah kekuasaan. Kekuasaan yang dimiliki oleh masing-masing individu tidak boleh disalahgunakan untuk kepentingan pribadi.

Banyak hal yang bisa mendasari adanya berbagai macam contoh ketidaksamaan sosial. Meskipun adanya berbagai macam perbedaan dari individu satu dengan individu lainnya harusnya tidak menjadikan hal tersebut sebagai penyebab adanya konflik sosial. Banyak faktor pembentuk ketidaksamaan sosial bisa menjadikan sebuah pijakan untuk melakukan berbagai nilai toleransi dan saling menghargai serta menghormati.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Saturday 23rd, June 2018 / 09:28 Oleh :
Kategori : Pendidikan