Sponsors Link

Inilah 5 Contoh Kearifan Lokal Yang Lestari Sampai Sekarang

Sponsors Link

Kearifan lokal adalah suatu bagian penting dari budaya yang dijalankan masyarakat secara turun temurun dan kearifan lokal biasanya diturunkan dari mulut ke mulut. Kearifan masyarakat sangatlah penting untuk menjaga kondisi stabilitas lingkungan dan hal seperti ini biasanya banyak ditemukan pada masyarakat lokal khususnya daerah. Kearifan lokal biasanya dihasilkan dari sebuah pengalaman masyarakat dan dipadukan dengan pemahaman budaya. Ada banyak sekali contoh kearifan sosial yang seringkali terjadi di masyarakat dan berikut ini adalah contoh kearifan lokal:

ads

1. Pawai Obor

Pawai obor adalah salah satu tradisi jaman dahulu yang masih sering dilakukan sampai sekarang dan salah satu daerah yang melestarikan budaya ini sampai sekarang adalah daerah Sumedang Jawa Barat. Pawai obor biasanya dilangsungkan untuk menyambut malam idul fitri dan kegiatan ini biasanya dilakukan oleh masyarakat dengan berkeliling desa pada malam hari dengan garis finish di kantor desa atau kelurahan. Kegiatan ini sangat lekat dengan unsur-unsur budaya sunda dan kegiatan ini sangatlah positif untuk masyarakat.

2. Hutan Larangan

Hutan larangan adalah sebuah adat istiadat yang dijalankan di Riau sampai dengan saat ini dan salah satu tujuan adat ini adalah untuk menjaga hutan agar tetap lestari. Ada aturan yang melarang masyarakat atau siapapun menebang pohon secara sembarangan dan bagi para pelanggar aturan akan dikenakan hukuman yang jelas yaitu uang denda 6 juta rupiah atau mengeluarkan beras 100 kg. Kegiatan ini juga menjadi salah satu tujuan pembangunan sosial budaya yang sangat positif dan menjadi contoh pembangunan sosial budaya yang harus terus dilestarikan.

3. Cingcowong

Tradisi cingcowong adalah salah satu tradisi yang masih tetap lestari di daerah Kuningan Jawa Barat dan kegiatan ini dilakukan untuk meminta hujan saat tidak turun hujan selama 3 bulan. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh orang-orang terdahulu dan banyak yang berpendapat bahwa kegiatan ini menjadi salah satu upacara ritual untuk meminta hujan pada yang maha kuasa. Salah satu dampak pembangunan terhadap lingkungan membuat kegiatan budaya di masyarakat mulai ditinggalkan anak muda jaman sekarang dan proses interaksi sosial yang dilakukan anak muda terhadap budaya sangatlah jelek, bahkan hampir tidak ada anak muda yang sangat ingin lestarikan budaya.

4. Bebie

Tradisi unik yang sering berlangsung di Muara Enim Sumatera Selatan ini adalah salah satu tradisi yang dilakukan untuk menanam dan memanen padi secara bersama-sama. Kegiatan ini dilakukan untuk mempercepat proses penanaman dan saat panen selesai biasanya akan diadakan sebuah perayaan yang unik sebagai rasa syukur masyarakat atas hasil panen. Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk hubungan sosial masyarakat yang sangatlah positif dan budaya gotong royong sangat terasa saat tradisi ini diadakan.

5. Awig-awig

Awig-awig adalah salah satu aturan adat istiadat yang berlaku di Lombok Barat dan kegiatan ini memiliki tujuan untuk memanfaatkan sumber daya alam agar bisa digunakan secara maksimal. Kegiatan ini memiliki manfaat sosial budaya bagi masyarakat dan kegiatan ini sangatlah positif bagi kelestarian lingkungan.

Demikian ulasan mengenai contoh kearifan lokal dan semoga artikel ini dapat menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Monday 08th, April 2019 / 03:13 Oleh :
Kategori : Pendidikan