Sponsors Link

8 Contoh Gerakan Sosial dalam Perkembangan Kehidupan Masyarakat

Sponsors Link

Dalam berlangsungnya kehidupan masyarakat, pasti tidak akan selalu berlangsung secara damai atau sesuai dengan yang diharapkan. Adanya kebebasan dalam berpendapat juga mendorong individu atau kelompok untuk melakukan gerakan atau tindakan ketika apa yang terjadi tidak sesuai dengan pendapat dan harapan mereka, seperti berbagai bentuk-bentuk gerakan sosial. Dalam perkembangan masyarakat sendiri, banyak sekali gerakan sosial yang dapat ditemui. Apa saja contoh gerakan sosial tersebut? Sebelum membahas mengenai contoh gerakan sosial yang muncul dalam masyarakat, perlu diketahui terlebih dahulu apa yang sebenarnya disebut sebagai suatu gerakan sosial. Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai pengertian gerakan sosial secara umum dan menurut beberapa ahli.

ads

Pengertian Gerakan Sosial

Secara umum gerakan sosial merupakan suatu gerakan atau tindakan yang dilakukan oleh sekelompok orang baik berupa kelompok informal maupun kelompok formal berbentuk suatu organisasi. Kelompok tersebut memiliki jumlah anggota yang besar dan secara spesifik hanya berfokus kepada suatu isu-isu sosial atau politik saja, seperti berbagai macam contoh permasalahan sosial budaya maupun kebijakan pemerintah yang dianggap tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Dimana aktivitas atau kegiatan kelompok yang dilakukan melalui suatu penolakan, pelaksanaan, maupun mengkampanyekan suatu perubahan sosial.

Selain itu, gerakan sosial juga dipahami sebagai suatu upaya atau usaha yang terorganisir dan dilakukan oleh sekelompok orang atau pihak yang menginginkan suatu perubahan terhadap keadaan yang tidak diinginkan. Upaya tersebut juga bertujuan untuk menolak adanya perubahan sosial atau perubahan yang terjadi terhadap aspek-aspek kehidupan masyarakat. Beberapa ahli juga memberikan pengertiannya terhadap gerakan sosial, beberapa diantaranya adalah:

  • Charles Tily

Salah satu ahli yang memberikan pendapatnya adalah Charles Tily, dimana gerakan sosial didefinisikan sebagai suatu rangkaian tindakan yang menunjukkan dan menyampaikan pendapat serta keinginan mereka kepada masyarakat, serta untuk mengajak dan mempengaruhi kelompok lainnya untuk memiliki jalan yang sama. Tindakan tersebut biasanya juga bersifat berkelanjutan. Terlebih lagi, gerakan sosial juga dianggap sebagai suatu kendaraan utama bagi masyarakat untuk dapat ikut atau berpartisipasi dalam urusan dan kegiatan politik.

  • Sidney Tarrow

Sidney Tarrow juga memberikan pendapatnya terhadap pengertian gerakan sosial, menurut Sidney Tarrow gerakan sosial merupakan suatu tantangan bersama bagi para elit politik, penguasa, maupun suatu kelompok kebudayaan tertentu. Dimana tantangan tersebut dilakukan oleh orang-orang atau anggota masyarakat yang memiliki tujuan bersama serta solidaritas yang tinggi dalam suatu proses interaksi sosial atau interaksi politik kepada pihak kelompok lawan atau lawan politik. Selain itu, gerakan sosial juga akan memisahkan diri dari partai politik atau kelompok pembelaan lainnya.

Itulah beberapa pengertian gerakan sosial menurut para ahli, dimana dapat disimpulkan bahwa gerakan sosial merupakan suatu tindakan atau upaya yang dilakukan oleh sekelompok orang yang didasarkan pada ketidaksetujuan atau adanya sikap menentang terhadap suatu perubahan sosial atau juga berbagai kebijakan pemerintah yang dianggap tidak sesuai dengan harapan dan keinginan mereka. Walaupun gerakan sosial terkesan negatif karena menentang suatu perubahan sosial dan kebijakan pemerintah, tetapi macam-macam gerakan sosial sendiri sebenarnya sangat beragam termasuk beberapa diantaranya yang bersifat positif, seperti gerakan reformasi saat suatu negara berusaha untuk merdeka. Lalu apa saja contoh gerakan sosial di dalam perkembangan kehidupan masyarakat yang penuh dengan berbagai perubahan sosial, simak penjelasan berikut ini.

Contoh Gerakan Sosial

Sponsors Link

Gerakan sosial sendiri sebenarnya lahir sebagai suatu kelompok yang terdiri dari individu atau anggota masyarakat yang merasa tidak puas terhadap suatu keadaan atau menolak adanya suatu perubahan sosial disekitarnya. Pada mula kelompok orang tersebut tidak tergabung dalam sebuah organisasi atau tidak terorganisir, oleh sebab itu kelompok tersebut tidak memiliki arah maupun rencana yang jelas.

Namun pada perkembangannya, kelompok tersebut membentuk suatu gerakan-gerakan sosial yang mulai terarah bahkan juga terorganisir dengan baik, terlebih lagi dengan adanya kemajuan teknologi dan komunikasi yang memadai. Tidak sedikit pula beberapa gerakan sosial yang akhirnya mampu membentuk suatu organisasi, baik organisasi permanen maupun organisasi sementara. Kondisi tersebut didukung dengan adanya masa atau anggota yang besar. Walaupun begitu banyak pula gerakan-gerakan sosial yang kemudian langsung menghilang atau bubar setelah aksi atau kegiatannya terlaksananya.

Dari penjelasan-penjelasan diatas, kemudian dapat dilihat dari kehidupan masyarakat sekitar dimana terdapat banyak sekali contoh gerakan-gerakan sosial yang terjadi. Berikut ini beberapa contoh gerakan sosial yang hadir di masyarakat:

  1. Gerakan Perdamaian
ads

Salah satu contoh gerakan sosial adalah adanya gerakan perdamaian, dimana gerakan perdamaian ini sangat penting adanya karena dapat mencegah berbagai macam bentuk-bentuk konflik sosial hadir di masyarakat. Mengingat juga bahwa pada perkembangan zaman yang semakin maju, konflik sosial menjadi sangat mudah hadir, bahkan suatu masalah kecil saja dapat menjadi suatu konflik yang besar. Oleh sebab itu, gerakan perdamaian hadir dengan mengutamakan penyelesaian konflik melalui jalan non-kekerasan. Gerakan perdamaian sendiri tidak hanya bercorak atau dilakukan oleh para elitis saja, seperti para elite agama, ekonomi, politik, dan lain sebagainya, namun juga menyangkut para anggota masyarakat secara keseluruhan. Sebagai contoh seperti gerakan perdamaian melalui seni dan budaya, yang mana gerakan ini juga dapat mempererat solidaritas serta hubungan antar negara.

  1. Gerakan Feminis

Gerakan feminis juga merupakan salah satu contoh gerakan sosial, dimana gerakan feminis ini pertama kali muncul pada sekitar abas ke-18 dan berakhir pada abad ke-20 setelah tujuan dari gerakan ini sendiri telah hampir keseluruhan tercapai. Gerakan feminis merupakan suatu gerakan yang dilakukan oleh para aktivis perempuan berupa suatu gerakan pemikiran yang menuntut adanya emansipasi atau kesetaraan terhadap hak-hak perempuan dengan laki-laki. Gerakan feminis hampir dilakukan atau hadir diseluruh negara atau seluruh penjuru dunia. Dari adanya gerakan feminis inilah, para kaum wanita atau kaum perempuan sekarang memiliki hak yang sama dengan laki-laki, seperti dapat bersekolah, dapat bekerja, bahkan tidak sedikit pula perempuan yang mampu menjadi seorang pemimpin.

  1. Gerakan Serikat Buruh

Contoh gerakan sosial selanjutnya adalah gerakan serikat burut, dimana gerakan serikat buruh ini merupakan suatu istilah yang digunakan secara luas dan mengarah terhadap suatu dinamika organisasi kolektif yang terdiri atau beranggotakan para pekerja atau buruh. Gerakan sosial ini bertujuan untuk menuntut perbaikan nasib para pekerja atau buruh terhadap majikan, pengusaha, maupun kebijakan-kebijakan pemerintah mengenai perburuhan yang diharapkan akan menjadi lebih pro buruh dan lebih adil. Di Indonesia sendiri juga ada gerakan sosial ini yang bernama gerakan serikat buruh Indonesia.

  1. Gerakan Hijau

Gerakan hijau merupakan suatu gerakan sosial melalui adanya strategi bisnis, desain produk, dan gaya hidup untuk mencapai suatu kondisi hijau dalam kehidupan masyarakat. Selain itu, gerakan hijau juga menganjurkan serangkaian atau berbagai macam hukum ekologi dan menjalankan suatu kehidupan masyarakat, yang artinya bahwa segala hal atau aspek kehidupan masyarakat harus didasarkan pada hukum ekologi.

  1. Gerakan Hak Sipil Amerika

Hampir sama dengan gerakan serikat buruh, di Amerika sendiri juga pernah ada gerakan sosial bernama Gerakan Hak Sipil Amerika. Dimana gerakan tersebut menuntut secara penuh hak-hak sipil dan persamaan semua warga Amerika dibawah atau di mata hukum. Gerakan sosial ini merupakan salah satu contoh gerakan sosial yang sangat luas, hingga mencangkup hampir seluruh unsur-unsur baik itu unsur radikal maupun unsur reformis.

  1. Gerakan Inovasi
Sponsors Link

Contoh gerakan sosial lainnya adalah gerakan inovasi, dimana gerakan ini memperjuangkan atau bertujuan untuk mengaktifkan segala bentuk norma dan nilai tertentu didalam masyarakat. Seperti yang telah diketahui bahwa peran nilai dan norma dalam proses sosialisasi adalah penting adanya, sehingga berlakunya suatu nilai dan norma dalam masyarakat secara aktif juga sangat penting demi kelangsungan hidup masyarakat. Oleh sebab itu gerakan inovasi muncul untuk mendorong keaktifan nilai dan norma dalam masyarakat.

  1. Gerakan Anti Abad ke-19

Gerakan sosial yang satu ini merupakan suatu gerakan modern yang menentang adanya penyebaran makanan transgenik, dimana gerakan ini merupakan salah satu contoh dari gerakan konservatif dalam. Gerakan sosial ini memiliki tujuan untuk melawan adanya suatu perubahan teknologi secara lebih spesifik yang dilakukan melalui berbagai macam cara yang lebih bersifat progresif, sehingga gerakan ini hanya penuh dengan adanya sikap anti-perubahan. Sebagai contoh seperti adanya sifat anti-imigrasi. Walaupun begitu, namun hasil yang diterima oleh gerakan ini tidak pernah didapatkan, hanya saja gerakan sosial ini memiliki sifat bertahan atau akan ada secara berkelanjutan atau terus-menerus.

  1. Gerakan Pembangunan Rumah Kolektif

Contoh gerakan sosial yang satu ini merupakan salah satu contoh gerakan sosial utopia atau gerakan komunal, yaitu gerakan pembangunan rumah kolektif. Gerakan ini juga dikenal sebagai suatu komune atau communes. Kehidupan anggota masyarakat didalamnya biasanya didasarkan pada prinsip kesamaan atau equality, dimana kondisi tersebut berarti bahwa orang-orang yang akan tinggal bersama dalam satu lingkungan perumahan akan berbagi sumberdaya dan kesempatan kerja secara merata dan adil.

Itulah beberapa contoh gerakan sosial yang hadir didalam kehidupan masyarakat, dimana sebenarnya masih banyak sekali contoh gerakan sosial yang ada jika didasarkan bada bentuk atau macam gerakan sosial itu sendiri. Seperti gerakan protes, gerakan reformasi, gerakan revolusioner, dan lain sebagainya. Demikian penjelasan mengenai contoh gerakan sosial, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 12th, May 2018 / 03:45 Oleh :
Kategori : Sosiologi