Sponsors Link

Inilah 9 Contoh Dan Ciri-ciri Fakta Sosial

Sponsors Link

Fakta sosial adalah adalah salah satu cara pengkajian sosial yang dihasilkan dari sebuah struktur sosial di masyarakat dan fakta sosial juga sangat berkaitan dengan nilai sosial yang berkembang di masyarakat. Fakta sosial menjadi sebuah bukti sosial yang terjadi di masyarakat dan fakta ini bisa menjadi referensi kehidupan masyarakat untuk kedepannya. Fakta sosial termasuk dalam kajian sosiologi dan fakta sosial dapat mencegah terjadinya kesenjangan di masyarakat. Fakta sosial banyak ditemukan di lingkungan masyarakat dan seringkali merugikan bagi masyarakat itu sendiri, ada berbagai ciri fakta sosial.

ads

Ciri-ciri Fakta Sosial

1. Bersifat Umum

Fakta sosial sangat bersifat umum, karena tak hanya berlaku bagi sebagian masyarakat saja dan memiliki peranan penting di masyarakat. Salah satu contoh fakta sosial adalah penggunaan bahasa Indonesia, bahasa ini harus digunakan oleh para masyarakat sebagai bahasa pemersatu bangsa dan dengan bahasa Indonesia proses interaksi sosial menjadi lebih mudah terjadi. Fakta sosial harus bisa dijalankan masyarakat dan dengan mengikuti semua fakta sosial yang ada, masyarakat akan sangat terbantu.

2. Memaksa

Fakta sosial memiliki ciri memaksa bagi para anggotanya, hal ini diberlakukan untuk setiap orang dan fakta sosial ini dihasilkan dari kesepakatan bersama. Kesepakatan yang dilakukan sebelumnya, harus terus dijalankan secara terus menerus dan biasanya memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial di masyarakat. Fakta sosial juga seringkali menjadi penyebab perilaku penyimpangan yang terjadi di lingkungan masyarakat dan penyimpangan terjadi, karena sifat dari fakta sosial yang memaksa.

3. Faktor Luar

Fakta sosial memiliki ciri faktor luar atau eksternal, hal ini terjadi karena keberadaannya di luar individu dan fakta sosial juga sangat berkaitan dengan bidang agama, hukum , seni serta yang lainnya. Ada banyak sekali contoh perilaku penyimpangan sosial yang terjadi di masyarakat dan penyebabnya bisa bervariasi. Fakta sosial yang berada diluar pertimbangan-pertimbangan seorang individu, biasanya sudah ada didunia sejak lama dan bisa ada sebelum manusia dilahirkan.

Contoh Fakta Sosial

1. Aturan Pelajar

Pelajar biasanya memiliki aturan yang harus ditaati saat ke sekolah dan aturan tersebut dilakukan untuk menimbulkan tata tertib di sekolah, bagi para pelajar yang melanggar biasanya akan diberikan sanksi. Banyak aturan yang harus ditaati pelajar di sekolah seperti menggunakan pakaian seragam, datang tepat waktu, tidak melawan guru dan mengikuti pelajaran dengan baik. Namun banyak pula pelajar yang melakukan bentuk penyimpangan sosial dan hal ini seringkali merugikan dirinya sendiri.

2. Aturan Karyawan

Karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan, biasanya harus dipaksa mengikuti semua aturan yang ada dan salah satu aturan wajib yang harus dilaksanakan adalah menggunakan seragam kantor. Kondisi ini menjadi salah satu tujuan komunikasi sosial yang dilakukan pihak perusahaan terhadap para karyawannya. Menjadi seorang karyawan memang seringkali membuat serba salah, karena kondisi ini sering membuat seseorang menjadi mengikuti aturan yang berlaku dan tidak menjadi diri pribadi yang seutuhnya.

3. Aturan Pesantren

Salah satu tempat yang biasanya dianjurkan para orang tua muslim terhadap anaknya adalah pesantren dan dengan berada di pesantren, anak akan memiliki ajaran agama yang baik. Anak harus mengikuti berbagai aturan yang diterapkan pesantren seperti bangun subuh dan selalu melaksanakan sholat lima waktu tepat waktu. Hal ini menjadi salah satu faktor perubahan sosial yang terjadi pada anak pesantren dan perubahan sosial yang dihasilkan bersifat positif.

Sponsors Link

4. Aturan Kampung

Aturan suatu kampung adalah sebuah aturan yang harus diikuti oleh semua warganya dan aturan ini berkaitan dengan berbagai hal yang terjadi di kampung seperti larangan lelaki dengan perempuan yang belum nikah dalam satu rumah dan larangan mencuru di area kampung. Hal ini akan menghasilkan tata tertib yang sangat bermanfaat bagi lingkungan dan hal ini akan menghasilkan bentuk hubungan sosial yang berjalan dengan baik. Aturan kampung menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk diikuti dan ada berbagai sanksi yang akan digunakan ada pelanggar aturan.

5. Aturan Keluarga

Aturan keluarga adalah sebuah aturan yang diterapkan dalam suatu keluarga dan aturan ini biasanya dilakukan untuk mendisiplinkan anak. Hal ini akan membuat hubungan anggota keluarga menjadi harmonis dan dengan hubungan harmonis, keluarga akan menjadi sangat serasi. Anak akan mengikuti keinginan orang tuanya dan berbagai konflik sosial dapat dihindarkan dengan baik. Aturan keluarga menjadi salah satu contoh fakta sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat dan menjadi sebuah hal yang positif diterapkan di sebuah keluarga.

6. Aturan Klub Sepak Bola

Sepak bola adalah sebuah olahraga yang banyak disukai di Indonesia dan Indonesia memiliki banyak sekali klub sepak bola. Setiap klub sepak bola pasti memiliki aturan tersendiri untuk mendisiplinkan para pemainnya dan salah satu aturan yang dijalankan adalah tidak boleh bolos latihan, tanpa adanya sebuah alasan yang jelas. Hal ini akan membuat para pemain menjadi disiplin dalam latihan dan para pemain akan memiliki kondisi yang stabil dalam setiap pertandingan yang dilakukan.

Demikian ulasan lengkap mengenai contoh dan ciri-ciri fakta sosial. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 16th, May 2019 / 04:24 Oleh :
Kategori : Sosiologi