Sponsors Link

3 Contoh Kasus Analisis Kebijakan Sosial yang Harus Anda Ketahui

Sponsors Link

Setiap negara pasti memiliki kebijakan sosial yang memang di buat untuk di patuhi. Bahkan kebijakan sosial tidak hanya terdapat di sebuah negara yang mencakup daerah yang luas, namun juga ada di Pemerintahan Daerah yang mempunyai wilayah lebih kecil. Mengapa demikian? Sebab kebijakan sosial di bentuk agar setiap masyarakat mematuhi peraturan yang ada di dalamnya.

ads
  • Pengertian Analisis Kebijakan Sosial

Di dalam sebuah peraturan kehidupan tidak hanya ada kebijakan sosial saja namun juga ada analisis kebijakan sosial. Analisis ini merupakan sebuah penjabaran yang lebih lengkap mengenai apa saja peraturan yang ada dalam kebijakan sosial. Sebab tidak semua orang mengerti tentang apa yang ada di dalam kebijakan sosial itu sendiri. Pelajari dampak dari stratifikasi sosial ini

Sedangkan pengertian dari analisis kebijakan sosial adalah sebuah usaha yang sudah di rencanakan dan berkaitan dengan pemberian penjelasan serta rekomendasi tentang apa saja yang bisa terjadi akibat penerapan kebijakan sosial di dalam masyarakat. Inilah perbedaan fakta mental dan fakta sosial yang sangat mudah untuk di pahami.

  • Contoh Kasus Analisis Kebijakan Sosial di Indonesia

Seperti yang sudah di jelaskan di atas jika kebijakan sosial tidak hanya bisa menimbulkan dampak positif saja namun juga ada efek negatif yang tidak bisa di hindarkan dan pasti di alami oleh masyarakat tersebut. Perbedaan chauvinisme dan etnosentrisme yang ada di masyarakat. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak kasus analisis kebijakan sosial. Adapun contoh dari kasus analisis kebijakan sosial adalah sebagai berikut ini.

1.Lumpur lapindo – Sidoarjo

Berbicara seputar kasus lumpur lapindo, tentu sebagian besar pembaca di sini sudah tahu perihal kasus yang terjadi di Sidoarjo ini. Bencana yang bermula dari niat pengeboran lokasi untuk tambang minyak ternyata membuat bencana yang tidak di inginkan. Anda wajib tahu perbedaan chauvinisme dan nasionalisme ini.

Ada banyak sekali kerugian yang di timbulkan dari kasus lumpur lapindo Sidoarjo ini. Mulai dari kerugian Pemerintah Indonesia yang mencapai angka 45 triliun per tahun. Kerugian masyarakat Sidoarjo yang kehilangan pekerjaannya sekitar 25 milyar. Dan juga kerugian yang di derita oleh penduduk yang kehilangan rumah dan harta bendanya, di tafsir mencapai 8 triliun banyaknya. Inilah contoh sikap chauvinisme yang bisa Anda contoh.

2. Kenaikan tarif untuk transportasi online

Rencana kenaikan tarif online ini di dasari karena adanya persaingan yang cukup ketat antar kendaraan online dan juga offline. Sehingga pemerintah berusaha untuk menaikan tarif dengan harapan agar seimbang namun tidak mempertimbangkan perihal ekonomi masyarakat. Cobalah cara mencegah kenakalan remaja yang sangat ampuh ini.

3. Kebijakan full day school di Indonesia

Contoh kasus analisis kebijakan sosial selanjutnya adalah penerapan peraturan pemerintah tentang pendidikan di Indonesia yaitu akan adanya program full day school. Sebenarnya harapan dari program ini adalah agar siswa dan siswi bisa lebih pintar. Namun nyatanya banyak pelajar yang tidak kuat dan akhirnya jatuh sakit akibat adanya program full day school. Beberapa jenis inovasi yang harus Anda ketahui.

Nah itu tadi contoh kasus analisis kebijakan sosial yang ada di Indonesia.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Friday 04th, January 2019 / 07:33 Oleh :
Kategori : Pendidikan