Sponsors Link

5 Contoh Dinamika Kelompok Sosial dalam Masyarakat di Indonesia

Sponsors Link

Dinamika merupakan pertanda adanya suatu perubahan. Dinamika sosial dapat diartikan sebagai perubahan, baik berupa perubahan kecil maupun perubahan besar yang memberikan pengaruh dalam kehidupan sosial masyarakat. Dinamika sosial berbicara mengenai kehidupan sosial dalam lingkungan yang terbatas. 

ads

Menurut Nancy Brandon Tuma, dinamika sosial merupakan perubahan yang terjadi secara reguler dalam kelompok sosial. Sedangkan Soerjono Soekanto mengatakan bahwa dinamika sosial merupakan perubahan dalam masyarakat yang mengalami suatu permasalahan.

Contoh Dinamika Kelompok Sosial

Hal ini dapat menyebabkan adanya ketidakteraturan dalam kehidupan sosial masyarakat. Menurut Shertzer dan Stone, dinamika sosial merupakan tindakan yang dilakukan untuk suatu tujuan tertentu tanpa memahami tujuannya, sehingga dilakukan berbagai cara yang memungkinkan, bahkan dapat membenarkan apa yang sebenarnya salah. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh dinamika sosial dalam interaksi sosial adanya perubahan atas keteraturan yang telah ada. Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa contoh dinamika penduduk dalam masyarakat.

1. Berubahnya Jumlah Penduduk

Umumnya, perubahan jumlah penduduk yang terjadi adalah bertumbuhnya jumlah penduduk. Hal ini karena jumlah kelahiran yang meningkat, dan setiap keluarga bisa memiliki anak lebih dari satu. Fenomena ini terjadi hampir di seluruh tempat di seluruh dunia. Hanya di beberapa negara saja yang terjadi berkurangnya jumlah penduduk akibat rendahnya jumlah kelahiran. Perubahan jumlah penduduk secara global memang dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu adanya kelahiran dan adanya kematian.

Adanya kelahiran tentu dapat menyebabkan bertambahnya jumlah penduduk. Angka kelahiran biasanya dihitung berdasarkan jumlah bayi yang lahir di suatu daerah dalam periode waktu tertentu. Faktor pendorong kelahiran diantaranya sifat manusia yang secara alami menginginkan adanya keturunan, pernikahan di usia muda, adanya anggapan bahwa memiliki anak berarti akan mendapat banyak rejeki, serta rendahnya tingkat pendidikan. Sedangkan faktor-faktor yang dapat menghambat adanya kelahiran yaitu adanya program Keluarga Berencana (KB), adanya undang-undang yang membatasi usia pernikahan, tingkat pendidikan yang tinggi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin banyak wanita karir, keadaan ekonomi keluarga, serta adanya rasa malu apabila memiliki anak terlalu banyak.

Berbanding terbalik dengan adanya kelahiran, adanya kematian justru menyebabkan berkurangnya jumlah penduduk. Di negara berkembang, umumnya angka harapan hidup lebih rendah dibandingkan di negara yang lebih maju. Hal ini disebabkan sulitnya untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar, dan kesulitan akses akan fasilitas kebersihan dan kesehatan yang memadai. Faktor lain yang mempengaruhi tingginya angka kematian yaitu faktor alami berupa bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, dan lain-lain. Meskipun adanya angka kematian, setiap tahun jumlah penduduk dunia selalu meningkat. Bertambahnya jumlah penduduk dapat menyebabkan terjadinya berbagai kejadian dan permasalahan. Urbanisasi, kemiskinan, dan kekurangan bahan pangan merupakan salah satu kemungkinan yang dapat terjadi.

2. Inovasi sosial

Ciri-ciri inovasi sosial merupakan cara-cara inovatif yang digunakan untuk mengatasi permasalahan sosial. Inovasi dapat berarti setiap ide dan gagasan baru yang belum pernah digunakan sebelumnya. Munculnya inovasi sosial diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang ada serta dapat membawa perubahan sosial ke arah yang lebih baik.

Sponsors Link

Contoh-contoh dari inovasi sosial yang membawa perubahan ke arah positif di dunia diantaranya berkembangnya internet yang memungkinkan manusia melakukan distance learning, yaitu pembelajaran tanpa perlu adanya tatap muka. Hal ini mempermudah manusia untuk belajar tidak terbatas oleh tempat dan waktu sehingga dapat lebih banyak menghasilkan manusia yang cerdas. Contoh berikutnya yaitu organisasi Hak Asasi manusia (HAM). Jaman sekarang, banyak orang yang lebih sadar akan pentingnya hak asasi sehingga hal ini mengurangi adanya diskriminasi.

3. Migrasi

Migrasi merupakan perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain. Akibat dari adanya migrasi yaitu bertambah atau berkurangnya jumlah penduduk di suatu daerah tertentu. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada dinamika kelompok sosial dalam masyarakat. Faktor-faktor penyebab migrasi diantaranya faktor ekonomi, faktor sosial, faktor politik, ataupun faktor alam.

4. Segregasi Sosial

Sponsors Link

Segregasi sosial merupakan proses pemisahan anggota masyarakat menjadi terkotak-kotak atas suatu persamaan atau perbedaan tertentu. Segregasi ini dapat disebabkan karena adanya hukum atau tradisi yang berlaku. Terkadang proses segregasi ini ada yang disengajai, dan ada pula yang secara alamiah terjadi. Contoh disintegrasi bangsa yang disengaja adalah suku-suku yang ada di Indonesia, yang terkadang hanya mengizinkan pernikahan sesama anggota. Contoh proses yang terjadi tidak secara aturan ataupun adat misalnya pernikahan sesama keluarga yang kaya.

Faktor-faktor penyebab segregasi sosial diantaranya perbedaan suku, perbedaan pekerjaan, perbedaan tingkat ekonomi, watak, demografi, dan lain sebagainya. Adanya segregasi sosial yang terlalu tinggi terkadang menimbulkan dampak yang negatif. Misalnya terjadi perbedaan perlakuan, perbedaan hak yang seharusnya diterima, bahkan dapat juga menyebabkan adanya diskriminasi dan kekerasan terhadap manusia di luar lingkaran sosialnya. Salah satu contoh segregasi sosial yang paling terkenal yaitu politik Apartheid di Afrika Selatan.

Kebalikan dari segregasi sosial yaitu proses integrasi sosial. Pada dasarnya manusia diciptakan sama dan setara. Adanya rasa saling percaya, kesadaran akan kesamaan sesama manusia, serta komitmen untuk hidup bersama dengan satu tujuan yang sama dapat mengatasi permasalahan segregasi sosial, dan memicu terjadinya integrasi sosial. Demikian penjelasan mengenai contoh dinamika kelompok sosial dalam masyarakat. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Saturday 01st, September 2018 / 06:45 Oleh :
Kategori : Sosiologi