Sponsors Link

6 Contoh Kelompok Kemasyarakatan Secara Jelas dan Paling Lengkap

Sponsors Link

Kata kelompok, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti  kumpulan manusia yang merupakan kesatuan beridentitas dengan adat-istiadat dan sistem norma yang mengatur pola-pola interaksi antara manusia itu atau kumpulan orang yang memiliki beberapa atribut sama atau hubungan dengan pihak yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi agar kumpulan manusia dapat disebut sebagai kelompok.

ads

Berikut adalah syarat-syarat kelompok menurut Robert Bierstedt:

  • Adanya organisasi
  • Adanya hubungan sosial atau interaksi antara anggota kelompok
  • Adanya kesadaran mengenai adanya kesamaan antara anggota kelompok

Akibat adanya ciri-ciri dinamika sosial, terdapat berbagai macam kelompok di dalam kehidupan bermasyarakat. Bierstedt membagi kelompok menjadi empat jenis berdasarkan syarat-syarat yang ia kemukakan:

  1. Kelompok statistik, yaitu kelompok yang tidak memenuhi ketiga syarat-syarat kelompok tersebut.
  2. Kelompok kemasyarakatan, yaitu kelompok yang memiliki kesadaran menegnai adanya kesamaan antara anggota kelompok, namun tidak ada organisasi dan interaksi antar anggota kelompok.
  3. Macam-macam kelompok sosial, yaitu kelompok yang memiliki kesadaran akan kesamaan anggota dan ada interaksi antar seluruh anggota kelompok namun tidak berada di bawah naungan organisasi.
  4. Kelompok asosiasi, yaitu kelompok yang memenuhi ketiga syarat kelompok tersebut, yaitu ada organisasi, interaksi antar anggota, dan kesadaran mengenai kesamaan anggota kelompok.

Contoh Kelompok Kemasyarakatan

Pada bahasan kali ini, akan dijelaskan mengenai kelompok kemasyarakatan (societa group), terutama tentang contoh kelompok kemasyarakatan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kelompok kemasyarakatan merupakan kelompok yang memiliki kesadaran mengenai adanya kesamaan antara anggota kelompok, namun tidak ada ciri-ciri organisasi sosial dan interaksi antar anggota kelompok. Biasanya kelompok ini merupakan kelompok manusia dengan kesamaan tertentu. Kelompok ini terbentuk oleh manusia yang memiliki tujuan yang sama atau pun persamaan lainnya.

Simak contoh-contoh berikut untuk lebih memahami mengenai kelompok kemasyarakatan:

1. Kelompok pria dan kelompok wanita di Indonesia

Kelompok pria dan kelompok wanita ini ini merupakakan kelompok manusia yang memiliki kesamaan jenis kelamin, yaitu sama-sama pria atau sama-sama wanita. Semua anggota kelompok sadar akan adanya persamaan ini,namun tidak ada organisasi resmi mengenai kelompok jenis kelamin dan tidak ada interaksi antar semua anggota kelompok.

2. Kelompok suku-suku di Indonesia, misal kelompok suku Sunda, suku Jawa, suku Batak, dan lainnya

Kelompok ini terdiri dari warga Indonesia yang memiliki suku bangsa yang sama. Kesamaan suku bangsa ini tidak diatur di bawah suatu organisasi resmi, melainkan sesuatu yang telah menjadi budaya dan nilai-inilai bersama.

3. Kelompok warga yang tinggal di dekat pantai

Kelompok kemasyarakatan ini terdiri dari semua warga yang tinggal di pantai. Kesamaan ini disadari oleh penduduk dekat pantai namun tidak ada organisasi resmi serta interaksi seluruh anggota di bawah naungan organisasi.

4. Kelompok orang yang kaya atau kelompok orang yang miskin

Sponsors Link

Kelompok ini terdiri dari orang yang memiliki tingkat perekonomian yang sama, yang dikelompokkan menjadi kelompok orang kaya dan kelompok orang miskin.

5. Kelompok orang yang memiliki agama yang sama

Di Indonesia, kelompok ini terdiri dari orang-orang yang beragama sama, kelompok agama Islam, agama Kristen, agama Katolik, agama Hindu, agama Buddha, dan agama Konghucu.

6. Kelompok orang yang memiliki kegiatan atau mata pencaharian yang sama

Kelompok ini terdiri dari orang yang memiliki kegiatan atau mata pencaharian sama, misal kelompok orang yang sedang menempuh pendidikan sekolah menengah, kelompok orang yang bekerja sebagai akuntan, dan lain sebagainya.

Selain contoh-contoh di atas, masih banyak contoh kelompok lain yang dapat dikategorikan sebagai kelompok kemasyarakatan. Berikut adalah ciri-ciri suatu kelompok dapat dikatakan sebagai kelompok kemasyarakatan.

  • Terbentuk secara tidak disengaja
  • Adanya kesadaran mengenai kesamaan antara anggota kelompok
  • Tidak berada secara formal di bawah naungan organisasi yang mengatur dan tidak ada interaksi antara seluruh anggota kelompok
  • Adanya kemungkinan terdapat organisasi dan interaksi antar sebagian anggota kelompok
  • Tidak ada kepentingan bersama seluruh anggota contoh dinamika kelompok sosial.

Demikian penjelasan mengenai contoh kelompok kemasyarakatan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 14th, September 2018 / 05:08 Oleh :
Kategori : Sosiologi