Sponsors Link

10 Contoh Bentuk Interaksi Akomodasi Yang Terjadi Diberbagai Negara

Sponsors Link

Sebelum anda mempelajari lebih lanjut mengenai interaksi akomodasi, tentunya anda perlu mengetahui dasar dari interaksi akomodasi. Secara umum interaksi sendiri memiliki arti sebagai suatu tindakan hubungan antara dua orang maupun objek. Sedangkan secara harfiah anda juga bisa melihat contoh interaksionisme simbolik dalam kehidupan sehari-hari, interaksi sendiri memiliki arti sebagai sebuah tindakan yang terjadi ketika dua objek atau lebih mempengaruhi maupun saling memiliki efek antara satu dengan lainnya. Dalam konsep interaksi, adanya efek dua arah ini sangat penting dimana ini juga akan mempengaruhi satu sama lain.

ads

Pengertian Interaksi Akomodasi Menurut Para Ahli

Dalam penggunaan kata dan bahasa apalagi jika anda melihat kelebihan dan kekurangan teori interaksionisme simbolik, interaksi sendiri sebenarnya memiliki makna berbeda- beda tergantung dari segi konteksnya apalagi dalam berbagai bidang ilmu. Salah satu jenis interaksi yang ada dan dipelajari dalam ilmu pengetahuan sosial kali ini yaitu jenis interaksi akomodasi. Tentunya ini sangat berbeda dengan interaksi sosial secara umum, dan berikut merupakan pengertian dari interaksi akomodasi menurut para ahli.

  • Soekanto

Seorang ahli sosiologi mengemukakan bahwa interaksi akomodasi memiliki arti cukup luas dimana ini juga memiliki arti keseimbangan. Interaksi akomodasi merupakan sebuah interaksi dimana ini tercipta pada titik keseimbangan (equilibrium) antar individu dalam suatu masyarakat. Dalam hal ini juga disampaikan bahwa interaksi akomodasi merupakan berbagai macam usaha yang dilakukan manusia untuk mencapai keseimbangan dan meredakan pertentangan.

  • Gillin dan Gillin

Pengertian dari interaksi akomodasi berikutnya dikemukakan oleh Gillin dan Gillin berbeda dengan faktor pendorong interaksi sosial di masyarakat, dalam hal ini interaksi akomodasi merupakan sebuah gambaran dari cara manusia untuk beradaptasi dengan satu sama lain. Dalam hal ini juga dijelaskan bahwa adaptasi yang dimaksud yaitu ketika individu berada dalam sekelompok individu yang saling bertentangan. Untuk menciptakan suasana lebih baik dan dapat saling bekerja sama maka dilakukanlah interaksi akomodasi.

Itulah dua pengertian dari interaksi akomodasi menurut dua ahli sosiologi terkemuka berbeda dengan pengaruh interaksi antarruang di Indonesia dan Asean lainnya, sangat penting bagi anda untuk mengetahui dan mempelajari pengertian dari interaksi akomodasi sosial terlebih dahulu. Interaksi akomodasi sendiri juga sangat penting untuk dipelajari tidak hanya secara teori tetapi anda juga bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari- hari.

Contoh Bentuk Interaksi Akomodasi

Dalam mengaplikasikannya di kehidupan sehari- hari tentunya anda harus mengetahui bentuk- bentuk dari interaksi akomodasi. Aplikasikan bentuk interaksi akomodasi sesuai dengan permasalahan kehidupan anda, ini akan membantu anda untuk menciptakan kestabilan di sekitar anda. Dengan terciptanya kestabilan hidup dan anda juga bisa melihat contoh interaksi antar negara Asean yang pernah terjadi, maka anda akan memiliki kehidupan lebih tenang, damai, dan tentunya sejahtera. Untuk itu berikut merupakan contoh bentuk interaksi akomodasi beserta sedikit penjelasannya.

  1. Compromise (Kompromi)

Kompromi merupakan salah satu contoh dari bentuk interaksi akomodasi paling sering dilakukan. Secara pengertian, kompromi sendiri merupakan perundingan secara damai yang dilakukan oleh dua pihak berselisih dengan tujuan untuk mengurangi tuntutan. Cara ini sendiri sering dilakukan oleh pihak- pihak dengan masalah untuk mencapai sebuah kesepakatan bersama.

Adapun contoh dari bentuk interaksi akomodasi kompromi yaitu: Kemunculan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) merupakan salah satu masalah sangat besar dimana sangat sulit menemukan solusi dari permasalahan ini, untuk itu dilakukanlah kompromi di wilayah Aceh sehingga masalah pun selesai.

  1. Toleransi (Tolerance)

Secara umum, toleransi sendiri memiliki pengertian yaitu saling menghargai. Dalam hal ini dapat dikemukakan pula bahwa toleransi  merupakan sebuah sikap untuk saling dapat menghargai segala macam perbedaan antar manusia. Dan perlu anda ketahui pula, dalam melakukan toleransi tidak boleh saling ikut campur dalam hal keyakinan karena ini sangat sensitif.

Sponsors Link

Adapun contoh dari bentuk interaksi akomodasi toleransi yaitu : Ketika bulan ramadhan tiba dimana Indonesia memiliki keanekaragaman Agama, maka umat Kristen, hindu, budha, katolik, dan lainnya dapat menghormati orang islam yang menjalankan ibadah puasa dengan tidak mengganggu dan tanpa ikut campur dalam hal berpuasa.

  1. Arbitration (Arbitrase)

Contoh bentuk interaksi akomodasi berikutnya yaitu arbitrase berbeda dengan perbedaan kelompok sosial dan asosiasi, memiliki arti sebagai salah satu upaya untuk menyelesaikan permasalahan sengketa. Dalam hal ini membutuhkan bantuan pihak ketiga dan pihak ini harus dipilih oleh kedua belah pihak bersengketa. Adapun sebutan untuk pihak ketiga dalam bentuk interaksi akomodasi arbitrase yaitu majelis arbitrase.

Dalam pengertiannya dapat disimpulkan bahwa arbitrase ini adalah penunjukan pihak ketiga untuk dijadikan sebagai kunci dari penyelesaian masalah yang ada. Adapun contoh dari bentuk interaksi akomodasi yaitu : Ketika dalam dunia kantor dimana ada sebuah pertentangan antara karyawan dan pemilik perusahaan, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka dibutuhkanlah pihak ketiga seperti badan hukum yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

  1. Mediation (Mediasi)

Berbeda dengan bentuk  interaksi akomodasi lainnya, mediasi sendiri merupakan salah satu jalan tengah untuk mencapai kedamaian. Secara umum, mediasi memiliki arti sebagai salah satu proses yang harus mengikutsertakan pihak ke tiga sebagai penasihat. Dalam hal ini berbeda dengan arbitrase, pihak ke tiga dalam mediasi harus bersifat netral dalam menyelesaikan permasalahan antara pihak- pihak terkait.

ads

Adapun contoh dari mediasi yang sering dilakukan di kehidupan sehari- hari yaitu : Dalam sejarahnya, pemerintah RI melakukan mediasi untuk mendamaikan sejumlah fraksi seperti pada kasus fraksi yang berselisih di Kamboja. Dalam hal ini tentunya RI hanya menjadi sebuah fasilitator saja, sedangkan untuk keputusan berdamai atau tidak bergantung pada tiap- tiap fraksi di Kamboja.

  1. Coercion (Koersi)

Bentuk interaksi akomodasi selanjutnya yaitu Koersi yang merupakan salah satu bentuk interaksi akomodasi dengan cara menggunakan tekanan dan paksaan sehingga dalam hal ini, salah satu pihak yang bertikai memiliki keadaan tidak baik. Sedangkan pihak lawan tentu saja lebih kuat dan berani.

Adapun contoh bentuk interaksi akomodasi koersi yang dapat kami sampaikan yaitu : Dalam sejarah, sebagai salah satu contoh koersi berkepanjangan yaitu sistem perbudakan serta penjajahan yang dilakukan antar bangsa demi kejayaan setiap bangsa. Dalam hal ini pula bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan selama 3,5 abad. Tidak hanya dijajah secara materi, fisik, dan mental, bangsa Indonesia juga mengalami pembodohan selama itu.

  1. Conciliation (Konsiliasi)

Dalam bentuk interaksi akomodasi berikutnya, yaitu Konsiliasi memiliki ciri khusus dan sangat berbeda dengan bentuk interaksi akomodasi lainnya. Dalam hal ini, konsiliasi memiliki ciri yaitu mempertemukan pihak- pihak yang berselisih dalam mencapai persetujuan melalui berbagai lembaga sosial yang resmi.

Konsiliasi sendiri merupakan salah satu upaya untuk menggunakan lembaga sosial dalam menyelesaikan berbagai macam perselisihan antara pihak- pihak terkait. Adapun contoh dari konsiliasi yaitu: Pernah suatu ketika banyak sekali mahasiswa berdemo untuk menggulingkan para pemimpin tanah air, dalam hal ini dilakukan upaya dengan cara konsiliasi untuk berdamai sehingga tidak ada lagi mahasiswa yang berdemo.

  1. Adjudication (Ajudikasi)

Jika kita melihat ada berbagai pihak yang ikut andil dalam bentuk interaksi akomodasi di atas dan anda juga bisa melihat perbedaan interaksi sosial primer dan sekunder, begitu pun dengan Ajudikasi. Dalam hal ini ajudikasi merupakan sebuah usaha untuk menyelesaikan konflik antara berbagai pihak terkait melalui meja hijau yaitu pengadilan.

Bisa dibilang ajudikasi sendiri merupakan salah satu tahap penyelesaian masalah jika permasalahan tersebut terlalu sulit dipecahkan. Dan berikut merupakan contoh dari ajudikasi : Salah satu contoh dari ajudikasi yang paling sering dilakukan yaitu ketika ada permasalahan persengketaan tanah maupun perebutan harta warisan. Dalam hal ini harus diselesaikan melalui pengadilan untuk menentukan siapa pemenang dan yang kalah.

  1. Stalemate

Bentuk interaksi akomodasi berikutnya yaitu Stalemate, dalam hal ini berbeda dengan bentuk- bentuk interaksi akomodasi lainnya yang berujung pada ketentuan yang pasti. Stalemate sendiri merupakan salah satu bentuk interaksi akomodasi dimana dalam hal ini memiliki keadaan seimbang. Salah satu ciri khusus dari stalemate ini yaitu ditandai dengan adanya kekuatan seimbang antara pihak berselisih sehingga tidak dapat dipastikan bahwa perselisihan dapat berhenti dititik mana.

Dalam hal ini pula perselisihan hanya akan berhenti di titik tertentu yang tidak dapat dipastikan. Dan berikut merupakan contoh dari bentuk interaksi akomodasi stalemate yaitu : Melihat sejarah yang ada, perang dunia ke dua tampaknya sangat membekas hingga sekarang terutama ketika ada permasalahan terkait dengan blok barat dan blok timur. Dalam hal ini untuk menyelesaikannya dilakukanlah proses stalemate dimana kedua kubu dapat menyelesaikannya sendiri dengan tidak ada yang menang maupun yang kalah.

Sponsors Link

  1. Displacement

Sebelum anda beralih pada contoh mengenai displacement, anda perlu mengerti dasar dari displacement itu sendiri. Dalam pengertiannya, displacement merupakan sebuah usaha untuk mengakhiri sebuah konflik dengan memberikan pengalihan pada objek lain secara bersamaan dengan terjadinya konflik tersebut.

Adapun contoh dari bentuk interaksi akomodasi displacement yaitu : Menelisik sejarah mengenai batas ZEE, tampaknya Indonesia juga pernah memiliki kasus sengketa dengan Australia. Dalam hal ini dilakukanlah bentuk interaksi akomodasi displacement sehingga berakhir dengan adanya pembagian minyak bumi di celah timor.

  1. Konversi

Merupakan salah satu bentuk interaksi akomodasi yang digunakan untuk memberi penyelesaian dengan menjadikan salah satu pihak berselisih untuk bersedia menerima pendirian maupun prinsip dari pihak lain. Adapun contoh dari bentuk interaksi akomodasi konversi yaitu : Konflik antara Amerika dan rusia tampaknya harus diselesaikan dengan bentuk interaksi akomodasi konversi, dimana pada akhirnya konflik hingga saat ini masih terus berlangsung namun bukan tentang peperangan maupun penjajahan lagi. Lebih tepatnya tentang persaingan teknologi.

Itulah contoh bentuk interaksi akomodasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Monday 17th, June 2019 / 02:04 Oleh :
Kategori : Sosiologi