Sponsors Link

3 Contoh Kasus Sosiologi Industri yang Sering Terjadi di Indonesia

Sponsors Link

Sifat hakikat sosiologi salah satunya ialah ilmu pengetahuan yang abstrak. Abstrak dalam konteks ini diartikan bahwa sosiologi memerhatikan pola peristiwa yang terjadi dalam masyarakat. Masyarakat senantiasa berkembang dari masa ke masa. Sejarah mencatat masyarakat senantiasa mengalami bentuk-bentuk perubahan sosial dari segi upaya manusia memenuhi kebutuhan yang dibagi kedalam masa berburu dan meramu, masa bercocok tanam, dan masa industri.

ads

Masa industri merupakan masa yang dapat dikatakan masa peradaban terbaik masyarakat hingga kini. Masyarakat sudah mampu mengenal alat-alat industri, menghasilkan produk-produk dengan efisiensi biaya dan efektivitas waktu, serta terlibat dalam proses terjadinya interaksi sosial yang bersifat industrial dan ekonomi. Menyikapi contoh fenomena sosial ini, sosiologi memfokuskan bidang kajiannya terhadap masyarakat industri dalam cabang ilmu sosiologi industri.

Nah, artikel kali ini akan membahas contoh kasus sosiologi industri di Indonesia berdasarkan ruang lingkup sosiologi industri. Sebelumnya, mari kita simak terlebih dahulu mengenai pengertian sosiologi industri dan ruang lingkupnya.

Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi Industri

Sosiologi industri secara sederhana berasal dari dua istilah yaitu sosiologi dan industri. Sosiologi berarti ilmu yang mempelajari masyarakat, sedangkan industri merupakan kegiatan ekonomi yang mengolah barang setengah jadi menjadi barang jadi guna mendapatkan nilai tambah/keuntungan. Dua istilah ini kemudian disatukan dalam sosiologi industri yang mana sosiologi merupakan induk ilmunya, sehingga pengertian sosiologi industri adalah suatu cabang ilmu sosial yang membahas karakter dan arti dunia kerja serta kehidupan manusia yang terlibat di dalamnya. Dengan demikian, objek sosiologi industri ialah masyarakat yang ada dalam lingkungan kerja industri, termasuk hubungan antar manusia selama melakukan pekerjaan tersebut.

Sama halnya dengan cabang ilmu sosiologi lainnya, sosiologi industri memiliki ruang lingkup tersendiri. Secara spesifik, ruang lingkup sosiologi industri meliputi tiga ruang di antaranya organisasi industri, manajemen industri, dan kepemimpinan dalam industri.

Contoh Kasus Sosiologi Industri

Setelah mengetahui ruang lingkup sosiologi industri, berikut ini disajikan contoh kasus sosiologi industri yang terjadi di Indonesia.

  • Pendirian Koperasi

Masyarakat Desa A merupakan masyarakat pertanian yang memiliki hasil panen tetap setiap bulannya. Namun, mereka hanya menggunakan hasil panen mereka untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Masyarakat Desa A kemudian menginginkan hasil panen mereka bisa dijual dan mereka memperoleh uang untuk memenuhi macam-macam kebutuhan manusia lainnya. Oleh karena itu, kepala Desa A berinisiatif untuk mengajak warga mendirikan koperasi unit desa (KUD) yang akan memfasilitasi pengelolaan hasil pertanian Desa A agar bisa disalurkan ke pemilik-pemiliki industri di kota.

Pendirian koperasi di Desa A merupakan contoh kasus sosiologi industri berdasarkan lingkup organisasi industri. Koperasi hadir sebagai solusi dari kebutuhan masyarakat akan jenis lembaga sosial yang mampu memenuhi kebutuhan ekonomi Desa A.

  • Fenomena Wanita Karier

Salah satu contoh fenomena sosial yang terjadi di masyarakat saat ini adalah fenomena wanita karier. Ibu Ani bekerja sebagai staf administrasi shift pagi di industri kayu, sementar ibu Ani pun memiliki satu orang anak yang baru saja masuk SD. Agar pekerjaan dan keluarganya tetap terjaga, Ibu Ani membuat kesepakatan dengan suaminya yaitu kewajiban antar-jemput anak ke sekolah dilakukan suaminya, sedangkan mulai sore hari bu Ani lah yang bertanggung jawab mengurus keperluan anaknya, sepulang ia bekerja dari pabrik.

Pembagian tanggung jawab yang dilakukan Ibu Ani merupakan contoh kasus sosiologi industri kategori ruang manajemen industri. Ibu Ani telah melakukan pengelolaan antara pekerjaan dan perannya sebagai seorang istri sekaligus ibu dalam kehidupan masyarakat.

  • Resign karena bos

Pak Andi merupakan karyawan tetap yang telah bekerja selama 10 tahun di pabrik makanan. Ia kemudian resign atau rela kehilangan pekerjaannya setelah berada dalam pimpinan bos barunya yang otoriter. Pak Andi merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerjanya yang sekarang karena ia diberi porsi tugas dan lembur yang lebih banyak tanpa memperoleh penghargaan tambahan dari bos barunya. Ketidaknyamanan ini membuat Pak Andi memutuskan untuk mencari pekerjaan lain karena kepemimpinan bosnya yang semena-mena dibandingkan bos lamanya.

Contoh kasus sosiologi industri satu ini termasuk pada ruang kepemimpinan dalam industri, yang mana kepemimpinan bos baru Pak Andi mampu menimbulkan masalah terhadap keberlangsungan kegiatan industri dan kehidupan karyawannya. Itulah tiga contoh kasus sosiologi industri di Indonesia berdasarkan ruang lingkupnya. Semoga bermanfaat !

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 20th, September 2018 / 04:54 Oleh :
Kategori : Sosiologi