Sponsors Link

10 Contoh Good Governance Dalam Sistem Pemerintahan

Sponsors Link

Sebelum mempelajari lebih dalam mengenai good governance hingga contoh good governance itu sendiri anda juga perlu mengetahui apa definisi lengkap dari good governance. Secara umum, good governance memiliki definisi sebagai tata laksana pemerintahan baik dimana sistem pemerintahan diperlakukan melalui organisasi swasta maupun negeri untuk menentukan keputusan.

ads

Adapun istilah good governance sendiri merupakan bahasa inggris serapan dari bahasa latin dengan arti mengendalikan atau memerintah. Dalam bahasa inggris sendiri good governance memiliki penggunaan sebagai salah satu sistem bertujuan untuk memerintah berdasar wewenang. Selain definisi secara umum dan istilah berbeda dengan contoh kontravensi, adapun definisi dari good governance menurut para ahli yang perlu anda ketahui. Definisi- definisi ini tentunya berdasarkan teori- teori dari Good Governance yang sudah ada.

Pengertian Good Governance Menurut Para Ahli

  • World Bank

Menurut world bank atau bang dunia, good governance merupakan sebuah penyelenggaraan manajemen pembangunan solid dan bertanggung jawab terhadap prinsip demokrasi pasar efisien. Good governance ini bertujuan untuk menghindari adanya kesalahan alokasi dan investasi serta pencegahan korupsi secara politik maupun administratif.

  • LAN dan BPKP

Berbeda dengan pengertian sebelumnya berbeda dengan contoh koersif dan persuasif dalam pengendalian sosial, menurut LAN dan BPKP, Good Governance merupakan sebuah proses penyelenggaraan kekuasaan negara dimana good governance menyediakan sebuah pelayanan bagi masyarakat. Good governance ini menuntut adanya sebuah koordinasi baik dan integritas serta professional dalam bekerja agar pemerintah dapat menjadi pemerintah yang baik dan berhasil mewujudkan visi dan misinya serta komitmennya.

  • Bintoro Tjokroamidjojo

Adapun definisi dari good governance menurut seorang ahli bernama Bintoro Tjokroamidjojo yaitu sebagai bentuk manajemen pembangunan. Ini bisa disebut juga sebagai administrasi pembangunan dimana good governance menempatkan perannya sebagai pemerintah sentral dan menjadi salah satu alasan dari adanya perubahan perkembangan masyarakat untuk Negara berkembang.

  • Kashi Nisjar

Menurut Kashi Nisjar, good governance memiliki beberapa unsur penting agar bisa disebut sebagai sebuah pemerintahan yang baik yaitu akuntabilitas, transparansi, keterbukaan, dan aturan hukum. Apabila salah satu dari unsur tersebut tidak ada maka akan banyak terjadi kasus serta penurunan kualitas pemerintahan di suatu negara.

  • Kooiman

Dalam hal ini anda juga bisa melihat contoh teori fungsionalisme dalam kehidupan sehari-hari, Kooiman mengungkapkan bahwa good governance merupakan serangkaian proses interaksi politik antara pemerintah dengan masyarakat dalam berbagai bidang terkait dengan kepentingan- kepentingan masyarakat dalam suatu Negara.

  • B. Kristiadi

Good Governance menurut J.B. Kristiadi yaitu dapat tercapai melalui pengaturan pemerintahan yang tepat melalui dua fungsi. Fungsi pertama yaitu fungsi pasar dan fungsi kedua yaitu fungsi organisasi termasuk organisasi publik. dalam hal ini tentu ada tujuan good governance yaitu tercapainya transaksi dalam negeri dengan biaya lebih rendah demi kesejahteraan masyarakat.

Itulah berbagai definisi dari good governance beserta sedikit penjelasannya, selain itu ada juga definisi dari good governance menurut UNDP. Good governance menurut UNDP merupakan penghubung sinergis dan konstruktif antara Negara, sector swasta dan masyarakat. Dalam hal ini, adapun prinsip- prinsip dari good governance menurut UNDP terkait dengan definisinya yaitu partisipasi, supremasi hukum, transparansi, cepat tanggap, membangun consensus, kesetaraan, efektif, efisien, dan bertanggung jawab. Setelah anda mengerti apa itu definisi dari Good Governance berbeda dengan contoh corporate social responsibility terbesar di Indonesia, adapun kesimpulan dari definisi- definisi di atas.

Sponsors Link

Good Governance sebuah konsep yang mengacu pada sebuah proses pencapaian keputusan dan pelaksanaannya dang dapat dipertanggungjawabkan secara bersama. Good Governance di setiap Negara tentunya berbeda tergantung pada dasar- dasar terbentuknya Negara tersebut. Di Indonesia sendiri, good governance mulai dirintis dengan sungguh- sungguh dan diterapkan secara menyeluruh pada era reformasi dimana pada era reformasi telah terjadi perombakan sistem pemerintahan. Dalam hal ini sistem pemerintahan di Indonesia menuntut demokrasi bersih sehingga menjadikan good governance sebagai salah satu alat reformasi mutlak pada era pemerintahan yang baru.

Contoh- Contoh Good Governance

Setelah anda mempelajari dan mengetahui definisi dari Good Governance anda juga perlu mengetahui contoh- contoh dari Good Governance seperti berikut ini.

  1. Pembuatan Peraturan Harus Bisa Dipertanggungjawabkan

Dalam hal ini contoh dari good governance yang pertama yaitu pemerintah wajib melaporkan dan anda bisa melihat contoh represif dalam pengendalian sosial sehari-hari, menjelaskan dan bertanggung jawab atas dampak keputusannya atas nama masyarakat yang diwakilinya. Untuk itu dalam membuat sebuah keputusan seperti peraturan maupun undang- undang harus dibuat dengan memperhatikan keadaan, serta hal- hal yang akan terjadi jika peraturan maupun undang- undang tersebut diterapkan.

  1. Sistem Pemerintah Maupun Peraturan Harus Diketahui Masyarakat Luas

Ketika sebuah peraturan maupun undang- undang yang diciptakan oleh pemerintah tentunya harus diketahui oleh masyarakat secara luas dan tidak boleh ditutup- tutupi dengan alasan apapun. Oleh karena itu dibutuhkan tindakan khusus agar sebuah peraturan maupun undang- undang dapat diterima dan dimengerti oleh seluruh masyarakat yaitu dengan adanya penyuluhan oleh pemerintah setelah ditetapkannya peraturan maupun undang- undang tersebut.

ads
  1. Pemerintah Harus Taat pada Hukum

Dalam melakukan wewenang dan haknya sebagai pemerintah, untuk mewujudkan good governance maka pemerintah harus memiliki konsistensi terhadap hukum termasuk undang- undang yang berlaku. Jika tidak memiliki konsistensi terhadap hukum yang berlaku maka bisa dikatakan bahwa pemerintah melakukan pelanggaran terhadap hukum dan tidak bisa dikatakan sebagai good governance.

  1. Menyediakan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakatnya

Dalam hal ini, sesuai dengan prinsip good governance maka pemerintah selain menyediakan fasilitas- fasilitas publik juga harus mampu melayani masyarakat dengan baik seperti tidak membeda- bedakan masyarakat untuk memberikan fasilitas maupun pelayanan terhadap status dan fisik mereka. Tidak hanya itu berbeda dengan contoh pengangguran terbuka dan terselubung, untuk menunjang good governance maka pemerintah juga harus bisa melayani seluruh masyarakat secara tepat waktu dan responsive.

  1. Melindungi hak Masyarakat

Contoh Good Governance berikutnya yaitu melindungi hak masyarakat seperti adanya penyediaan fasilitas pengacara hukum gratis bagi masyarakat daerah dimana ini merupakan salah satu bentuk perwujudan untuk mewujudkan Good Governance. Dengan ini pula pemerintah dapat mewujudkan keadaan masyarakat yang sejahtera dan damai.

  1. Memanfaatkan SDM dengan Baik untuk Masyarakat

Dalam hal ini, contoh Good Governance selanjutnya yaitu pemerintah harus bisa memanfaatkan Sumber Daya Manusia untuk mensejahterakan masyarakat seperti adanya perekrutan PNS melalui test dimana ini dapat meminimalisir tingkat pengangguran di masyarakat dan menyediakan lebih banyak pekerja pemerintah yang akan melayani masyarakat dengan baik dalam berbagai bidang.

  1. Memanfaatkan SDA dengan Baik untuk Masyarakat

Tidak hanya itu pemerintah juga harus bisa memanfaatkan Sumber Daya Alam seperti adanya tindak penyuluhan pembuatan bahan makanan ataupun minuman kepada masyarakat agar bisa memulai bisnis mereka.

  1. Menyertakan Masyarakat dalam Mengambil Sebuah Keputusan

Contoh Good Governance berikutnya yaitu pemerintah harus menyertakan masyarakat dalam setiap pengambilan keputusan. Dalam hal ini pemerintah juga harus memberikan kesempatan pada masyarakatnya dan ini juga merupakan salah satu hak masyarakat seperti dalam pemilu. Masyarakat berhak memperoleh informasi serta memberikan  suara mereka untuk melakukan sebuah proses penetapan anggota pemerintah.

  1. Mengurus Standar Kesehatan Masyarakat

Dalam hal ini berbeda dengan contoh sosiologi bersifat non etis dilingkungan masyarakat, untuk mewujudkan Good Governance pemerintah juga perlu mengurus serta menjaga standar kesehatan masyarakat. Contohnya dengan memberikan pelayanan kesehatan melalui klinik, PUSKESMAS, hingga rumah sakit dengan baik dan adanya kartu kesehatan masyarakat untuk meringankan beban masyarakat dalam berobat. Dengan begini masyarakat dapat berobat kapanpun dengan baik dan tingkat kematian karena penyakit pun dapat diturunkan.

  1. Memastikan Masyarakat Selalu Berkembang dalam Hal Teknologi

Tampaknya pemerintah juga harus bisa memastikan agar masyarakatnya tidak gaptek karena seperti yang kita ketahui bahwa setiap waktu teknologi pun semakin berkembang. Dimana dulu orang menggarap sawah hanya bisa menggunakan cangkul maka saat ini sudah bisa menggunakan traktor dan peralatan lainnya. Untuk memastikan dan membuat masyarakat semakin maju dan mengetahui teknologi maka tidak jarang pula pemerintah mengadakan penyuluhan serta pelatihan komputer maupun peralatan teknologi lain bagi masyarakat daerah di pelosok.

Sponsors Link

Itulah contoh- contoh dari good governance yang dapat kami sampaikan, selain itu masih banyak sekali contoh good governance yang bisa kita temui di lingkungan sekitar seperti adanya vaksin gratis di setiap sekolah dasar. Dan seperti yang kita ketahui bahwa vaksin ini wajib dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap penyakit- penyakit kronis pada anak- anak. Tampaknya dalam hal ini pula pemerintah memperhatikan kesehatan masyarakatnya agar terhindar dari berbagai penyakit seperti campak, cacar air, TBC, dan masih banyak lagi.

Sedangkan bagi masyarakat dewasa adapun beberapa fasilitas khusus yang diberikan pemerintah untuk mewujudkan good governance yaitu memberikan pekerjaan non PNS di kantor pemerintah. Dengan ini pula kesejahteraan masyarakat dapat terjaga dan terus meningkat, walaupun begitu tentunya masih juga ada pelanggaran good governance yang banyak dilakukan oleh beberapa anggota badan pemerintah. Diantaranya yaitu KKN, dimana ada sebuah kasus yang melanggar ketentuan serta prinsip dari good governance seperti tindak korupsi besar- besaran yang kerap kali terjadi di Indonesia.

Tentunya ini sangat merugikan tidak hanya negara tetapi juga masyarakat dimana mereka seharusnya bisa menerima hak- hak mereka dengan baik namun, karena adanya tindak korupsi sehingga mereka tidak bisa menerima haknya seperti tidak bisa menerima dana BLT dengan penuh karena adanya korupsi. Semoga informasi mengenai good governance beserta contoh dan penjelasannya di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. jangan lupa untuk mencermatinya ketika anda membaca agar informasi di atas mudah dipahami.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Saturday 02nd, March 2019 / 03:25 Oleh :
Kategori : Pendidikan