Sponsors Link

6 Contoh Disintegrasi Budaya Dibidang Teknologi dan Wilayah Desa

Sponsors Link

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, macam-macam fenomena budaya artinya akal; budi; adat istiadat. Sedangkan disintegrasi artinya keadaan tidak bersatu padu; keadaan terpecah belah; hilangnya keutuhan atau persatuan; perpecahan. Jadi cara mengatasi disintegrasi sosial budaya bisa diartikan sebagai Keadaan tidak bersatu padunya adat istiadat. Atau lebih luasnya adalah keadaan dimana sebuah kelompok masyarakat tidak bisa bersatu atau menyesuaikan diri dengan kemajuan (akal) yang berkembang pada saat ini.

ads

Apalagi di jaman globalisasi ini, dimana semua kehidupan bangsa dan bernegara semua mengacu kepada dunia. Jika kita diam saja tidak ikut serta dalam kemajuan dunia, maka bisa dipastikan bangsa dan negara ini lama-lama akan ketinggalan dan hancur. Oleh karena itu diharapakan semua semua lapisan masyarakat sebagai pelaku budaya untuk terus beradaptasi dengan perkembangan jaman namun tetap memelihara kearifan lokal sebagai kekayaan budaya.

Berikut contoh disintegrasi budaya:

Contoh disintegarsi budaya bidang teknologi

  1. Handphone adalah teknologi budaya terkini, yang semakin hari semakin banyak fiturnya dengan tujuan memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Bagi orang yang enggan mempunyai handphone maka dapat dipastikan akan ketinggalan berita terkini, karena susah dihubungi. Jika hal ini terjadi pada pebisnis, bisa jadi dia akan kehilangan peluang bisnis yang sedang ditunggu-tunggunya.
  2. Internet juga merupakan teknologi budaya terkini yang tidak boleh diabaikan. Dengan internet kita bisa mengetahui apa saja dengan hanya tinggal klik. Bagi orang yang tidak mau menggunakan internet, maka dipastikan dia akan ketinggalan jauh dari orang-orang disekitarnya. Jika dia pebisnis, dia akan kalah oleh saingannya yang menggunakan internet sebagai tempat berbisnis dan referensi untuk berbagai macam hal mengenai bisnisnya.
  3. Keberadaan media sosial juga tidak bisa diabaikan. Jika orang itu pandai memanfaatkan contoh media sosialisasi keluarga, maka akan bisa menjadi lahan bisnis yang bagus. Namun bagi orang yang anti media sosial, maka bisnisnya akan jalan ditempat dan tidak bisa go nasional apalagi internasional.

Contoh disintegrasi budaya di desa

  1. Petani menggunakan kerbau sebagai alat untuk membajak sawah. Seiring berjalannya waktu, kerbau tidak digunakan lagi karena tidak efisien. Selain harganya mahal, juga biaya pemeliharaannya cukup tinggi. Bagi petani yang tetap ingin menggunakan kerbau, maka dapat dipastikan ongkos produksinya akan tinggi dan harga jual gabahnyapun akan tinggi pula.
  2. Jaman sekarang pabrik heler merupakan kebutuhan bagi para petani, bahkan sekarang ada pabrik heler berjalan sehingga petani hanya tinggal menunggu di sawah untuk mengheler padinya. Bagi para petani yang enggan menggunakan jasa heler, maka harus menggunakan tenaga manusia. Tenaga manusia selain mahal juga daya kerjanya tidak stabil, tentu hal ini akan merugian petani.
  3. Bagi para petani cerdas, keberadaan internet dijadikan sebagai sarana untuk menimba ilmu, sehingga dia akan menerapkan teknologi terbaru pada garapnnya dan hasil tanamnyapun akan melimpah. Lain halnya dengan petani yang tidak pernah menggunakan internet untuk menimba ilmu, maka dia akan bertani dengan cara lama yang hasilnyapun tentu tidak akan maksimal.

Itulah contoh disintegrasi budaya yang bisa dijadikan teladan. Asal kita bisa memilah dan memilih tentu perkembangan contoh intergrasi kebudayaan akan membantu kehidupan kita menuju kearah yang lebih baik.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 17th, September 2018 / 04:48 Oleh :
Kategori : Antropologi