Sponsors Link

9 Contoh Kelas Sosial Dalam Masyarakat Yang Paling Sering Ditemukan

Sponsors Link

Kelas sosial merupakan penggolongan dalam masyarakat yang disusun secara hirarki. Kelas sosial hadir untuk mengelompokan antara anggota masyarakat atau sebagai contoh diferensiasi sosial. Kelas sosial akan mendeskripsikan bagian atau golongan mana orang tersebut didalam masyarakat sebagai bentuk hubungan sosial. Kelas sosial sangat berhubungan dengan stratifikasi sosial. Dapat juga dikatakan bahwa kelas sosial termasuk dalam satu dari contoh contoh stratifikasi sosial. Kelas sosial menggambarkan bagaimana kondisi ekonomi serta sosial orang tersebut dalam masyarakat.

ads

Adapun beberapa ahli yang turut mengeluarkan pendapat mereka mengenai kelas sosial. Menurut Jeffries social class is social and economic groups constituted by a coalsense of economic, occupational and educational bonds. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa jeefries mengkategorikan kelas sosial sebagai standar ukur sosial ekonomi seseorang yang melibatkan ekonomi, pendapatan dan pendidikan. Tiga aspek tersebut digunakan untuk mengukur tingkat kelas sosial seseorang. Disisi lain ada juga Bernard Barber yang menjelaskan bahwa kelas sosial akan dinilai dalam satu keluarga yang mana status sosial anggota keluarga akan sangat berpengaruh. Apabila dalam satu keluarga ada yang memiliki status sosial tinggi maka keluarga tersebut dianggap memiliki kelas sosial yang juga tinggi. Untuk itu anggota keluarga harus mengetahui bagaimana cara mendapatkankan status sosial.

Faktor pendorong kelas sosial terdiri dari tiga yaitu kekayaan, pekerjaan dan juga tingkat pendidikan. Sama seperti apa yang telah dijabarkan Jeffries. Kekayaan adalah apa yang dimiliki oleh orang tersebut. Kekayaan tidak berbicara pemasukan karena pemasukan tinggi juga belum tentu memiliki kekayaan yang berlimpah. Kekayaan adalah jumlah harta yang dimiliki misalnya perusahaan, mobil, motor, rumah baik secara kuantitas maupun kualitas. Ciri- Ciri Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi menunjukkan bahwa gaya hidup juga mempengaruhi kelas sosial seseorang.

Kelas Sosial Dalam Bentuk Contohnya

Kedua adalah pekerjaan. Pekerjaan dapat menentukan kelas sosial seseorang. Dengan pekerjaan kita dapat mengetahui status kita atau jabatan dan dengan pekerjaan juga dapat memperoleh pemasukan yang dapat digunakan untuk menabung pundi pundi rupiah. Pekerjaan sangat mempengaruhi kekayaan baik secara material maupun gaya hidup seseorang. Poin terakhir adalah pendidikan. Tinggi rendahnya pendidikan juga mempengaruhi kelas sosial seseorang. Selain itu tingkat pendidikan juga berlaku sebagai Faktor Perubahan Sosial yang mempengaruhi pekerjaan maupun secara tidak langsung mempengaruhi kekayaan.

Secara keseluruhan, macam macam kelas sosial terbagi menjadi tiga yaitu kelas sosial atas, menengah dan rendah. Berikut selengkapnya mengenai macam macam stratifikasi sosial atau kelas sosial beserta contoh kelas sosial dalam masyarakat.

  • Kelas sosial atas

Kelas sosial ini biasanya adalah golongan orang orang yang memiliki kekayaan berlimpah rua. Selain itu juga kebanyakan adalah mereka yang berpenghasilan tinggi disertai pendidikan tinggi. Contohnya Presiden, menteri, kepala kantor, pengusaha, artis papan atas dan kontraktor.

  • Kelas sosial menengah

Kelas sosial menengah berada diantara posisi tidak kaya maupun tidak miskin. Kelas sosial ini hidup berkecukupan, berpendidikan namun tidak selebih kelas. Contoh kelas sosial dalam masyarakat kategori menengah adalah pegawai pns biasa, pegawai bank, guru dan dosen.

Sponsors Link

  • Kelas sosial bawah

Kelas sosial bawah terdiri dari orang orang yang hidupnya serba kekurangan. Jangankan untuk menabung kekayaan, untuk makan dan hidup saja sudah terasa kurang. Contoh kelas sosial dalam masyarakat kategori kelas bawah adalah pengangguran, pekerja paruh waktu ataupun pekerja tidak tetap.

Selain apa yang telah dijabarkan diatas, adapun pendapat beberapa ahli yang menjabarkan macam macam kelas sosial. Diantaranya Warmer, Aristoteles, Carl Marx dan Mosca. Warmer yang menjabarkan 6 golongan kelas sosial yang ada di masyarakat.

  • Upper upper class dapat dikatakan sebagai golongan yang berstatus tinggi sejak lama. Contoh kelas sosial dalam masyarakat upper upper class adalah keturunan kerajaan Inggris. Negara Inggris dipimpin oleh ratu Elizabeth yang mana nantinya akan turun ke anaknya yaitu pangeran Charles. Selain power yang dimiliki oleh keluarga kerajaan selaku pemimpin, mereka juga memiliki perekonomian yang memadai dan akan berlaku turun temurun. Kelas sosial dari keluarga kerajaan ini sudah pasti yang paling tinggi. Contoh kelas sosial dalam masyarakat yang ada di Indonesia adalah keluarga cendana. Semua orang tahu bahwa keluarga cendana memiliki harta yang tidak sedikit bahkan ada istilah hingga 7 turunan harta tersebut tidak akan habis.
    Sponsors Link

  • Lower upper class memiliki kelas sosial tinggi belum terlalu lama dan berdasarkan hasil jerih payah. Contoh kelas sosial dalam masyarakat lower upper class adalah para pengusaha sukses seperti Harry Tanoe sang presiden MNC Group, Raffi ahmad artis papan atas yang kini memiliki banyak usaha.
  • Upper middle class adalah golongan yang hidup berkecukupan namun tidak terlalu glamour. Contoh kelas sosial dalam masyarakat adalah para dosen atau professor, dokter, pengusaha, petinggi perwira.
  • Lower middle class adalah mereka yang hidup berkecukupan namun masih membutuhkan banyak hal untuk menabung dan masa depan. Contohnya pegawai negeri sipil, polisi, tentara maupun pegawai swasta golongan tinggi.
  • Upper lower class merupakan kelas sosial golongan bawah namun masih bisa hidup misalnya masih bisa sekolah pada sekolah biasa, masih bisa memenuhi kebutuhan sehari hari. Contoh kelas sosial dalam masyarakat upper lower class adalah para honorer, para pns golongan II, para pegawai perusahaan.
  • Lower lower class adalah kelas sosial terendah yang bahkan untuk memenuhi kebutuhan primer saja sangat sulit. Contoh dari kelas sosial ini adalah pemulung, pengangguran, homeless people, pengamen.

Demikian ada beberapa contoh kelas sosial yang ada dalam masyarakat yang bisa anda ketahui, untuk bisa anda ulas dalam kehidupan anda.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 16th, June 2018 / 05:07 Oleh :
Kategori : Sosiologi