Sponsors Link

13 Contoh Hedonisme yang Sering Terjadi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sponsors Link

Kehidupan mewah dan glamor seringkali menjadi salah satu ciri umum dari hedonisme saat ini dan anda juga bisa melihat contoh hedonisme lainnya, tidak hanya itu bahkan sesuatu dengan sifat berlebihan terkadang dipandang sebagai sebuah bentuk tindakan hedonisme. Hedonisme sendiri ada karena beberapa faktor berbeda dengan perbedaan konsumerisme dan hedonisme yang perlu diketahui, mulai dari faktor internal dimana manusia sendiri memiliki sifat ingin bersenang- senang tanpa batas dan faktor eksternal karena dorongan dari luar. Melihat banyak sekali orang apalagi remaja masa kini menghabiskan waktu mereka hanya untuk bersenang- senang menjadi salah satu bukti bahwa hedonisme tidak dapat dihilangkan begitu saja.

ads

Pengertian Hedonisme Menurut Ahli

Sebelum mempelajari lebih dalam mengenai hedonisme anda juga bisa melihat penyebab hedonisme, tentunya anda perlu mengetahui dasar dari hedonisme sendiri. Dimulai dari pengertian hedonisme yang dikemukakan para ahli, dari situ tentunya anda akan lebih mudah untuk mempelajari hedonisme secara mendalam. Dan berikut merupakan beberapa pengertian hedonisme yang dikemukakan oleh para ahli.

  • Sarwono 1989

Menurut seorang ahli bernama Sarwono, hedonisme memiliki sebuah konsep diri berkaitan dengan gaya hidup seseorang yang sesuai dengan pemikirannya sendiri. Dalam hal ini, Suwono juga mengemukakan ada satu contoh mengenai konsep hedonisme yaitu ketika seorang olahragawan dengan gaya hidup sehat, dalam hal ini ia memiliki prinsip hidup dalam hal kesenangan tersendiri.

  • Collins Gem 1993

Adapun pengertian contoh hedonisme menurut Collins yaitu sebuah doktrin dimana doktrin ini menyatakan bahwa kesenangan merupakan sebuah hal paling penting yang harus ada dalam hidup manusia. Dari sini pula dapat diartikan bahwa menurut Collins, hedonisme merupakan sebuah paham dan dianut oleh orang- orang yang mencari kesenangan hidup.

  • Burhanuddin 1997

Menurut burhanuddin, hedonisme memiliki pengertian sebagai suatu hal baik dan sesuai dengan kesenangan yang didatangkannya. Dalm hal ini, hedonisme menurut burhanuddin merupakan hal yang tidak dapat mendatangkan kesusahan, penderitaan, dan hal tidak menyenangkan dimana ini dianggap tidak baik.

Dari beberapa pengertian hedonisme menurut para ahli di atas berbeda dengan perbedaan westernisasi dan hedonisme , adapun pengertian hedonisme secara umum yaitu sebagai sebuah pandangan hidup maupun ideologi dan diwujudkan dalam bentuk gaya hidup. Gaya hidup ini merupakan sebuah gaya hidup dengan kenikmatan dan kebahagiaan pribadi dan itu merupakan sebuah tujuan utama dalam menjalani hidup.

Contoh Hedonisme

Adapun secara etimologi, hedonisme sendiri diambil dari bahasa Yunani yaitu “Hedone” dengan arti kesenangan dan secara sederhana maka pengertian hedonisme ini mengacu  pada paham kesenangan dan kenikmatan. Tentunya dalam hal ini anda juga perlu melihat contoh perubahan struktural di Indonesia, orang dengan penganut paham hedonisme beranggapan bahwa kebahagiaan dan kesenangan merupakan sebuah gaya hidup yang bisa diraih dengan melakukan banyak kesenangan dengan menghindari hal- hal menyakitkan secara duniawi. Dan berikut merupakan contoh- contoh hedonisme.

  1. Mobil Mewah Berlebihan

Mobil mewah tentunya merupakan impian banyak orang, namun beberapa orang Indonesia khususnya memiliki mobil mewah dengan banyak sekali fitur tidaklah cukup. Ketika memiliki mobil mewah, tentu banyak sekali pengeluaran untuk perawatan dan biaya service mobil. Banyak orang Indonesia setelah memiliki sebuah mobil mewah, ingin membuat mobilnya kian mewah bahkan satu mobil mewah tidaklah cukup hingga mereka menjadi kolektor mobil mewah.

  1. Smartphone Canggih

Contoh hedonisme berikutnya yaitu ketika ada seorang anak SD memiliki smartphone canggih bahkan banyak sekali orang dewasa kalah saing. Ini tentunya merupakan salah satu contoh hedonisme, dimana seorang siswa SD tidak seharusnya memiliki smartphone canggih dengan harga puluhan juta. Apalagi, semakin canggihnya smartphone bagi anak SD masih belum dapat bermanfaat dengan baik.

Sponsors Link

  1. Menggunakan Barang- Barang Mewah

Menggunakan barang- barang mewah tentu merupakan salah satu kesenangan tersendiri bagi beberapa orang. Namun jika barang- barang mewah digunakan secara berlebihan hanya untuk kesenangan dan kenikmatan tentu ini merupakan sebuah contoh dari hedonisme. Seperti ketika menghadiri sebuah pesta dan seorang wanita menggunakan gaun mewah dengan desain terbaik dan termahal, namun tidak hanya gaun saja tetapi juga menggunakan tas, sepatu, jam tangan, bahkan kaus kaki dan sarung tangan pun memiliki harga mahal dan dibuat oleh desainer terkenal dengan harga sangat tinggi hanya untuk pesta satu malam saja.

  1. Selalu Makan Makanan Mahal

Terbiasa hidup mewah tampaknya menjadi salah satu kelemahan manusia saat ini berbeda dengan Contoh Sosiologi Gender Dalam Kehidupan Masyarakat, ketika sudah terbiasa dengan hidup mewah maka makan pun harus mewah. Sebagian besar orang kaya tampaknya lebih memilih makan makanan mahal dengan tampilan mewah daripada harus makan sederhana. Dan tampaknya ini sudah berlebihan, banyak sekali orang kaya memutuskan bahwa makan makanan mewah adalah sebuah kewajiban dan mereka tidak mau makan makanan sederhana walaupun pemberian orang. Ini merupakan salah satu contoh paling umum dari hedonisme.

  1. Belanja Kosmetik Berlebihan

Sangat lumrah bagi seorang wanita untuk bermakeup, bisa dibilang makeup merupakan salah satu kegiatan wajib. Tidak hanya untuk terlihat cantik tetapi juga untuk kebutuhan sehari- hari. Namun beberapa wanita seringkali membeli peralatan makeup berlebihan, mereka membeli tanpa memikirkan biaya serta kegunaannya. Bisa dibilang membeli makeup berlebihan dan tanpa alasan merupakan salah satu contoh tindakan hedonisme apalagi jika ini sudah menjadi sebuah kebiasaan.

ads
  1. Belanja Jam Tangan Mewah

Membeli jam tangan mewah dan bermerek tentu bukan sebuah masalah, namun jika ini menjadi sebuah kebiasaan hingga menjadi sebuah kesenangan demi diri sendiri bisa dibilang ini merupakan salah satu kegiatan hedon. Apalagi jika kebiasaan ini menjadi salah satu kebiasaan wajib yang harus ada dalam jadwal keseharian. Seperti jika seorang membeli jam mewah bermerek dengan harga hingga puluhan bahkan ratusan juta dalam setiap harinya atau dalam sehari membeli lebih dari satu dan ini hanya untuk kesenangan dirinya saja. Inilah hedonisme yang sesungguhnya.

  1. Ke Salon Setiap Hari

Pergi ke salon merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian besar wanita, namun jika seorang wanita pergi ke salon setiap hari hanya untuk menyenangkan dirinya saja ini merupakan sebuah contoh dari hedonisme. Melakukan perawatan mahal tidak hanya karena kecantikan dan bentuk tubuh indah saja tetapi juga demi kenikmatan dan kesenangan.

  1. Memelihara Banyak Hewan

Memiliki hewan peliharaan tentu menjadi sebuah kesenangan tersendiri berbeda dengan Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Sosial Di Masyarakat, selain itu juga dapat mengurangi stress dan terhindar dari kesendirian. Namun, beberapa orang kaya saat ini banyak sekali yang berlomba- lomba menjadikan rumah mereka seperti sebuah kebun binatang mini. Tidak hanya jenis hewan peliharaan saja bahkan hewan buas seperti singa, buaya, ular, harimau, beruang, bahkan serigala mereka jadikan sebagai hewan peliharaan di dalam rumah. Ini semua demi kesenangan semata saja, untuk masalah biaya dan pemeliharaan bahkan mereka rela untuk mengeluarkan banyak uang, dan mereka puas dengan semua itu.

  1. Membeli Barang Demi Kesenangan

Banyak sekali diantara para wanita bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa pria juga memiliki hobi berbelanja. Hobi yang satu ini tampaknya patut untuk di kontrol, jika terlalu berlebihan dapat menjadi salah satu perbuatan hedonisme. Memang ketika berbelanja ada rasa senang bahkan belanja juga bisa menghilangkan stress dalam sekejap, tapi jika berlebihan hanya membeli barang yang nyatanya tidak berguna karena sebuah kesenangan dan kenikmatan saja maka ini sudah menjadi salah satu perbuatan hedonisme.

  1. Belanja Tas Hingga ke Luar Negeri

Tampaknya memiliki tas bermerek apalagi jika belinya di luar negeri merupakan salah satu yang bisa menjunjung tinggi derajat seseorang. Namun ini sudah sangat keterlaluan jika membeli sebuah tas bermerek ke luar negeri dengan biaya sangat mahal hanya karena senang. Dan tanpa disadari tidak hanya membeli satu tas saja, bahkan setiap ada tas dengan merk terkenal dan berharga mahal akan dibeli karena senang sedangkan tidak semua tas yang dibeli dapat digunakan semua. Inilah yang dimaksud dengan kegiatan hedonisme.

Sponsors Link

  1. Membangun Rumah

Memiliki rumah mewah dan megah merupakan salah satu impian banyak orang, banyak sekali orang berlomba membangun rumah mereka dengan baik. Ini hal yang biasa saja tampaknya, namun jika seseorang membangun rumah secara berkala dan selalu merenovasinya dengan menambahkan berbagai macam bagian dan bangunan megah demi kesenangan tanpa mempedulikan biaya dan lingkungan maka ini merupakan salah satu hedonisme.

  1. Mengadakan Pesta

Sebuah pesta seperti ulang tahun maupun pesta pernikahan tentu wajar- wajar saja, namun berbeda jika ada unsur hedonisme di dalamnya. Sebuah pesta mewah dengan berbagai macam dekorasi, makanan, dan minuman mahal dan tidak semua orang bisa menikmatinya merupakan salah satu contoh hedonisme. Dimana pesta ini digelar untuk kepentingan kesenangan dan kenikmatan tanpa memikirkan biaya dan lingkungan sekitar.

  1. Konser Musik

Pergi ke sebuah konser musik tentunya merupakan sebuah hiburan yang seru, namun jika ini mengandung hedonisme akan lebih baik jika dihindari. Ketika anda rela membayar tiket konser musik dengan harga sangat mahal hanya demi kesenangan semata, bahkan melihat konser musik mahal seperti ini sudah menjadi sebuah kebiasaan dan hobi maka ini sudah menjadi sebuah kegiatan hedonisme.

Itulah beberapa contoh hedonisme yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Pastikan anda membaca dengan cermat dan selamat membaca.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Monday 01st, July 2019 / 07:25 Oleh :
Kategori : Sosiologi