Sponsors Link

Inilah 4 Contoh Kasus Diferensiasi Agama

Sponsors Link

Diferensiasi Agama yaitu pengklasifikasian masyarakat berdasarkan agama atau kepercayaan yang dianut dan Islam menjadi agama mayoritas yang ada di Indonesia. Pembentukan diferensiasi agama dilakukan secara horizontal dan setiap agama dinyatakan sama, karena tak ada agama yang memiliki tingkatan lebih tinggi. Diferensiasi agama memang seringkali terjadi di Indonesia dan setiap agama memiliki cara ibadah yang bervariasi. Toleransi menjadi sebuah hal penting menyikapi perbedaan agama dan toleransi harus dilakukan oleh semua masyarakat, agar tercipta suatu lingkungan aman. Agama dikatakan sebagai suatu hal yang sensitif dan seringkali menimbulkan suatu konflik. Berikut ini adalah contoh kasus diferensiasi agama:

ads

1. Konflik Poso

Konflik Poso adalah salah satu konflik agama yang terjadi di Indonesia dan konflik ini berlangsung dalam waktu yang lama. Konflik ini berlangsung lama, karena peran pemerintah yang kurang untuk mengembalikan kondisi konflik dan konflik ini diawali pada tahun 1998 sampai dengan tahun 2000. Konflik ini berhasil terselesaikan saat adanya perjanjian Malino yang digagas oleh Jusuf Kalla dan setelah perjanjian itu kondisi Poso menjadi lebih baik. Konflik ini menjadi salah satu contoh diferensiasi sosial yang terjadi di Indonesia dan menjadi salah satu konflik agama terbesar di Indonesia.

2. Konflik Ambon

Salah satu contoh kasus diferensiasi agama adalah konflik yang terjadi di Ambon antara kaum muslim dan nasrani. Konflik ini berlangsung pada tahun 1999 dan penyebab diferensiasi agama ini adalah adanya kasus pemalakkan yang dilakukan oleh 2 orang muslim kepada warga nasrani. Konflik ini memicu adanya kemarahan dari warga nasrani dan hal ini menimbulkan suatu pertempuran di antara 2 kubu. Ada 12 orang tewas dan banyak sekali korban luka dalam insiden. Peran pemerintah setempat sangat baik dalam meredakan konflik dan dalam waktu yang cepat, konflik pun terselesaikan dengan baik.

3. Konflik Tolikara

Konflik Tolikara adalah salah satu konflik agama terbesar yang terjadi di Indonesia dan faktor penyebab masalah sosial adalah adanya pembakaran masjid oleh para jemaat gereja injil di Indonesia. Insiden pembakaran ini dilakukan saat sedang dilaksanakannya sholat idul fitri dan akibat konflik ini ada 2 orang tewas, serta ada banyak rumah warga muslim yang terbakar. Dengan rekonsiliasi yang cepat, akhirnya konflik ini dapat diselesaikan dan tidak menimbulkan berbagai konflik lanjutan. Hal ini menjadi salah satu contoh diferensiasi sosial yang terjadi di Indonesia.

4. Konflik Aceh

Konflik Aceh adalah salah satu konflik paling fenomenal di Indonesia dan konflik agama pernah terjadi di daerah Singkil pada tahun 2015. Konflik ini diawali saat adanya demo yang dilakukan umat muslim untuk menuntut pembongkaran gereja kristen oleh pihak pemerintah dan konflik ini berlangsung dalam waktu yang relatif singkat, karena pihak pemerintah dengan cepat menyelesaikan konfliknya. Salah satu ciri-ciri diferensiasi agama adalah adanya perbedaan agama yang dimiliki manusia dan perbedaan ini akan menimbulkan berbagai macam konflik.

Demikian ulasan lengkap mengenai contoh nilai sosial kasus diferensiasi agama dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Friday 17th, May 2019 / 04:36 Oleh :
Kategori : Sosiologi