Sponsors Link

4 Contoh Diferensiasi Profesi Yang Kerap Terjadi Di Indonesia

Sponsors Link

Bekerja adalah kegiatan manusia memperoleh uang untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya dan Diferensiasi profesi yaitu pengelompokan manusia yang berlandaskan pekerjaan atau profesi. Profesi yang bervariasi akan menimbulkan perilaku sosial yang berbeda-beda dan profesi juga akan berpengaruh terhadap peran masyarakat di lingkungan. Namun perbedaan profesi juga seringkali menimbulkan berbagai macam konflik sosial dan menghasilkan permasalahan yang kompleks. Ada banyak sekali contoh diferensiasi profesi yang sering ditemukan di masyarakat dan semua diferensiasi memiliki hal-hal pembeda. Berikut ini adalah contoh diferensiasi profesi:

ads

1. Tentara dan Guru

Tentara adalah suatu pekerjaan untuk menjaga kedaulatan negara republik Indonesia dan tentara memiliki disiplin tinggi untuk mencegah berbagai konflik yang bisa saja timbul. Sedangkan seorang guru memiliki peranan penting untuk memberikan pengajaran kepada anak didiknya, hal ini dilakukan untuk memberikan pemerataan pendidikan pada seluruh siswa. Hal ini menjadi salah satu contoh diferensiasi sosial yang ditemukan di Indonesia dan keduanya memang memiliki fungsi yang berbeda, namun memiliki peranan yang sama pentingnya bagi negara. Keduanya sangat memiliki pengaruh yang besar di lingkungan masyarakat. Dalam proses terjadinya interaksi sosial, keduanya memiliki cara yang sangat berbeda.

2. Petani dan Nelayan

Petani adalah salah satu profesi yang sangat dibutuhkan di Indonesia dan petani menjadi penghasil makanan pokok di Indonesia yaitu beras. Kini profesi sebagai petani mulai banyak ditinggalkan oleh anak muda, karena banyak yang berpendapat bahwa bertani adalah profesi yang sangat melelahkan dan seringkali dianggap rendah. Nelayan adalah sebutan untuk para penangkap ikan di laut dan berbagai jenis ikan yang dihasilkan dibutuhkan masyarakat. Keduanya menjadi ciri-ciri diferensiasi sosial yang terjadi di masyarakat dan keduanya memiliki tugas yang berbeda, namun kerja keduanya saling melengkapi.

3. Polisi dan Hansip

Polisi adalah salah satu profesi yang banyak di idamkan para pemuda di Indonesia dan polisi memiliki tugas untuk menjaga stabilitas keamanan di negara. Hansip adalah salah satu profesi yang banyak ditinggalkan oleh para anak muda, karena tidak memiliki penghasilan yang stabil tiap bulannya dan hansip memiliki tugas untuk menjaga keamanan di suatu daerah atau perkampungan. Polisi dan hansip menjadi salah satu jenis diferensiasi sosial yang terjadi di Indonesia. Keduanya memang memiliki jenis profesi yang berbeda, namun memiliki peranan yang penting di masyarakat dan keduanya menjadi pelopor keamanan di Indonesia.

4. Pesepak Bola dan Pebulutangkis

Pesepak bola adalah salah satu profesi yang kini sangat berkembang di Indonesia dan kini banyak sekali pemain bola asal Indonesia yang bermain di luar negeri. Sedangkan pebulu tangkis adalah profesi yang memiliki gaji lumayan tinggi dan Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak pemain bulu tangkis hebat. Kedua profesi ini memiliki proses interaksi sosial yang berbeda dan memiliki cara berjuang yang berbeda, namun tujuannya sama untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah olahraga dunia. Bulu tangkis paling banyak diperjuangkan oleh 2 orang sedangkan sepakbola adalah permainan tim yang membutuhkan 11 orang.

Demikian ulasan lengkap mengenai contoh diferensiasi profesi dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Monday 17th, June 2019 / 01:46 Oleh :
Kategori : Sosiologi