Sponsors Link

3 Ciri Ciri Pranata Pendidikan Dalam Kehidupan Bersekolah

Sponsors Link

Dalam kehidupan sosial bermasyarakat akan sering dijumpai banyak kegiatan aktifitas yang melibatkan banyak orang. Dengan adanya berbagai kegiatan yang melibatkan berbagai pihak akan menambahkan rasa saling menghormati dan saling membantu. Keragaman suku bangsa dan budaya akan tercipta dengan terlibatnya banyak pihak yang mengkosep suatu kegiatan. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu dampak positif keberagaman budaya karena dengan banyaknya budaya yang ikut berpartisipasi akan menambah meriah suatu kegiatan tersebut.

ads

Kegiatan yang dilaksanakan bisa menjadi suatu wadah untuk sarana belajar dalam kehidupan. Dengan adanya berbagai sarana untuk menuntut ilmu, maka akan banyak ilmu yang bisa didapatkan. Dalam suatu kehidupan terdapat suatu pranata yang mengatur berbagai bidang. Salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Peran pranata pendidikan sangat diperlukan untuk suatu proses pembelajaran dalam membentuk sebuah kepribadian.

Dengan adanya suatu pranata pendidikan akan membentuk suatu lembaga pendidikan. peran lembaga pendidikan akan sangat dibutuhkan karena menjadi salah satu wadah atau media dalam menuntut ilmu. Dalam suatu pranata pendidikan terdapat berbagai macam ciri-ciri pranata pendidikan. Sehingga dengan adanya ciri-ciri pranata pendidikan semua orang bisa membedakan pranata pendidikan.

Ciri-ciri pranata pendidikan adalah sebagai berikut. Pranata pendidikan terbagi menjadi 3 ciri-ciri yaitu:

1. Pendidikan formal

Pendidikan formal adalah pendidikan yang diakui oleh negara. Pendidikan formal bisa dilakukan dalam sekolah, baik negeri maupun swasta. Dengan adanya pendidikan formal bisa menjadikan seseorang semakin bertahap hingga mencapai tahap kelulusannya. Kelulusan dalam pendidikan formal akan berjenjang, dimana pendidikan formal adalah pendidikan yang terus bisa dilanjutkan hingga titik pendidikan tertentu.

Pendidikan formal adalah jenis pendidikan yang banyak diikuti oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Dengan adanya pendidikan formal, siswa akan dituntut untuk dapat memahami dan mempelajari segala hal yang diajarkan dalam sekolah. Pendidikan formal terbuka untuk umum, sehingga semua orang bisa menjalani dan mengikuti pendidikan formal. Dalam pendidikan formal akan banyak ditemui berbagai macam sifat manusia yang rajin hingga kurang rajin. Dengan adanya pendidikan formal, proses belajar mengajara akan lebih mudah dilakukan karena proses yang terstruktur dan setiap hari.

Pendidikan formal dilakukan dengan beberapa pengajar yang disebut sebagai berikut:

  • guru (untuk jenjang TK-SMA/SMK)
  • dosen (untuk jenjang sarjana/magister)
  • proffesor (untuk jenjang doktoral)

Pendidikan formal merupakan jenjang pendidikan yang sangat umum dijalani. Bahkan pendidikan formal menjadi salah satu pendidikan wajib yang harus diikuti. Dengan mengikuti pendidikan formal, akan banyak pengetauhan yang akan diperoleh karena materi yang akan diajarkan adalah materi yang sudah terkonsep secara runut.

Contoh dari pendidikan formal baik swasta maupun negerai adalah sebagai berikut:

  • TK (Taman Kanak-kanak)
  • SD (Sekolah Dasar)
  • SMP (Sekolah Menengah Pertama)
  • SMA (Sekolah Menengah Atas)
  • SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)
  • Perguruan Tinggi
Sponsors Link

2. Pendidikan non-formal

Pendidikan non-formal adalah pendidikan yang tidak wajib dilaksakanakan atau diikuti. Dengan adanya pendidikan formal bisa menunjang berjalannya pendidikan formal dengan lancar. Pendidikan non-formal biasa dilaksanakan ketika pendidikan formal sudah berakhir jamnya. Pendidikan non-formal biasa dilakukan untuk membantu proses belajar dan proses memahami pelajaran yang telah disampaikan dalam kelas pendidikan formal.

Pendidikan non-formal adalah pendidikan yang bersifat membantu pendidikan formal. Pendidikan non-formal bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai denga jadwal yang diterima. Dengan mengikuti adanya pendidikan non-formal diharapkan bisa meningkatkan kualitas belajar pada pendidikan formal. Karena untuk mencapai suatu yang lebih baik hasilkan dibutuhkan berbagai usaha untuk mewujudkan impian tersebut. Salah satu caranya dengan mengikuti pendidikan non-formal. Contoh dari pendidikan non-formal adalah kursus. Kursus bisa dalam bentuk dan mata pelajaran apapun. Kursus tidak terbatas hanya untuk menunjang pendidikan formal saja, namun ada beberapa kursus yang memang ditujukan untuk meningkatkan skill atau kemampuan dalam diri.

3. Pendidikan informal

Sponsors Link

Pendidikan informal adalah pendidikan yang bersifat tidak langsung. Pendidikan informal bisa didapatkan dari berbagai pihak dan dalam waktu kapanpun. Dengan adanya pendidikan informal bisa menjadikan tempat belajar baru yang tidak terikat suatu aturan yang mengekang. Dengan adanya pendidikan informal, proses mencerna sesuatu akan lebih mudah dan bisa mendapatkan ide-ide inovatif yang tidak terfikir sebelumnya. Pendidikan informal bisa dilakuka kapan saja.

Dengan adanya pendidikan informal, proses belajar akan lebih mudah dipahami dengan seksama. Pendidikan informal adalah pendidikan yang tidak membahas mengenai berbagai pelajaran yang diajarkan dalam pendidikan formal. Pendidikan informal bisa membahas apapun. Salah satu contoh pendidikan informal adalah melalui keluarga. Dengan melalui keluarga kita bisa belajar banyak hal mengenai kehidupan dan bertanya mengenai hal apapun yang tidak kita ketahui sebelumnya.

Manfaat pendidikan informal akan selalu terasa, karena sebelum menginjakkan kaki di pendidikan formal, tentunya semua siswa akan menjalani pendidikan informal. Pendidikan informal bisa dilakukan dan didapatkan sejak lahir. Banyak hal yang bisa dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai macam pendidikan merupakan bagian dari ciri-ciri pranata sosial. Selain pranata pendidikan, pranata sosial juga memiliki ciri-ciri pranata sosial. Berbagai macam-macam pranata sosial bisa ditemui dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian, adanya kehidupan bermasyarakat akan meningkatkan rasa toleransi dan saling tolong menolong yang tinggi.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Wednesday 30th, May 2018 / 04:46 Oleh :
Kategori : Pendidikan