Sponsors Link

3 Contoh Corporate Social Responsibility Terbesar Di Indonesia

Sponsors Link

Sangat penting bagi anda untuk mempelajari corporate social responsibility atau bisa disebut dengan CSR jika anda saat ini sedang mempelajari tentang teori ekonomi. Sebelum mempelajari lebih dalam mengenai corporate social responsibility berbeda dengan perbedaan hubungan sosial dengan tindakan sosial. Anda terlebih dahulu harus mengerti apa yang dimaksud dengan corporate social responsibility. Untuk itu kami akan memberikan informasi seputar pengertian sebagai dasar anda mempelajari corporate social responsibility seperti berikut.

ads

Secara umum, corporate social responsibility merupakan sebuah sistem mekanisme dari suatu perusahaan untuk mengintegrasikan perhatian terhadap lingkungan sosial dalam operasi secara sadar. Tidak hanya itu corporate social responsibility juga merupakan sebuah mekanisme dalam berinteraksi dengan stake holder dengan kualifikasi melampaui tanggung jawab sosial khususnya di bidang hukum.

Bagi anda yang masih belum paham mengenai stake holder dan anda bisa melihat contoh pengangguran terbuka dan terselubung. Secara umum stake holder sendiri merupakan sekelompok orang ataupun organisasi dengan kepentingan- kepentingan tertentu dalam berbagai bidang. Stake holder ini merupakan salah satu penunjang keberhasilan suatu perusahaan dimana kehadiran stake holder ini sangat mempengaruhi pencapaian usaha dalam perusahaan tersebut.

Kembali pada topic utama yaitu corporate social responsibility, juga bisa diartikan sebagai konsep dan tindakan oleh sebuah perusahaan sebagai rasa tanggung jawab terhadap sosial dan lingkungan sekitar dimana perusahaan tersebut berdiri. Seperti dalam kegiatannya, corporate social responsibility bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau penduduk di sekitar lokasi perusahaan.

  • Definisi Corporate Social Responsibility

Kebanyakan perusahaan melakukan kegiatan dalam bentuk penjagaan terhadap lingkungan sekitar agar tidak rusak dan tetap aman serta damai, memberikan beasiswa pendidikan khusus kepada masyarakat dan penduduk sekitar bahkan staff-nya untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekitar perusahaan tersebut, membangun fasilitas umum di sekitar perusahaan, serta memberi bantuan berupa dana maupun kebutuhan pokok untuk masyarakat sekitar. Corporate social responsibility sendiri secara teori memiliki 3 definisi penting dimana definisi ini merupakan bentuk- bentuk tanggung jawab corporate social responsibility terhadap stakeholder atau pemangku kepentingan yang ada. Selain definisinya secara umum berbeda dengan  Perbedaan Tindakan Sosial dan Perilaku Sosial yang mudah dipahami, tentunya anda juga harus tau mengenai 3 definisi corporate social responsibility menurut teori dan berikut ini penjelasan singkatnya.

  • Sebagai Bentuk Tindakan Sosial

Corporate social responsibility memiliki definisi lain yaitu sebagai salah satu cara untuk melakukan tindakan sosial oleh suatu perusahaan. Tindakan sosial yang dilakukan oleh perusahaan tersebut tentunya bukan sembarang tindakan sosial. Tindakan harus berpegang pada prinsip kepedulian lingkungan hidup dan didasari oleh peraturan perundang- undangan yang berlaku.

  • Bentuk Komitmen

Definisi kedua dari corporate social responsibility yaitu sebagai sebuah mekanisme dan komitmen suatu perusahaan dimana komitmen harus dilakukan secara etis. Selain itu perusahaan merupakan sebuah perusahaan dengan operasional resmi dalam artian usaha yang dilakukan oleh perusahaan tersebut tidak bersifat ilegal. Perusahaan juga harus memiliki komitmen untuk selalu berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi diiringi dengan adanya peningkatan kualitas hidup staff dan karyawan termasuk keluarganya dimana ini juga akan berimbas pada kebaikan komunitas lokal maupun masyarakat secara luas.

  • Bisnis

Tentu Saja sebuah perusahaan juga memiliki tujuan dalam dunia bisnis dan corporate social responsibility merupakan sebuah bentuk dari mekanisme untuk mewujudkan komitmen suatu perusahaan dalam berbisnis. Bisnis dalam perusahaan tersebut tentunya juga didasari oleh sebuah komitmen kontribusi dalam penggunaan ekonomi berkelanjutan dalam hal bekerja sama dengan karyawan, keluarga karyawan, komunitas lokal, serta masyarakat di sekitar perusahaan maupun secara luas di luar daerah perusahaan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas hidup bersama dan memaksimalkan kualitas perusahaan tersebut.

  • Fungsi- Fungsi Umum dari Corporate Social Responsibility

Itulah definisi- definisi dari corporate social responsibility yang perlu anda ketahui terlebih dahulu sebelum mempelajari lebih dalam mengenai corporate social responsibility. Selanjutnya anda bisa mulai mempelajari tentang fungsi- fungsi secara umum dari corporate social responsibility. Tentunya fungsi ini juga merupakan dasar- dasar dari adanya corporate social responsibility di suatu perusahaan.

  • Izin Beroperasi

Fungsi utama dari corporate social responsibility secara umum yaitu mengurus izin beroperasi di daerah sebuah perusahaan tersebut akan melakukan usahanya agar tidak ilegal. Tentunya izin ini tidak hanya diurus secara hukum saja tetapi juga menjurus dalam lingkup sosial terhadap masyarakat di sekitar perusahaan.

Diharapkan dengan mengurus perizinan tersebut anda bisa melihat Perbedaan Sosiologi Agama dan Antropologi Agama Berdasarkan Pendekatannya, ada kerjasama serta keloyalan oleh perusahaan dengan masyarakat sekitar sehingga hubungan keduanya dapat terjaga dengan baik. Dengan ini pula maka perusahaan dapat menjadi sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan perusahaan juga dapat melakukan kegiatan operasionalnya dengan baik tanpa adanya gangguan dari masyarakat.

Sponsors Link

  • Memperkecil Resiko Bisnis

Corporate social responsibility dapat membuat hubungan antara perusahaan dengan pihak- pihak terkait khususnya para stake holder menjadi semakin lebih baik lagi. Dengan ini pula maka resiko bisnis seperti kerusuhan dapat diatasi dengan mudah. Selain itu dengan adanya hubungan yang baik antara perusahaan dan pihak- pihak terkait maka akan mempermudah peningkatan kualitas dari perusahaan tersebut serta memperkecil pengeluaran untuk hal- hal tidak penting.

  • Melebarkan Akses Sumber Daya

Corporate social responsibility akan selalu membantu perusahaan meningkatkan kualitas serta kuantitasnya dengan cara melebarkan wilayah akses sumberdaya. Dengan akses sumberdaya semakin luas dan mudah, maka perusahaan pun juga tidak akan susah untuk mendapatkan sumberdaya yang dibutuhkan mulai dari sumber daya manusia yang berkualitas hingga sumberdaya alam sebagai salah satu faktor pendukung kegiatan operasional perusahaan tersebut.

  • Mempermudah Akses Market

Tidak hanya bisa menjaga dan meningkatkan kualitas perusahaan saja berbeda dengan contoh sosiologi bersifat non etis dalam hal bisnis maka corporate social responsibility sangat berfungsi untuk mempermudah akses perusahaan tersebut terhadap market. Tidak hanya itu saja corporate social responsibility juga akan membuat perusahaan tersebut mudah masuk ke sebuah market besar dengan cara membangun loyalitas dengan baik terhadap masyarakat.

  • Meningkatkan Hubungan dengan Regulator

Tidak hanya dapat meningkatkan hubungan baik antara perusahaan dan stake holder saja tetap corporate social responsibility juga mampu meningkatkan hubungan yang baik antara perusahaan dan regulator. Program- program yang diadakan oleh corporate social responsibility umumnya akan meringankan beban pemerintah sebagai regulator seperti menurunkan tingkat pengangguran dalam daerah hingga mensejahterakan masyarakat di daerah sekitar perusahaan tersebut berdiri. Dengan inilah hubungan antara perusahaan dan regulator akan berlangsung lebih baik lagi.

  • Contoh- Contoh Corporate Social Responsibility Perusahaan

Itulah fungsi- fungsi umum dari corporate social responsibility beserta penjelasannya berbeda dengan  Contoh Sosiologi Bersifat Non Etis Di Lingkungan Sekitar Masyarakat, semua fungsi- fungsi diatas tentunya juga didasari lagi oleh tujuan utama dari perusahaan. Tujuan dari sebuah perusahaan tentunya ingin menjalankan perusahaan tersebut dengan baik dan mensejahterakan karyawannya agar dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Dan berikut ini merupakan contoh- contoh dari corporate social responsibility dari perusahaan- perusahaan ternama beserta sedikit penjelasannya.

  1. Danone (AQUA)

Air mineral AQUA yang sangat terkenal di kalangan masyarakat. AQUA merupakan salah satu produk unggulan dari sebuah perusahaan terkenal yang membawahi banyak sekali produk makanan dan minuman yaitu Danone. Danone sendiri melakukan program corporate social responsibility dengan nama WASH yaitu Water, Acces, Sanitation, Hygiene.

Sponsors Link

Sebuah program yang memiliki tujuan penting untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan dan berkontribusi secara aktif. Tidak hanya itu program corporate social responsibility pada Danone juga digunakan untuk memberikan suatu permasalahan terkait dengan penyediaan air bersih di Indonesia dengan program “1 Liter AQUA untuk 10 Liter  Air Bersih”.

  1. Sinde Budi Santosa

Bagi sebagian besar orang Indonesia pasti mengenal salah satu produk minuman Larutan Cap Badak ini. Berbeda dengan perbedaan tindakan sosial dengan perilaku sosial ini merupakan salah satu produk unggulan dari PT. Sinde Budi Santosa yang sangat bermanfaat untuk meredakan panas dalam. Adapun program corporate social responsibility yang dilakukan oleh PT. Sinde Budi Santosa yaitu melakukan pelestarian dan mendukung pelestarian hewan Badak khususnya Badak bercula satu di Taman Nasional Ujung Kulon Jawa. Dalam menjalankan programnya, PT. Sinde Budi Santosa bekerja sama dengan WWF Indonesia dengan cara mendonasikan sebagian dana hasil penjualan di tempat pelestarian Badak Ujung Kulon.

  1. Pertamina

Pertamina atau biasa dikenal dengan bahan bakar sebagai produknya berkomitmen melaksanakan program corporate social responsibility dengan membantu program- program pemerintah khususnya di bidang pembangunan. Selain itu Corporate Social Responsibility dalam PT. Pertamina juga melakukan program- program untuk meningkatkan hubungan perusahaan dengan stake holdernya untuk meningkatkan reputasi perusahaan. Itulah contoh- contoh dari Corporate Social Responsibility pada perusahaan- perusahaan seperti di atas.

Selain itu program- program yang dilaksanakan oleh corporate social responsibility pada suatu perusahaan tidak boleh sembarangan karena harus memenuhi beberapa kriteria. Kriteria- kriteria ini diciptakan agar dalam melaksanakan programnya corporate social responsibility dapat mencapai tujuan perusahaan.

Kriteria pertama, kegiatan corporate social responsibility merupakan sebuah kegiatan yang melebihi kepatuhan kepada hukum dan peraturan yang berlaku. Dalam hal ini tentu saja program tidak boleh melanggar aturan apalagi hukum. Selain itu corporate social responsibility juga harus bisa menciptakan dampak jangka panjang bagi perusahaan tersebut dan masyarakat di sekitar.

Dengan begini selain dapat menguntungkan perusahaan juga dapat mensejahterakan masyarakat di sekitar perusahaan juga. Adapun kriteria lain dari corporate social responsibility pada suatu perusahaan yaitu harus mempertimbangkan serta memperhatikan kepentingan stake holder di dalam dan luar perusahaan. Dengan begini maka perusahaan dapat menjaga hubungan serta meningkatkan hubungannya dengan stake holder mereka sehingga reputasi serta kualitas perusahaan dapat menjadi lebih baik. Itulah informasi seputar corporate social responsibility yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Thursday 21st, February 2019 / 08:04 Oleh :
Kategori : Ekonomi