Sponsors Link

8 Ciri – Ciri Westernisasi yang Terjadi di Indonesia Saat Ini

Sponsors Link

Masyarakat Indonesia yang hidup di zaman serba modern seperti saat ini, wajib mengetahui tentang Westernisasi. Fenomena yang satu ini ternyata sudah menjalar di dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara luas. Tidak hanya itu, fenomena sosial ini, menimbulkan beberapa perubahan yang terjadi khususnya di kawasan kota-kota besar di Indonesia. Lalu apa Westernisasi itu?

ads

Westernisasi adalah fenomena contoh amalgamasi  yang merupakan sebuah proses, ketika masyarakat Indonesia yang berada di kalangan bawah, mencoba untuk mengadopsi budaya barat di dalam berbagai bidang, seperti bidang teknologi, industri, politik, hukum, gaya hidup, agama dan nilai-nilai yang dianut. Westernisasi merupakan suatu arus yang besar, yang akan mempengaruhi kehidupan masyarakat yang menempati suatu wilayah.

Mengapa Westernisasi Masuk ke Indonesia

Tidak ada sebab jika tidak ada penyebabnya, masuknya keuntungan dan kerugian dari mea  arus Westernisasi ini tentunya memiliki sebab khusus. Yang paling utama dan yang terjadi di banyak kota besar di Indonesia adalah terjadinya peningkatan kualitas hidup dan manusia yang menjadi pribadi modern. Menurut Alex Inkeles, Manusia modern memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Pribadi yang berani berpendapat atau beropini
  2. Pribadi yang menerima hal –hal baru serta terbuka terhadap perubahan
  3. Pribadi yang menghargai waktu dan berorientasi untuk masa depan
  4. Pribadi yang percaya diri
  5. Pribadi yang selalu terencana dan terorganisir
  6. Pribadi yang penuh perhitungan
  7. Pribadi yang lebih menghargai harkat hidup manusia lainya
  8. Pribadi yang percaya pada ilmu pengetahuan dan teknologi
  9. Pribadi yang mengharapkan imbalan sesuai dengan prestasi

Indonesia juga merupakan Negara yang banyak melakukan keuntungan Indonesia menjadi anggota apec  kerja sama dalam bidang politik dan perekonomian dengan beberapa Negara barat. Hal ini juga dapat menjadi pintu gerbang masuknya arus westernisasi ke Indonesia dengan sangat cepat.

Faktor- Faktor Penyebab Westernisasi

Fenomena sosial berupa Westernisasi, juga mempengaruhi umat beragama di Indonesia yang mayoritas beragama islam. Masyarakat beragama ini seolah-olah menjadi boneka yang tugasnya meniru peradaban barat secara total. Jika sudah begini, masalah westernisasi ini tentunya manfaat keberagaman budaya  akan menjadi masalah yang cukup serius dan harus ditangani.

Jika dibiarkan, westernisasi dikhawatirkan dapat membuat ciri ciri primordialisme perubahan yang lebih luas lagi, hingga mencangkup nilai luhur, budaya, adat istiadat, norma dan lain sebagainya. Unsur-unsur tersebut merupakan suatu kepribadian bangsa Indonesia yang harus dijaga agar tidak tergerus arus westernisasi. Berikut ini faktor-faktor timbulnya modernisasi saat ini:

  • Kurang maksimalnya masyarakat dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Terjadinya Akulturasi, berupa masuknya budaya dari tanah barat ke Indonesia
  • Keadaan masyarakat yang memiliki sifat konsumsitif, khususnya pada produk luar negeri
  • Masyarakat kurang memiliki kesadaran untuk memilih budaya baik dan budaya buruk
  • Peniruan gaya pakaian, gaya rambut hingga gaya hidup yang serba kebarat-baratan
Sponsors Link

Ciri-Ciri Westernisasi

Dalam westernisasi, terdapat beberapa ciri yang dapat dikenali oleh masyarakat, bahkan sudah terjadi dan sedang terjadi hingga saat ini. Apa saja yang merupakan ciri-ciri westernisasi, berikut penjelasanya:

  • Meningkatnya Gaya Hidup konsumerisme (hidup boros), Generasi muda saat ini sepertinya jauh lebih boros dibandingkan generasi muda zaman dulu. Mereka lebih menyukai hidup yang mewah, serba mahal, serba bermerek.
  • Menjalani Gaya Hidup dengan Bebas, mereka sudah tidak menghiraukan aturan agama, hukum dan norma, yang terpenting mereka merasakan kepuasaan untuk diri mereka sendiri
  • Menyukai Kegiatan Ceremonial (Pesta, Dansa, Minuman Keras), saat ini berbagai hal yang terjadi seperti kurang maksimal jika tidak dilengkapi dengan kegiatan pesta dan hura-hura.
  • Perilaku yang Menyimpang dan Pergaulan bebas
  • Fenomena kawin kontrak tanpa memiliki ikatan yang sah
  • Memiliki program dalam kehidupan, seperti pergi berwisata ke Negara lain, makan-makanan sehat, berbelanja teratur ke swalayan
  • Fenomena transgender yang mulai marak dan dianggap biasa saja
  • Pernikahan Campuran berbeda Negara

Sebagai generasi muda yang tinggal di Indonesia, kita memang tidak bisa menahan arus westernisasi begitu saja, tapi kita masih bisa melakukan penyeleksian dan memfilter apa saja dari westernisasi yang berdampak positif bagi kita, tanpa meninggalkan jati diri bangsa kita serta norma dan adat istiadat di dalamnya.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 16th, May 2018 / 06:10 Oleh :
Kategori : Sosiologi