Sponsors Link

4 Ciri Struktur Sosial Homogen Dalam Contoh Kesamaannya

Sponsors Link

Struktur sosial adalah unsur unsur dalam kehidupan bermasyarakat yang nantinya dapat membentuk suatu kelompok dengan latar belakang yang serupa atau sistematik. Kesamaan latar belakang atau interest membuat kelompok tersebut dengan mudah dapat terbentuk. Kelompok yang terbentuk bisa berupa lembaga, kelompok masyarakat hingga institusi.

ads

Menurut Radcliffe Brown, struktur sosial terdiri dari jaringan masyarakat yang membentuk sebuah struktur dengan komponen yang saling berhubungan satu sama lain. Sehingga dapat dikatakan bahwa struktur sosial berupa relasi antar person yang  memiliki dan menjalani fungsinya masing masing. Jadi didalam struktur sosial terdapat perorangan selaku anggota dan memiliki fungsi masing-masing. Selain Brown, ada juga pendapat-pendapat para ahli mengenai struktur sosial.

  • Menurut Koentjaraningrat, struktur sosial adalah kerangka yang menghubungkan unsur struktur sosial yang ada didalam kehidupan bermasyrakat. Dalam hal ini diartikan sebagai pemersatu elemen masyarakat dalam kehidupan sosial.
  • Menurut Soerjono Soekano, struktur sosial adalah hubungan timbal balik antara anggota masyarakat yang telah memiliki posisi maupn peranan yang berbeda beda. Soerjono menjelaskan bagaiman hubungan antara anggota yang menjadi elemen masyarakat.
  • Menurut Borgota, struktur sosial adalah bentuk dari lingkungan sosial yang menjadikan wadah bagi tipa individu untuk melakukan segala tindakan sosial. Penjelasan Borgota hampir serupa dengan Koentjaraningrat akan tetapi Borgota lebih menekankan bahwa struktur sosial menjadi suatu tempat.
  • Menurut George C Homans, struktur sosial adalah bagian dari perilaku sosial dalam kehidupan sehari hari dan berkaitan dengan perilaku sosial.
  • Menurut Evans Pritchard, struktur sosial adalah hubungan sosial yang terjadi di kelompok masayarakat hingg amembentuk kesatuan yang lebih luas.

Struktur sosial memiliki berbagai fungsi seperti fungsi identitas, fungsi kontrol, fungsi pembelajarann dan fungsi dasar. Fungsi identitas yang dimaksud adalah bagaimana menekankan identitas yang telah ada agar semakin dikenal orang. Fungsi kontrol merupakan tindakan bagaiman mengkontrol anggota yang terlibat dalam struktur sosial. Fungsi pembelajaraan menunjukan bagaimana interaksi yang dapat dijadikan pembelajraan bagi individu struktur sosial sedangkan fungsi dasar menjadikan struktur sosial sebagai dasar dari segala tindakan individu bagi masyarakat. Fungsi-fungsi tersebut juga menjadi faktor pendorong terjadinya hubungan sosial dimasyarakat.

Bentuk Ciri-Ciri Struktur Sosial Homogen

Struktur sosial tidak hanya satu, karena setiap sudut pandang memiliki bentuk bentuk struktur sosial yang berbeda-beda. Struktur sosial terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis sturktur sosial apabila dilihat dari segi sifat sifat struktur sosial, dapat dibagi menjadi struktur sosial kaku, struktur sosial luwes, struktur soail formal dan struktur sosial informal.  Struktur sosial juga dapat dilihat berdasarkan kesamaan dan ketidaksamaan sosial. Struktur sosial berdasar kesamaan terbagi menjadi homogen dan heterogen sedangkan ketidaksamaan berdasarkan vertikal dan horizontal. Kali ini yang akan dibahas hanyalah struktur sosial homogen, ciri struktur sosial homogen dan contoh struktur sosial homogen.

Kata homogen sepertinya sudah tidak asing lagi. Dalam kamus besar besar bahasa indonesia, kata homogen memiliki makna kesamaan, satu jenis, satu watak, satu sifat dan apapun yang serupa. Sehingga struktur sosial homogen dapat  diartikan sebagai anggota masyrakat yang memiliki kesamaan latar belakang seperti identitas, ras, suku bangsa hingga agama. Ciri ciri struktur sosial homogen lebih jelasnya akan dijabarkan dibawah ini dan disertai contoh-contohnya.

  • Identitas
Sponsors Link

Ciri struktur sosial homogen berdasarkan kesamaan identitas adalah kondisi dimana sekelompok masyarakat yang membentuk keanggotaan karena memiliki kesamaan identitas. Contoh struktur sosial homogen identitas adalah PPI Turki.

PPI Turki sendiri merupakan persatuan pelajar Indonesia yang mana keanggotaannya adalah pelajar indonesia yang berada di turki. Contoh lainnya adalah sekelompok keturunan Arab yang hidup di Indonesia. Yang menjadi poin adalah pengelompokkan tersebut disebabkan oleh kesamaat identitas yang dimiliki setiap anggotanya.

  • Ras

Selain identitas, ciri struktur sosial homogen lainnya adalah ras. ras ialah golongan bangsa yang satu rumpun. Atas dasar kesamaan rumpun maupun ciri fisik membuat mereka merasa satu hingga membentuk kelompok. Contohnya adalah indonesia dan malaysia yang merupakan saru rumpun melayu.

  • Etnik
Sponsors Link

Etnik atau suku merupakan salah sau ciri struktur sosial homogen. Di Indonesia sangat banyak sekali etnik, mengingat indonesia memiliki wilayah yang sangat luas mulai dari sabang sampai marauke hingga miangas sampai pulau rote. Contoh struktur sosial homogen berdasarkan etnik adalah suku baduy, suku betawi, suku minangkabau, suku batak, suku minahasa, suku toraja, suku asmat, suku togutil dan masih banyak lagi.

  • Agama

Memiliki kesamaan agama atau keyakinan bisa menjadi suatu alasan terbentuknya struktur sosial. Indonesia yang kaya akan keanekaragaman tidak hanya menyimpan banyak ras dan etnik. Indonesia juga terdiri dari berbagai macam agama. Namun yang secara resmi diakui di Indonesia adalah Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu.

Kehadiran struktur sosial dimasyarakat tidak semata mata untuk mengelompokkan masyarakat. Setelah apa yang telah dijabarkan diatas, fungsi struktur sosial dapat dirangkum menjadi sebagai instrumen dalam masyarakat untuk mencapai tujuan tertentu, untuk menata dalam kehidupan bermasyarakat hingga lebih rapi, sebagai makhluk sosial yang menjalankan fungsi sosialnya dan juga untuk membuat identitas yang terlihatnya beda. Sehingga dengan adanya struktur sosial, identitas seseorang dalam masyarakat semakin terlihat jelas.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 22nd, June 2018 / 08:36 Oleh :
Kategori : Sosiologi