Sponsors Link

Inilah 5 Contoh Kasus Antropologi Hukum

Sponsors Link

Antropologi hukum yaitu suatu ilmu yang mengkaji mengenai manusia dari aspek hukumnya dan ilmu ini sangat berkaitan dengan pola perilaku masyarakat dalam kaidah sosial yang bersifat hukum. Antropologi hukum memiliki peranan yang sangat penting dalam mengatur berbagai tindakan masyarakat di lingkungan sosial dan berbagai konflik sosial yang bisa muncul di masyarakat, dapat dicegah dengan sangat cepat. Hukum bisa menjadi batasan perilaku masyarakat dan dengan hukum masyarakat, jadi tau pedoman berperilaku yang baik. Berikut ini adalah contoh kasus antropologi hukum:

ads

1. Sengketa Tanah

Sengketa tanah adalah salah satu permasalahan yang seringkali muncul di Indonesia dan sengketa tanah memiliki penyebab yang sangat beragam. Sengketa tanah adalah permasalahan yang sudah muncul sejak jaman dulu dan menjadi permasalahan klasik di Indonesia. Sengketa tanah menjadi salah satu masalah negara berkembang seperti Indonesia dan tanah menjadi suatu hal yang sensitif. Konflik tanah bisa menimbulkan permasalahan yang meluas dan bisa merugikan banyak pihak.

2. Sengketa Rumah

Rumah adalah tempat yang dibangun untuk menjadi tempat tinggal dan semua orang berlomba-lomba untuk bisa membangun sebuah rumah. Rumah menjadi sesuatu hal yang penting dan bisa menandakan kesuksesan manusia. Dengan banyaknya orang ingin memiliki rumah, seringkali menimbulkan permasalahan seperti sengketa rumah dan hal ini sering terjadi di Indonesia. Antropologi hukum menjadi salah satu bentuk-bentuk pengendalian konflik sosial dalam masalah sengketa rumah dan permasalahan ini tidak akan menimbulkan efek yang meluas, karena adanya antropologi hukum.

3. Hak Asuh Anak

Hak asuh anak menjadi suatu permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat dan masalah ini terjadi akibat adanya suatu perceraian. Dalam hubungan suami istri atau hubungan pernikahan, ada kalanya suatu perceraian terjadi dan hal ini akan menimbulkan efek yang meluas di lingkungan masyarakat. Perceraian bisa menjadi salah satu faktor perubahan sosial yang terjadi di lingkungan dan dengan adanya antropologi hukum, permasalahan hak asuh anak dapat dicegah dengan baik.

4. Warisan

Warisan adalah sebuah hal yang sangat penting bagi berbagai kalangan dan warisan seringkali menimbulkan suatu konflik yang berkepanjangan. Salah satu cara memperbaiki permasalahan warisan adalah dengan komunikasi sosial dan salah satu tujuan komunikasi sosial adalah untuk menghindarkan berbagai permasalahan. Warisan seringkali menimbulkan konflik, saat salah satu pihak merasa dirugikan dan merasa tidak adanya suatu keadilan yang terjadi. Permasalahan warisan bisa menjadi salah satu faktor perubahan sosial yang timbul di masyarakat dan menimbulkan efek yang meluas bagi masyarakat.

5. Hak Cipta

Permasalahan hak cipta juga seringkali terjadi di Indonesia dan hak cipta menjadi suatu hal yang sensitif. Hak cipta dapat menimbulkan dampak yang meluas dan berdampak pada kehidupan di masyarakat. Salah satu dampak masalah sosial adalah adanya perpecahan di masyarakat dan dengan antropologi hukum, permasalahan sosial seperti perebutan hak cipta dapat dicegah dengan cepat. Antropologi hukum memiliki peranan penting bagi masyarakat di Indonesia.

Demikian ulasan lengkap mengenai contoh kasus antropologi hukum dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Monday 01st, July 2019 / 09:34 Oleh :
Kategori : Antropologi