Sponsors Link

4 Contoh Interaksi Antar Negara Asean Yang Pernah Terjadi

Sponsors Link

Interaksi antar negara adalah suatu hal yang kerap kali digelar dengan tujuan tertentu dan interaksi sangat perlu dilakukan untuk menjalin kerjasama di berbagai bidang. Kerjasama antar negara bisa digelar antara 2 negara saja atau lebih dan hasil dari sebuah kerjasama biasanya menghasilkan satu kesepakatan yang menguntungkan semua pihak yang terlibat. Ada banyak faktor pendorong terjadinya interaksi seperti perbedaan sumber daya alam yang dimiliki, perbedaan kondisi wilayahnya dan faktor pendorong lainnya. Interaksi juga terdiri dari berbagai bentuk yaitu sosial, politik, pendidikan, budaya dan bentuk lainnya. Sebuah interaksi harus bersifat saling menguntungkan dan kerjasama yang dijalin harus dengan kesepakatan yang mutlak. Berikut ini beberapa contoh interaksi antar negara asean:

ads

1. Organization Of Petroleum Exporting Countries (Opec)

Kerjasama ini terjalin antara tiga negara asia tenggara yaitu Indonesia, Singapura dan Myanmar. Kerjasama ini didasarkan dari kebutuhan masing-masing negara dan ketiga negara yang bekerja sama memiliki kesamaan sebagai penghasil minyak bumi. Salah satu syarat terjadinya interaksi sosialantar negara adalah adanya kesamaan kebutuhan dan dasar dari kerjasamanya harus saking menguntungkan. Pada kerjasama ini Indonesia melakukan ekspor hasil pertanian ke Singapura, Indonesia juga melakukan impor beras ke Singapura dan Myanmar.

2. ASEAN Convention On Counter Terrorism (Acct)

Kerjasama ini dilakukan Indonesia dengan berbagai negara di Asean dan tujuan dari kerjasama ini adalah untuk melakukan pemberantasan terorisme yang sangat mengancam. Salah satu faktor penyebab masalah sosial yang terjadi akibat terorisme adalah adanya ketakutan yang dirasakan masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan dengan kerjasama ini langkah para teroris tidak akan terlalu bebas untuk melakukan teror di negara-negara Asean. Ada banyak faktor perubahan sosial yang terjadi dengan adanya tindak terorisme dan hal ini membuat ancaman terorisme sangatlah berbahaya.

3. Southeast Asian Games (Sea Games)

Sea Games adalah ajang pesta olahraga asia tenggara dan ajang ini sudah berlangsung sangat lama. Semua peserta ajang olahraga ini adalah anggota asia tenggara dan proses terjadinya interaksi sosial dalam kerjasama ini terbentuk atas dasar olahraga. Ajang ini mempertandingkan banyak sekali cabang olahraga dan sampai dengan saat ini anggota sea games terdiri dari 11 negara. Salah satu cabang olahraga yang paling bergengsi di ajang ini adalah sepak bola, karena olahraga ini memiliki banyak sekali penggemar di seluruh dunia.

4. ASEAN Tourism Agreement (Ata)

Kesepakatan antar negara asean ini terjadi di bidang pariwisata dan kerjasama ini dibentuk agar ada keuntungan yang akan dihasilkan Indonesia. Ada banyak pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial, karena dengan adanya interaksi yang terjadi harus ada sebuah lembaga yang mengurus interaksinya. Dengan adanya kerjasama ini banyak orang luar negeri yang datang ke Indonesia untuk melakukan kegiatan liburan dan hal ini akan meningkatkan perekonomian kerakyatan. Ada banyak syarat terjadinya aktivitas sosial yang harus dipenuhi dalam menjalankan suatu kerjasama dan contoh masalah sosial yang sering terjadi akibat dari sebuah kerjasama yang gagal adalah terjadinya peperangan yang merugikan rakyat.

Demikian ulasan singkat mengenai Contoh Interaksi Antar Negara Asean dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Wednesday 20th, March 2019 / 02:47 Oleh :
Kategori : Sosiologi