Sponsors Link

6 Contoh Dinamika Penduduk Berdasarkan Faktor Pendorong

Sponsors Link

Kata dinamika dalam kamus besar bahasa indonesia memiliki makna kelompok, pembangunan dan sosial. Namun inti dari ketiga kata tersebut adalah perubahan yang dilakukan oleh masryarakat dengan bermula dari gerakan. Dinamika penduduk memiliki makna suatu keadaan perubahan penduduk atau dapat juga diartikan sebagai perubahan jumlah penduduk. Perubahan tentu disebabkan oleh adanya faktor faktor tertentu yang mempengaruhi kondisi penduduk indonesia atau dinamakan faktor penyebab dinamika penduduk.

ads

Dinamika Penduduk dalam Contohnya

Faktor yang Mempengaruhi Dinamika Penduduk terbagi menjadi beberapa diantaranya adalah angka kelahiran, angak kematian dan migrasi penduduk. Ketiga hal tersebut berpengaruh pada jumlah penduduk suatu daerah. berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai faktor penyebab disertai contoh dinamika penduduk.

  • Kelahiran

Angka kelahiran atau fertilitas menjadi salah satu faktor dinamika penduduk. Angka kelahiran diukur dari jumlah anak yang lahir pada daerah tertentu dalam satu rentan waktu. Angka kelahiran dapat diukur menggunakan dua cara yaitu angka kelahiran kasar dan angka kelahiran menurut umur. Angka kelahiran kasar atau yang juga disebut dengan crude birth rade dapat diukur dengan membandingkan per 1000 orang. Angka kelahiran kasar akan dihitung dalam rentan waktu satu tahun. Rumus untuk menghitung angka kelahiran kasar adalah angka kelahiran bagi jumlah penduduk dikalikan 1000.

Sedangkan perhitungan angka kelahiran menurut umur diukur berdasarkan umur dan juga jenis kelamin. Angka kelahiran berdasarkan umur biasanya digunakan untuk mengukur jumlah kelahiran berdasarkan kelompok tertentu. Rumus yang digunakan juga sama hanya saja yang dijadikan objek adalah kelompok yang hendak dihitung jumlah kelahirannya. Ada juga ketentuan untuk menilai apakah angka kelahiran tersebut tergolong tinggi atau rendah yaitu kelahiran lebih dari 40 terhitung tinggi, berada diantara 30 dan 40 terhitung sedang sedangkan angka kelahiran kurang dari 30 tergolong rendah. Angka kelahiran dipengaruhi oleh Faktor Pendorong Kelahiran.

Contoh dinamika penduduk yang disebabkan oleh faktor kelahiran adalah

  1. Angka kelahiran kabupaten Kudus pada tahun 2010. Berdasarkan data dari badan pusat statistik pada tahun 2010, angka kelahiran bayi di kabupaten Kudus adalah 9847 jiwa dengan total penduduk 779076 jiwa.
  2. Maka persentase angka kelahiran kasar adalah 9847 dibagi 779076 mendapatkan hasil 12.6 persen angka kelahiran. Dengan begitu dinamika penduduk di kabupaten Kudus bertambah sebesar 12.6 persen.
  • Kematian

Kematian atau mortalitas juga menjadi salah satu penyebab dinamika penduduk. Seperti layaknya pepatah yang mengatakan ada yang datang dan ada yang pergi. Apabila angka kelahiran akan menunjang kenaikan dinamika penduduk maka angka kematian berlaku sebaliknya.  Jumlah angka kematian akan membuat penuruan dinamika penduduk. Angka kematian terbagi menjadi angka kematian kasar yang diukur secara total atau keseluruhan dan angka kematian khusus yang diukur berdasarkan faktor tertentu seperti umur, jenis kelamin atau pengelompokan lainnya.

Ada beberapa hal yang menjadi faktor meningkatnya angka kematian di suatu daerah. Salah satunya yang juga sebagai Masalah Negara Berkembang yaitu tingkat pengangguran yang tinggi. Tingginya tingkat pengangguran membuat orang sulit untuk melangsungkan kehidupan selain itu juga berpengaruh pada masalah sosial lainnya seperti kelaparan. Masalah masalah sosial tersebut membawa dampak pada angka kematian yang bisa saja akan meningkat seiring berjalannya waktu. Selain itu juga bisa disebabkan oleh faktor bencana alam di indonesia misalnya tsunami.

Sponsors Link

Cara mengukur jumlah angka kematian dihitung dengan standar 20 orang. Apabila sudah lebih dari 20 orang maka angka kematian dikategorikan tinggi. Sedangkan ketika berada dibawah 10 maka dikategorikan rendah. Berikut ini adalah contoh dinamika penduduk berdasarkan angka kematian. Angka kematian masyarakat kabupaten Kudus pada tahun 2014 adalah 5705 dengan jumlah penduduk 821109 maka presentase jumlah kematian sekitar 6.95 persen.

Contoh dinamika penduduk lainnya adalah kematian akibat dari tragedi tsunami:

  1. Tsunami yang melanda Aceh menyisakan 170000 orang yang tewas dari jumlah penduduk yang terkena tsunami 3000000. Hal ini berarti termasuk dalam hitungan angka kematian khusus.
  2. Persentase jumlah kematian akibat tsunami adalah 56.67 persen. hal ini menunjukan penurunan dinamika penduduk yang cukup signifikan.
  • Migrasi
Sponsors Link

Migrasi merupakan perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain. Migrasi bersifat permanen dalam artian seseorang yang akan melakukan migrasi maka ia berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk menetap. Migrasi dapat terjadi antara satu kota ke kota lain atau antar negara yang disebut sebagai migrasi internasional. Dalam migrasi terdapat istilah imigrasi yang bisa meningkatkan jumlah penduduk dan emigrasi yang dapat mengurangi jumlah penduduk. Namun persamaan antara imigrasi dan emigrasi adalah sama sama berpengaruh pada dinamika penduduk.

Migrasi terjadi akibat dari faktor ekonomi, sosial, politik atau faktor alam. Migrasi juga dapat terjadi akibat dari dampak kepadatan penduduk. Faktor ekonomi misalnya berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mendapatkan pekerjaan atau penghasilan yang lebih baik. Faktor sosial misalnya tidak sesuai dengan lingkungan masyarakat. Faktor politik contohnya adalah melakukan perpindahan karena ada dorongon politik misalnya dari kepala daerah atau dipindahkan dari instansi tertentu. Terakhir adalah faktor alam misalnya melakukan perpindahan karena daerah sebelumnya memiliki alam yang rawan bencana.

Contoh dinamika penduduk dari hasil migrasi diantaranya adalah:

  1. Pak Kuswanto memiliki 9 orang anak dan satu orang istri, Pak kuswanto dipindah tugaskan dari Yogyakarta ke Jakarta.
  2. Hal ini berarti Pak Kuswanto dan keluarga dengan jumlah total 11 orang akan pindah ke Jakarta. Secara otomatis penduduk Jakarta akan bertambah sebanyak 11 orang dan dinamika penduduk pun terjadi.

Itulah beberapa ulasan tentang adanya beberapa contoh pada dinamika penduduk yang bisa anda ketahui berdasarkan adanya faktor pendorong dan penyebab lainnya.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 23rd, June 2018 / 09:28 Oleh :
Kategori : Sosiologi