Sponsors Link

3 Ciri-ciri Stereotipe Etnis dan Contohnya di Masyarakat

Sponsors Link

Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman budaya dan suku bangsa. Keragaman ini hadir sebagai salah satu contoh pluralisme dalam masyarakat Indonesia. Terdapat lebih dari 300 kelompok etnis yang ada di Indonesia dengan ditunjukkan adanya perbedaan sosial budaya antar kelompok etnis tersebut.

ads

Tak sedikit etnis yang harus hidup berdampingan setiap harinya di Indonesia, terlebih di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Antar kelompok etnis tidak dapat dihindarkan dari proses terjadinya interaksi sosial. Mereka harus hidup bersama di tengah perbedaan yang ada, padahal perbedaan tersebut mampu menimbulkan gesekan-gesekan tertentu yang dapat memicu bentuk-bentuk konflik sosial. Munculnya contoh fenomena sosial berupa konflik tentu dipicu adanya faktor penyebab bersifat negatif yang muncul antara kedua belah pihak, salah satu di antara faktor tersebut adalah stereotipe etnis.

Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai ciri-ciri stereotipe etnis. Pembahasan ini diharapkan dapat membantu kita untuk lebih mudah mengidentifikasi adanya stereotipe etnis di kehidupan sehari-hari. Sebelum masuk pembahasan ciri-ciri stereotipe etnis, ada baiknya simak terlebih dahulu uraian singkat mengenai etnis.

Pengertian Etnis

Etnis (kelompok etnik/suku bangsa) merupakan sekumpulan manusia yang mengidentifikasi dirinya dengan sesamanya, umumnya ditandai dengan kesamaan garis keturunan dan identitas etnis lainnya. Identitas etnis lain yang menjadi dasar identifikasi hampir sama dengan faktor pembentuk kelompok sosial, di antaranya kesamaan budaya, agama, bahasa, perilaku, dan ciri biologis.

Merujuk definisi ini, maka setiap etnis akan memiliki kekhasan masing-masing yang membedakan satu dengan lainnya. Setiap etnis memiliki eksklusivitas kelompok sehingga yang mengantarkan mereka secara tidak langsung membagi diri dalam macam-macam kelompok sosial. Etnis satu akan menempatkan dirinya sebagai kelompok ingroup dan etnis lain yang berbeda dengan mereka sebagai kelompok outgroup. Penggolongan kelompok ini dapat didasari faktor-faktor fisik seperti ekonomi dan pendidikan atau faktor sosial seperti adanya prasangka dan stereotipe etnis.

Definisi Stereotipe Etnis

Stereotipe adalah kombinasi dari ciri-ciri yang sering ditetapkan oleh suatu kelompok terhadap kelompok lain atau oleh seseorang kepada orang lain. Berdasarkan definisi ini, jelas dapat disimpulkan bahwa stereotipe etnis berkaitan dengan cara pandang suatu kelompok etnis terhadap etnis lain didasarkan pada ciri umum yang mereka kenali.

Contoh stereotipe etnis yang ada di Indonesia misalnya stereotipe terhadap suku Batak. Suku Batak identik dengan cara bicaranya yang keras dan watak kuat pemberani serta agresifnya meski hidup sebagai minoritas di tengah-tengah mayoritas. Hal ini umumnya akan menimbulkan perlakuan berbeda dari etnis lain ketika berinteraksi dengan etnis Batak.

Ciri-ciri Stereotipe Etnis

Terdapat tiga ciri yang dapat kita kenali untuk mengidentifikasi keberadaan stereotipe etnis di antaranya :

  • Bersifat penilaian

Stereotipe etnis merupakan penilaian individu atau satu kelompok etnis terhadap etnis lainnya. Penilaian ini bersifat subjektif dan dapat berkesan positif maupun negatif sesuai yang mereka tangkap saat berinteraksi.

  • Muncul karena keawaman terhadap etnis tertentu

Stereotipe umumnya muncul pada orang-orang yang tidak mengenal sungguh-sungguh etnis yang ia temui. Jadi, ia hanya menerka-nerka etnis lain dari pengamatannya sendiri tanpa dibekali pengetahuan lebih dalam mengenai etnis yang sedang ia temui. Bila ia telah bergaul lebih intens dengan etnis lain dan mengenali kehidupan etnis tersebut secara kompleks, terdapat kemungkinan akan leburnya stereotipe etnis yang telah dibentuknya karena penemuan bukti-bukti yang ada.

  • Muncul karena prasangka

Ciri-ciri stereotipe selanjutnya adalah muncul karena prasangka antara etnis satu dengan lainnya. Prasangka ini muncul akibat adanya keunikan antar kelompok, sehingga keunikan tersebut mampu memunculkan anggapan tertentu bagi etnis di luarnya.

Demikian pembahasan mengenai tiga ciri-ciri stereotipe etnis. Semoga dapat membantu kita untuk menyikapi keberadaan stereotipe etnis yang ada di sekitar kita agar dapat diarahkan menjadi faktor pendukung bentuk-bentuk perubahan sosial yang bersifat positif.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Sunday 23rd, September 2018 / 03:20 Oleh :
Kategori : Sosiologi