Sponsors Link

Contoh Kejahatan Korporat Sosiologi Yang Umum Terjadi

Sponsors Link

Korporat merupakan perkumpulan yang mempunyai bagan pengurus yang bersifat sah di mata hukum, oleh sebab itu korporat diperlakukan seperti manusia, mempunyai hak dan kewajiban yang bisa menggugat ataupun digugat di muka pengadilan. Di mata hukum perdata pula, korporat merupakan subjek hukum, di samping subjek hukum yang berwujud manusia alamiah (naturlijk person). Memasuki era globalisasi, perkembangan korporat terus tumbuh pesat. Jadinya pertumbuhan korporat transnasional melejit, dan otomatis peran mereka akan sering berpengaruh terhadap sektor-sektor di kehidupan manusia.

ads

Dalam berjalannya waktu, masalah negara berkembang mengenai korporat seringkali terjadi karena status jabatan yang digunakan untuk melanggar hukum. Tindakan ini biasanya dinamakan kejahatan korporat. Tindak kejahatan korporat biasanya dilakukan karyawan atau pimpinan korporat tersebut sebagai upaya manusia memenuhi kebutuhan. Kejahatan korporat yang salah satunya memberi dampak masalah sosial yang buruk bagi masyarakat adalah lumpur panas Lapindo di Porong, Sidoarjo.

Munculnya lumpur panas tersebut karena aktivitas pengeboran PT. Lapindo Brantas yang ternyata salah perhitungan, sehingga memunculkan lumpur panas yang berasal dari perut bumi ke permukaan dengan jumlah yang besar. Kejahatan korporat ini termasuk bentuk-bentuk kriminalitas dalam sosiologi yang mengakibatkan ribuan orang kehilangan rumah, lahan pertaniannya serta ribuan pekerja kehilangan pekerjaannya karena pabrik tempat mencari nafkah juga ikut terendam. Kejahatan korporat tidak hanya dilakukan PT. Lapindo Brantas, berikut kasus lain yang terjadi di Indonesia.

  • Penggelapan Pajak

Tindakan ini merupakan pelanggaran pidana yang biasanya dilakukan pimpinan beserta karyawan sebuah korporat. Hal ini dilakukan korporat untuk menghemat pajak dengan cara melawan hukum. Jadinya  memandang penggelapan pajak adalah salah satu macam-macam penyakit sosial yang melekat pada setiap sistem pajak di setiap yurisdiksi. Maka dalam cara kerjanya agar tidak terdeteksi sistem pajak, penggelapan pajak berusaha mengaburkan asal usul hasil kejahatan atau proceeds of crime, selanjutnya ketika berhasil mengaburkan adalah melakukan pencucian uang.

Akibatnya korporat akan mendapat hasil maksimal di utilitas ekspetasi pendapatannya. Kasus terbesar penggelapan pajak di Indonesia dilakukan oleh Asian Agri Group (AAG), yang terbongkar pada tahun 2008. Penggelapan pajak yang dilakukan oleh korporat tersebut sebesar Rp 1,3 triliun. Maka untuk kejahatan korporat dalam penggelapan pajak tidak terjadi, pemerintah mengawasi melalui lembaga Direktorat Jenderal Pajak, Kejaksaan Agung, PPATK, dan lembaga independen seperti KPK.

  • Penyuapan

Tindakan ini melanggar hukum karena merusak komponen keteraturan sosial dengan pemberian uang, barang atau bentuk lain dari pembalasan dari seseorang yang mempunyai kepentingan, ke penerima uang yang biasanya mempunyai kekuasaan tertentu. Dalam transaksi ini, biasanya ada penawaran dengan nominal yang disepakati hingga akhirnya memberikan dan akan mendapatkan balasan sesuai kesepakatan awal. Penyuapan juga bisa dilakukan oleh korporat, terakhir dilakukan korporat PT. Krakatau Steel melalui Direkturnya sebesar Rp 14 Miliar.

Penyuapan dilakukan agar proyek PT. Krakatau Steel berjalan lancar. Kasus lainnya adalah Lippo Group yang sedang mengerjakan proyek hunian mewah yaitu Meikarta. Penyuapan ini dilakukan oleh Lippo Group melalui Direktur Operasionalnya ke Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin beserta jajarannya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah izin pembangunan serta lingkungan, agar proyek hunian mewah Meikarta dapat berjalan dengan cepat. Tindak pidana ini dilakukan karena untuk mengurus izin analisis dampak lingkungan, kemudian dampak masyarakat akan memakan waktu lama, hal itu yang dihindari oleh Lippo Group.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Monday 01st, April 2019 / 03:35 Oleh :
Kategori : Sosiologi