Sponsors Link

7 Contoh Fasisme Dalam Kehidupan Ideologi Negara di Dunia

Sponsors Link

Fasisme sebagai ideologi bangsa telah dianut oleh beberapa negara pada masa lalu. Namun lebih jauh lagi fasisme juga dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang-orang yang merasa dirinya lebih baik dari orang lain dan berhak melakukan apapun terhadap orang yang dia anggap lebih rendah kedudukannya. Walau tidak disadari salah satu ciri fasisme adalah narsis.

ads

Contoh Fasisme sebagai ideologi bangsa

Nah jaman sekarang pasti anda tahu bahwa banyak sekali orang yang narsis. Apalagi jika itu menyangkut posting suatu kegiatan atau barang mahal kemudian dibagikan di media sosial agar orang-orang tahu bahwa si narsis ini melakukan ini dan itu. Agar lebih paham apa itu fasisme dan negara mana sajakah yang menganut paham ini, serta pengaruh paham fasisme pada kehidupan sehari-hari, mari kita lihat contoh Fasisme dibawah ini:

1. Jerman mengalami keterpurukan ekonomi dan infrastruktur setelah mengalami perang dunia ke I

Pada saat inilah muncul Adolf Hitler mendirikan Partai Nazi atau National Sozialistice Deutsche Albelter Partai dengan tujuan memperbaiki harga diri bangsa Jerman. Untuk membangkitkan bangsa Jerman dari keterpurukan ini, Hitler mendoktrin beberapa hal diantaranya adalah Ras Arya adalah ras paling tinggi. Jerman adalah bangsa besar sehingga memerlukan daerah jajahan, memperkuat angkatan bersenjata, menekankan bahwa kepentingan contoh lingkungan sosial adalah diatas segala-galanya.

2. Italia merupakan negara yang mengalami kemengangan pada masa perang dunia ke I

Namun bukannya jaya malah perekonomian dan situasi sarana sosialisasi politik mereka menjadi tidak stabil. Dan pada tahun 1919 munculah Partai Fasis atau Fascio de combbattimento, yang didirikan oleh Benito Amilcare Andre Mussolini. Ketika Mussolini terpilih menjadi perdana mentri, upaya yang dia lakukan adalah menyingkirkan lawan politiknya, memperkuat angkatan bersenjatanya, memperluas wilayah hingga Libia, Ethiopia, Albania dll.

3. Jepang mempropagandakan Cahaya Pelindung

Jepang adalah negara di Asia yang menganut paham fasis dibawah kepempinan Kaisar Hirohito Jepang melakukan ekspansi besar-besaran dengan mempropagandakan bahwa Jepang adalah pemimpin, cahaya dan pelindung bagi negara-negara di Asia. Dengan menganut paham Bushido atau jalan ksatria, seluruh bangsa diwajibkan untuk berani mati demi negara dan sejarah kerajaan kediri.

Contoh Fasisme dalam kehidupan

Di Indonesia pernah berdiri sebuah partai bernama Partai Fascist Indonesia (PFI). Didirikan oleh Dr. Notonindito di Bandung pada Agustus 1933, partai ini mempunyai tujuan mengulang sejarah kejayaan kerajaan Indonesia ada jenis-jenis manusia purba pada jaman sebelum Majapahit dan Sriwijaya dimasa itu.

  1. Fanatisme berlebihan di dunia sepak bola, yang sering berujung dengan bentrok fisik dan bahkan berujung kematian.
  2. Fanatisme kedaerahan yang berlebihan, menganggap sukunya paling unggul dibanding suku lainnya.
  3. Fanatisme pada diri sendiri, membuat pelaku menghalalkan segala cara agar kepuasan dirinya terpenuhi walaupun harus melakukan tindakan kriminal.
  4. Fanatisme pada suatu kelompok tertentu, seperti misalnya gank motor. Para anggotanya akan melakukan hal apapun yang diperintahkan walau itu melanggar hukum.

Demikian contoh Fasisme sebagai ideologi bangsa, dalam dunia contoh sosiologi politik dan juga dalam kehidupan sehari-hari. Fanatik yang berlebihan sebagai bentuk lain dari fasisme akan membawa dampak buruk bagi diri kita dan lingkungan di sekitar kita.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 25th, October 2018 / 02:53 Oleh :
Kategori : Pendidikan