Sponsors Link

Ini Dia 10 Contoh Integrasi Sosial Yang Terjadi Di Lingkungan Masyarakat

Sponsors Link

Integrasi sosial adalah adalah suatu perbauran yang dilakukan suatu kelompok yang dilanjutkan dengan proses adaptasi dan proses adaptasi akan menghasilkan suatu kesatuan yang utuh. Proses perbauran antara 2 kebudayaan yang berbeda berlangsung dengan berbagai proses, namun tetap kebudayaan asal tidak ditinggalkan dan proses perbaurannya menjadikan suatu kebudayaan baru. Pola kehidupan masyarakat di suatu daerah pasti berbeda-beda dan memiliki keunikannya tersendiri. Kehidupan masyarakat yang unik disatukan dengan kebudayaan lain, tentu akan menghasilkan kebudayaan lain dan menghasilkan sebuah integrasi sosial di masyarakat.

ads

Contoh Integrasi Sosial

1. Silaturahmi

Melakukan kegiatan silaturahmi antar sesama manusia memang sebuah hal positif yang harus dijaga dan dengan silaturahmi hubungan sosial antar sesama manusia dapat terjaga dengan baik. Kegiatan silaturahmi menjadi salah satu contoh disintegrasi sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat dan proses integrasi sosial biasanya berlangsung dengan sangat variatif, karena masing-masing individu memiliki cara yang berbeda dalam melakukan interaksi sosial.

2. Ibadah

Ibadah adalah suatu kegiatan yang selalu dilakukan oleh umat beragama dan proses ibadah yang dilakukan oleh berbagai agama, pasti memiliki banyak sekali perbedaan. Kerukunan dalam melaksanakan ibadah dan saling menghargai sesama umat beragama, menjadi sebuah hal penting yang tidak boleh dilupakan. Ibadah menjadi contoh disintegrasi sosial budaya yang harus terus dijaga keberadaannya dan dengan ibadah proses integrasi akan dilakukan oleh seorang individu.

3. Kerjasama

Kerjasama adalah suatu kegiatan positif yang biasanya dilakukan oleh 2 orang atau lebih untuk menyelesaikan berbagai hal dan kerjasama menjadi salah satu contoh integrasi kebudayaan yang harus dijaga keberadaannya. Dengan kerjasama pekerjaan apapun akan bisa diselesaikan dengan baik, karena pada dasarnya manusia memiliki sifat saling membantu dan sebuah kerjasama proses integrasi sosial akan berjalan dengan baik. Kerjasama akan terjalin dengan berbagai bentuk yang berbeda dan kerja sama dilakukan dengan tujuan yang bervariasi.

4. Memelihara Lingkungan

Setiap manusia memiliki kewajiban untuk menjaga kelestarian lingkungan dan lingkungan adalah tempat yang sangat penting untuk dijaga. Lingkungan memiliki peranan yang penting dalam membentuk karakter kepribadian seseorang dan dengan lingkungan yang baik, maka akan tumbuh banyak manusia yang baik. Budaya memelihara lingkungan menjadi faktor pendorong integrasi sosial yang terjadi di masyarakat dan memelihara lingkungan memang menjadi hal yang sangat dianjurkan oleh negara beserta agama.

5. Menjauhkan Ego Pribadi

Setiap individu memang memiliki tingkat ego yang berbeda dan banyak orang yang tidak bisa mengontrol ego pribadinya, namun dengan ego yang terjaga berbagai pola kehidupan masyarakat akan berjalan dengan baik. Ego pribadi memang sering membuat seorang manusia melakukan hal-hal yang diluar batas kewajaran dan manusia yang mampu menjauhkan ego pribadi demi kepentingan yang lebih besar, akan menjadikan lingkungan lebih maju. Hal ini menjadi bentuk-bentuk disintegrasi sosial yang harus tetap dijaga dan harus diwariskan ke generasi selanjutnya.

6. Saling Membantu

Saling membantu memang sikap manusia yang positif dan sikap ini biasanya muncul secara spontan atau natural. Saling membantu antar sesama manusia, menjadi salah satu bentuk sosialisasi yang dilakukan dan ada banyak alasan seseorang atau kelompok dalam melakukan hubungan sosial. Dalam suatu lingkungan masyarakat pasti akan banyak bentuk penyimpangan sosial yang terjadi dan penyimpangan sosial bisa terjadi oleh satu individu ataupun kelompok.

Sponsors Link

7. Diskusi

Indonesia memang negara yang dihuni oleh beragam masyarakat dan manfaat keberagaman budaya membuat banyaknya interaksi sosial yang terjadi. Diskusi menjadi sebuah hal penting yang diajarkan oleh lingkungan sekolah dan sangat baik bila diterapkan di lingkungan masyarakat, karena dengan cara diskusi proses pemecahan suatu masalah menjadi lebih mudah. Diskusi menjadi salah satu contoh integrasi sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat dan dengan diskusi hubungan sosial akan berjalan dengan efektif.

8. Memberikan Pengaruh Positif

Masa muda menjadi waktu yang paling penting bagi manusia, karena pada masa ini seorang manusia bisa menemukan berbagai hal baru dan bisa menemukan jati dirinya sebagai manusia. Seorang anak muda membutuhkan suatu pengawasan yang baik, karena dengan sebuah kebebasan berbagai tindakan negatif bisa saja terjadi dan salah satu bentuk pengawasan terhadap anak muda adalah dengan memberikan nasihat penting mengenai kehidupan. Anak muda yang memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan menjadi salah satu contoh integrasi sosial.

Sponsors Link

9. Tidak Korupsi

Memiliki jabatan penting dalam suatu perusahaan atau organisasi menjadi keinginan banyak orang dan dengan sebuah jabatan seseorang akan mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Namun banyak sekali orang yang malah menyalahgunakan jabatan dengan melakukan tindakan korupsi yang merugikan banyak orang dan korupsi menjadi suatu kejahatan yang sangat tidak baik. Tidak melakukan tindakan korupsi menjadi salah satu contoh integrasi sosial dan dengan tidak adanya korupsi, kondisi keuangan suatu organisasi atau perusahaan akan berjalan dengan baik.

10. Sosialisasi

Sosialisasi adalah suatu kegiatan positif yang banyak dilakukan manusia, karena dengan sosialisasi berbagai hal akan terbuka dan sosialisasi akan menimbulkan interaksi sosial antar individu atau kelompok. Kegiatan sosialisasi menjadi salah satu contoh integrasi sosial yang sering dilakukan masyarakat dan membuat lingkungan menjadi lebih harmonis.

Demikian ulasan lengkap mengenai contoh integrasi sosial dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 21st, April 2019 / 01:37 Oleh :
Kategori : Sosiologi