Sponsors Link

11 Ciri-Ciri Pengangguran di Suatu Negara Secara Umum

Sponsors Link

Pengangguran merupakan salah satu contoh masalah sosial dalam masyarakat yang masih sulit untuk diatasi, terutama pada negara-negara berkembang. Pengangguran atau yang biasa disebut sebagai istilah tuna karya dalam ilmu sosiologi merupakan istilah yang ditujukan bagi orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan sama sekali, atau yang sedang mencari pekerjaan.

ads

Orang-orang yang termasuk dalam pengangguran sebenarnya memiliki dua kemungkinan, yaitu mereka sudah siap bekerja namun tidak ada lapangan pekerjaan yang sesuai dan mereka yang belum mampu bekerja namun kondisi memaksa mereka untuk mencari pekerjaan. Pengertian pengangguran tersebut juga dapat menjadi salah satu ciri-ciri pengangguran secara umum, namun sebelum membahas mengenai ciri-ciri pengangguran perlu diketahui dulu apa sebenarnya penyebab adanya pengangguran dalam masyarakat.

Penyebab Pengangguran

Pengangguran juga dapat ditujukan bagi mereka yang bekerja kurang dari dua hari dalam satu minggu dan bagi mereka yang sedang berusaha untuk mendapatkan suatu pekerjaan yang lebih layak dibanding pekerjaan yang dimiliki sebelumnya. Pengangguran pada umumnya disebabkan karena tidak sebanding nya jumlah angka pencari kerja dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia. Kondisi tersebut juga dapat diperparah karena tingginya angka populasi suatu negara dan terus berkembangnya zaman seperti zaman globalisasi sekarang ini, sehingga daya saing semakin luas dan tinggi. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat menyebabkan pengangguran terjadi, seperti:

  • Jumlah penduduk yang relatif semakin tinggi menyebabkan angka pencari kerja juga menjadi tinggi, namun lapangan pekerjaan justru semakin sedikit sehingga permintaan tenaga kerja semakin berkurang. Kondisi ini akhirnya menyebabkan banyak pengangguran bermunculan.
  • Tingkat pendidikan dan keterampilan yang relatif rendah, sehingga tidak mampu untuk bersaing dan akhirnya mudah tersisih. Terlebih lagi dengan adanya zaman globalisasi yang semakin mengurangi batas-batas negara, sehingga persaingan menjadi lebih luas.
  • Angkatan kerja yang tidak mampu pula memenuhi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan dan diminta oleh para pencari tenaga kerja atau dunia kerja.
  • Teknologi yang semakin maju dan modern namun tidak dapat diimbangi oleh kemampuan para pencari kerja.
  • Adanya kondisi dimana para pengusaha atau perusahaan yang selalu mengejar keuntungan dengan cara melakukan banyak penghematan, seperti pengurangan tenaga kerja serta penerapan rasionalisasi.
  • Adanya suatu kondisi pula dimana lapangan kerja dipengaruhi oleh musim.
  • Pengangguran juga dapat disebabkan karena adanya suatu keadaan tidak stabil di dalam aspek perekonomian, politik, serta keamanan suatu negara, sehingga berdampak pada kurangnya upaya pemerintah dalam mengatasi pengangguran.

Itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan angka pengangguran tinggi atau dapat menyebabkan adanya angka pengangguran dalam suatu negara. Selain penyebab diatas, pengangguran juga memiliki beberapa ciri-ciri umum yang akan dibahas lebih lanjut berikut ini.

Ciri-Ciri Pengangguran

Pengangguran seringkali menjadi suatu masalah bagi negara, terutama dalam aspek perekonomian. Hal ini disebabkan karena dengan adanya angka pengangguran yang tinggi, maka produktivitas dan pendapatan masyarakat atau negara akan berkurang.

Kondisi tersebut nantinya akan memicu timbulnya masalah-masalah sosial lainnya, seperti kemiskinan, berbagai contoh ketimpangan sosial, dan lain sebagainya hingga dapat pula memicu adanya bentuk-bentuk konflik sosial dalam masyarakat. Oleh sebab itu diperlukan upaya yang benar dan pasti dari pemerintah untuk mencegah semakin tingginya angka pengangguran suatu negara. Lalu apa saja ciri-ciri pengangguran dalam kehidupan masyarakat atau kehidupan suatu negara secara umum, berikut beberapa ciri-ciri pengangguran:

  1. Tidak Memiliki Pekerjaan
Sponsors Link

Ciri yang paling jelas dari seorang pengangguran adalah mereka tidak memiliki pekerjaan. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa pengertian dari pengangguran sendiri  merupakan istilah yang ditujukan pada mereka yang tidak memiliki pekerjaan, yang mana tidak memiliki pekerjaan dapat berarti beberapa hal, seperti:

  • Mereka sedang mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan mereka sehingga saat itu mereka tidak bekerja atau tidak memiliki pekerjaan.
  • Mereka sedang mempersiapkan suatu usaha untuk diri mereka sendiri maupun usaha untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak, sehingga saat itu mereka juga tidak memiliki pekerjaan.
  • Mereka tidak mencari pekerjaan sama sekali karena di picu adanya rasa putus asa setelah mengalami beberapa kegagalan dalam seleksi pekerjaan.

Selain itu, pengangguran juga dapat berarti mereka telah memiliki pekerjaan, hanya saja belum mulai bekerja.

  1. Tidak Memiliki Penghasilan

Karena pengangguran identik dengan tidak memiliki pekerjaan, maka ciri pengangguran selanjutnya adalah mereka tidak memiliki penghasilan. Karena penghasilan didapatkan dari suatu pekerjaan yang dilakukan, bukan meminta. Kondisi inilah yang sering menyebabkan munculnya tindakan kriminal karena adanya kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tetapi tidak ada penghasilan yang dihasilkan yang disebabkan oleh mereka tidak memiliki pekerjaan.

  1. Melekat dengan Tindakan Kriminal
ads

Seperti yang disebutkan di ciri-ciri sebelumnya, pengangguran juga identik atau melekat dengan adanya tindakan kriminal. Kondisi ini di picu karena tidak adanya kesempatan kerja bagi mereka, atau tidak ada kemauan untuk mencari pekerjaan, sehingga mereka memiliki jalan pintas seperti melakukan tindakan-tindakan kriminal.

Tindakan-tindakan kriminal yang sering muncul dalam masyarakat karena pengangguran adalah tindakan pencurian, perampokan, pencopetan, dan lain sebagainya. Kondisi tersebut juga disebabkan karena kebutuhan sehari-sehari yang semakin naik namun tidak adanya penghasilan yang didapatkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

  1. Tidak dapat Mencukupi Kebutuhannya

Ciri pengangguran yang selanjutnya adalah tidak dapat mencukupi kebutuhannya, hal ini di picu karena tidak adanya pekerjaan serta penghasilan yang didapatkan. Oleh sebab itu, seorang pengangguran biasanya tidak dapat mencukupi kebutuhannya dan cenderung masih bergantung pada orang tua atau orang-orang disekitarnya.

  1. Masih Bergantung pada Orang Tua

Seorang pengangguran yang tidak memiliki pekerjaan sama sekali dan tidak dapat menghasilkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya pasti akan tetap atau terus bergantung pada orang tua. Hal ini disebabkan karena kehidupannya harus terus berlangsung dan kebutuhan pokok nya juga harus dipenuhi, sehingga mau tidak mau seorang pengangguran harus tetap bergantung pada orang tua.

  1. Banyak Mencari Pekerjaan

Salah satu dari pengertian pengangguran adalah mereka yang tidak memiliki pekerjaan tetapi sedang mencari pekerjaan, oleh sebab itu salah satu ciri dari pengangguran adalah banyak mencari pekerjaan. Seorang pengangguran akan banyak mencari pekerjaan dengan harapan untuk mendapatkan satu pekerjaan tetap, namun sebenarnya kondisi ini yang justru membuat mereka tetap menjadi seorang pengangguran.

Mengapa demikian, karena semakin banyak mencari pekerjaan semakin tidak jelas jalan hidup dan pendiriannya, semakin banyak pekerjaan yang didaftarnya maka semakin tidak fokus mana yang harus benar-benar dipersiapkannya. Walaupun bagus mencari banyak pekerjaan, tapi diusahakan untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan satu jalur atau satu bidang pekerjaan.

  1. Mudah Putus Asa

Tingginya angka pengangguran juga disebabkan karena persaingan dan persyaratan yang semakin tinggi, namun tingkat pendidikan dan kemampuan yang dimiliki tidak mampu mengimbangi. Kondisi tersebutlah yang sering menyebabkan seorang pengangguran selalu gagal dalam tahap seleksi pekerjaan, semakin seringnya gagal semakin mudah juga bagi pengangguran untuk merasa putus asa. Oleh sebab itu mudah putus asa juga menjadi salah satu ciri-ciri pengangguran dalam kehidupan masyarakat secara umum.

  1. Tidak Memiliki Pendirian yang Kuat

Selain mudah putus asa, pengangguran juga memiliki ciri-ciri tidak memiliki pendirian yang kuat dalam hidupnya. Kebanyakan pengangguran masih belum tau apa yang mereka mau dan apa yang harus mereka lakukan. Dampak perubahan sosial budaya juga dapat mempengaruhi pendirian seseorang, terlebih lagi jika mereka memang memiliki kepribadian yang mudah dipengaruhi.

  1. Memiliki Masalah Sosial dalam Hidupnya

Ada banyak macam masalah sosial yang dapat muncul dalam kehidupan seseorang atau kehidupan bermasyarakat, hal ini juga dapat memicu seseorang sulit mendapatkan pekerjaan sehingga menjadi seorang pengangguran. Oleh sebab itu ciri-ciri lain dari pengangguran adalah mereka memiliki masalah sosial di dalam hidupnya, seperti kemiskinan, tidak dapat menerima perubahan, tidak menjalin hubungan sosial atau interaksi dengan baik, dan lain sebagainya yang membuat mereka susah untuk mendapatkan suatu pekerjaan.

  1. Melekat dengan Hal yang Dilarang Agama
Sponsors Link

Walaupun ciri yang satu ini jarang atau tidak umum dalam masyarakat, namun kehadirannya memang ada. Bagi beberapa masyarakat pedalaman yang masih memiliki tradisi yang sangat kental, mereka biasanya juga memiliki nilai dan norma yang mengatur larangan untuk bekerja, biasanya ini berlaku untuk wanita.

Sehingga mereka tidak diperbolehkan untuk bekerja atau mencari bekerja, hal ini juga biasanya didasarkan pada prinsip bahwa laki-laki yang harus menafkahi dan mencari pekerjaan bukan seorang wanita. Oleh sebab itu, wanita yang tergolong dalam kondisi tersebut terpaksa menjadi seorang pengangguran.

  1. Memiliki Waktu Luang

Ciri yang terakhir dari pengangguran adalah bahwa mereka pasti memiliki waktu luang yang tidak ada habisnya karena tidak ada kegiatan atau pekerjaan yang dapat mereka lakukan. Sehingga kegiatan mereka hanya berdiam diri dirumah, nongkrong, bergossip, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang lebih cenderung tidak bermanfaat. Pengangguran juga biasanya tidak dapat mengatur waktunya dengan baik, sehingga banyak waktu yang terbuang sia-sia.

Itulah beberapa ciri-ciri pengangguran secara umum. Yang mana diperlukan upaya dari pemerintah yang jelas untuk mengatasi masalah sosial yang satu ini, agar angka pengangguran dapat berkurang sehingga dapat membantu pula kemajuan serta perkembangan negara, seperti membantu usaha negara berkembang untuk menjadi negara maju. Karena salah satu ciri-ciri negara maju adalah rendahnya angka atau tingkat pengangguran. Demikian penjelasan dari ciri-ciri pengangguran, semoga dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 10th, April 2018 / 03:38 Oleh :
Kategori : Sosiologi