Sponsors Link

14 Contoh Enacted Institutions Dalam Lembaga Pendidikan, Perdagangan dan Hukum

Sponsors Link

Ketika unsur-unsur lapisan masyarakat membuat pola sosial dalam kehidupan masyarakat maka masyarakat tersebut akan memerlukan lembaga sosial sebagai upaya manusia memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti telah dibahas sebelumnya, lembaga sosial terdiri dari 5 jenis yaitu:

ads
  • Ditinjau berdasarkan fungsinya
  • Ditinjau berdasarkan perkembangannya
  • Ditinjau berdasarkan nilainya
  • Ditinjau berdasarkan penyebaranya
  • Ditinjau berdasarkan penerimaan masyarakat

Saat ini kita akan membahas lembaga sosial yang ditinjau berdasarkan perkembangannya, dimana tipe ini terbagi menjadi dua yaitu contoh crescive institutions. Masing-masing mempunyai fungsi yang penting dalam menunjang interaksi sosial individu dengan individu dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan menggali lebih jauh contoh enacted institutions, yaitu lembaga sosial yang sengaja dibentuk untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sejak awal. Mari kita bahas satu persatu:

Contoh Enacted Institutions – Lembaga Pendidikan

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB), sebuah perguruan tinggi negeri di Bandung yang bertujuan mendidik anak bangsa untuk menjadi seorang ahli di berbagai bidang teknik.
  2. Institut Kesenian Jakarta (IKJ), sebuah perguruan tinggi negeri di Jakarta yang bertujuan mendidik mahasiswanya yang berbakat dibidang seni seperti akting, teater, penyutradaraan dan sebagainya.
  3. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sebuah lembaga pendidikan yang banyak berdiri didaerah perumahan bertujuan memberikan pendidikan dasar pada anak-anak balita, terutama bagi yang orang tuanya bekerja.
  4. Kursus komputer, sebuah lembaga pendidikan swasta yang khusus didirikan untuk memberikan pelatihan hanya tentang komputer baik itu hardware atau software.
  5. SD, SMP dan SMA adalah lembaga pendidikan yang wajib diikuti oleh seluruh warga Indonesia.

Contoh Enacted Institutions – Lembaga Perdagangan

  1. Pabrik tekstil didirikan untuk mengolah kapas hingga menjadi kain, kemudian dijual secara lokal atau di ekspor ke manca negera dengan tujuan mendapatkan keuntungan.
  2. Mall didirikan untuk memberikan tempat kepada para pedagang atau agen resmi dari merk internasional tertentu untuk menjual dagangannya.
  3. Perbankan didirikan untuk melayani nasabahnya dalam mengelola keuangan, perbankan akan mendapatkan keuntungan dari biaya yang harus dikeluarkan nasabahnya sebagai kompensasi atas jasa yang diberikan perbankan.
  4. Banyak start up bermunculan di Indonesia saat ini sebagai salah satu dampak globalisasi. Start up ini menjadi wadah bagi para penjual on line yang harus membayar atas lapak yang mereka gunakan di start up tersebut.

Contoh Enacted Institutions – Lembaga Hukum

  1. Badan Arbritase Nasional Indonesia (BANI) adalah lembaga hukum yang dibentuk oleh pemerintah dengan tujuan untuk menegakkan hukum dalam menyelesaikan sengketa di sektor perdagangan, industri dan keuangan.
  2. Lembaga Bantuan Hukum Pers adalah lembaga hukum yang membantu permasalahan hukum bagi wartawan dan perusahaan pers terkait dengan pemberitaan.
  3. Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) didirikan oleh para pengacara pada tahun 1969 adalah lembaga bantuan hukum bagi orang-orang tidak mampu yang terlibat dalam contoh pertikaian individu.
  4. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) adalah lembaga bantuan hukum yang membantu konsumen dalam mendapatkan haknya. Berbagai macam pengaduan konsumen telah dijembatani oleh YLKI, sehingga konsumen mendapatkan haknya secara adil.
  5. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dibentuk untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak dan mengawasi juga anak-anak agar mendapatkan haknya. KPAI juga bisa menjadi mediasi sengketa anak atau sengketa antara orang tua dan anak.

Itulah 3 contoh enacted institution yang ada di Indonesia. Lembaga-lembaga sosial ini sangat diperlukan oleh masyarakat untuk menunjang kehidupan sosialnya sehari-hari.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 21st, August 2018 / 03:59 Oleh :
Kategori : Sosiologi