Sponsors Link

5 Contoh Diferensiasi Etnis yang Terjadi Di Indonesia

Sponsors Link

Diferensiasi Etnis adalah pengelompokkan manusia yang didasarkan pada perbedaan suku atau etnis dan biasanya penggolonggan ini didasarkan pada garis keturunan. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki keberagaman dan menjadi negara yang memiliki etnis yang bervariasi. Sejarah nenek moyang memiliki peranan penting dalam pembentukkan suatu etnis dan ada banyak sekali etnis terkemuka yang ada di Indonesia seperti suku Jawa, suku Sunda, suku Madura, suku Toraja, suku Bugis, suku Minahasa, suku Batak, suku asmat, suku Dayak dan suku yang lainnya. Semua contoh etnis memiliki keunikannya tersendiri dan menjadi bukti keberagaman Indonesia. Berikut ini adalah contoh diferensiasi etnis:

ads

1. Dayak dan Buru

Dayak adalah salah satu etnis yang berasal dari Kalimantan dan suku ini memiliki kebiasaan yang unik saat melakukan perburuan hewan liar. Sedangkan buru adalah salah satu etnis yang berasal dari Maluku dan memiliki kebiasaan yang unik dalam kegiatan kesehariannya. Keduanya memiliki pewarisan budaya yang sangat berbeda, namun memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penanda keberagaman etnis di Indonesia.

2. Melayu dan Sunda

Melayu menjadi etnis yang berada di Bangka Belitung dan etnis ini memiliki bahaya yang sangat populer yaitu bahasa melayu. Sedangkan sunda adalah etnis yang berasal dari Jawa Barat dan sunda memiliki bahasa yang unik yaitu bahasa sunda. Kedua bahasa ini memiliki unsur-unsur budaya yang berbeda dan keduanya menjadi dua etnis yang berbeda, namun memiliki peranan yang penting di masyarakat. Kedua etnis ini sangat populer di Indonesia dan sudah ada sejak jaman dahulu.

3. Betawi dan Batak

Betawi adalah salah satu etnis yang berasal dari DKI Jakarta dan suku sangat populer di Indonesia, karena ada di ibukota. Suku betawi memiliki cara bicara yang sangat unik dan pola perilakunyapun sangatlah unik. Sedangkan suku batak adalah etnis yang berasal dari Sumatera Selatan dan etnis ini sangat terkenal dengan tingkat ketegasannya yang tinggi. Kini kondisi penduduk indonesia memang sangatlah bervariasi dan hal ini menimbulkan berbagai macam konflik sosial, salah satu konflik yang banyak terjadi adalah konflik perbedaan etnis.

4. Baduy dan Jawa

Baduy adalah salah satu suku atau etnis yang berasal dari Banten dan etnis ini memiliki pola kehidupan di daerah terpencil atau terisolasi. Suku ini sangat menutup diri dengan dunia luar dan menjadi suku yang sudah ada sejak jaman dulu. Sedangkan suku jawa menjadi salah satu suku terbesar yang ada di Indonesia dan suku ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Pola kehidupan masyarakat Jawa sangatlah menyebar dan bisa berbaur dengan etnis lainnya yang ada di Indonesia. Salah satu manfaat keberagaman budaya adalah adanya toleransi diantara masyarakat.

5. Madura dan Bima

Suku Madura adalah salah satu etnis yang berasal dari Jawa Timur dan etnis ini memiliki keunikkan dari segi bahasanya. Madura terkenal dengan satenya, karena sate madura sudah sangat populer di Indonesia dan penyebarannya sudah sangat luas. Suku Bima adalah salah satu suku yang ada di Nusa Tenggara Timur dan menjadi etnis yang terkenal penghasil kain sarung yang bernama Rimpu. Indonesia menjadi negara yang memiliki keragaman suku bangsa dan budaya.

Itulah ulasan lengkap mengenai contoh diferensiasi etnis dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Wednesday 12th, June 2019 / 03:51 Oleh :
Kategori : Sosiologi