Sponsors Link

3 Ciri-Ciri Organisasi Sosial Dalam Tujuan Fungsinya Bagi Masyarakat

Sponsors Link

Organisasi sosial merupakan salah satu organisasi yang sering hadir di lingkungan masyarakat, dimana organisasi sosial biasanya didirikan oleh mereka yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dan perduli terhadap kondisi masyarakat. Organisasi sosial memiliki suatu tujuan sosial, seperti untuk melayani kepentingan masyarakat, mengembangkan lingkungan masyarakat, dan lain sebagainya tanpa menghitung adanya untung maupun rugi.

ads

Hal ini berarti organisasi sosial merupakan suatu organisasi yang benar-benar dibentuk dari masyarakat untuk masyarakat. Lalu apa sebenarnya fungsi organisasi sosial terutama bagi masyarakat? Ada beberapa fungsi utama organisasi sosial selain tujuannya untuk melayani masyarakat, namun sebelum membahas mengenai fungsi organisasi sosial perlu diketahui terlebih dahulu pemahaman lebih lanjut mengenai organisasi sosial dan ciri-ciri dari organisasi sosial sendiri.

Banyak contoh organisasi sosial yang dapat ditemui dalam lingkungan masyarakat, beberapa diantaranya seperti LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat, panti asuhan, berbagai macam yayasan sosial, dan lain sebagainya. Lalu apa yang sebenarnya di sebut sebagai organisasi sosial, berikut pengertian organisasi sosial secara luas dan secara sempit:

  • Organisasi sosial secara luas diartikan sebagai suatu jaringan tingkah laku manusia atau hubungan antar manusia dalam ruang lingkup yang kompleks pada setiap lingkungan masyarakat.
  • Organisasi sosial secara sempit diartikan sebagai suatu tingkah laku seseorang atau hubungan manusia dalam kelompok-kelompok kecil.

Dari kedua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa organisasi sosial merupakan susunan atau struktur yang menggabungkan berbagai hubungan antar manusia yang saling bergantung dan terjadi dalam lingkungan masyarakat. Hal ini disebabkan karena manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan memerlukan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, terutama dalam lingkungan masyarakat. Oleh sebab itu hubungan yang terjadi antar manusia dan keadaan saling bergantung satu sama lain merupakan salah satu contoh tindakan sebagai makhluk sosial.

Ciri-Ciri Organisasi Sosial

Terbentuknya suatu organisasi sosial juga disebabkan karena adanya kepentingan-kepentingan yang tidak dapat dicapai oleh diri sendiri, sehingga dibutuhkan kerja sama dan hubungan yang erat antar anggota untuk mencapai kepentingan-kepentingan tersebut. Yang mana memiliki kepentingan-kepentingan yang ingin di capai merupakan salah satu ciri dari organisasi sosial yang sama dengan ciri-ciri lembaga sosial, berikut beberapa ciri-ciri lain dari organisasi sosial:

  • Memiliki rumusan batas-batas operasional yang jelas demi mencapai tujuan atau kepentingan bersama, sekaligus memenuhi aspirasi anggotanya.
  • Memiliki identitas yang jelas sehingga dapat di akui oleh masyarakat.
  • Memiliki keanggotaan dan status yang formal, dimana terdapat pula pembagian peran dan tugas yang jelas dan terstruktur.
  • Berdasar pada nilai dan norma yang ada di masyarakat, termasuk berbagai macam contoh nilai sosial.
  • Bersifat formalitas, artinya memiliki perumusan tertulis terhadap peraturan, ketetapan, kebijakan, dan lain sebagainya.
  • Bersifat hierarkhi, dimana sebagai suatu struktur sosial organisasi sosial juga memiliki pola kekuasaan dan wewenang seperti piramida.
  • Memiliki tujuan dan kepentingan yang diupayakan untuk dicapai demi masyarakatnya, dimana organisasi sosial juga tidak mementingkan keadaan untung dan rugi.

Itulah beberapa ciri-ciri dari organisasi sosial yang dapat disimpulkan bahwa organisasi sosial merupakan suatu organisasi di dalam masyarakat yang terstruktur atau tersusun dengan jelas demi mencapai kepentingan serta tujuan bersama.

Fungsi Organisasi Sosial

Selain ciri-ciri dari organisasi sosial, terbentuknya suatu organisasi sosial di dalam lingkungan masyarakat juga pasti memiliki fungsi-fungsi utama. Berikut ini beberapa fungsi organisasi sosial baik bagi masyarakat maupun bagi organisasi sosial sendiri:

  • Sebagai suatu Pedoman

Fungsi organisasi sosial yang pertama dan utama adalah sebagai suatu pedoman bagi anggota masyarakatnya. Sebagai suatu organisasi yang terbentuk dari adanya jaringan tingkah laku manusia dan hubungan antar manusia di dalam lingkungan masyarakat, organisasi sosial berfungsi untuk memberikan pedoman bagi para anggota masyarakat mengenai pola tingkah laku dan sikap yang benar dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok. Sikap tersebut juga termasuk sikap dalam menghadapi berbagai macam masalah di masyarakat, seperti menghadapi berbagai contoh masalah sosial atau bentuk-bentuk konflik sosial yang rentang muncul dalam masyarakat.

  • Menjaga Keutuhan Masyarakat

Organisasi sosial memiliki tugas atau fungsi untuk mempertahankan atau menjaga keutuhan masyarakat yang bersangkutan. Hal ini sekaligus berjalan dengan keinginan para anggota untuk mengembangkan serta memajukan masyarakat tersebut, sebagai salah satu upaya juga dalam menjaga keutuhan dan eksistensi suatu masyarakat.

Fungsi ini dapat tercapai melalui pembentukan program-program sosialisasi atau program kemasyarakatan, gotong royong, peningkatan pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang benar, pemberian pengarahan dalam menghadapi berbagai macam masalah dalam masyarakat, dan lain sebagainya. Kondisi tersebut juga dimaksudkan untuk mencegah munculnya masalah-masalah sosial atau konflik sosial yang dapat mengancam keutuhan masyarakat yang bersangkutan.

  • Sebagai suatu Pegangan bagi Anggota Masyarakat

Selain menjadi pedoman dalam bertingkah laku atau bersikap di dalam lingkungan masyarakat, organisasi sosial juga berfungsi sebagai suatu pegangan bagi para anggota masyarakat dalam mengawasi tingkah laku atau sikap para anggotanya. Sehingga nantinya jika ada yang salah atau tidak sesuai dengan nilai dan norma dalam masyarakat dapat diajak untuk membenarkan menjadi sebagai mana mestinya. Hal ini juga dapat menjadi salah satu upaya dalam menjaga keutuhan suatu masyarakat.

Demikian penjelasan mengenai fungsi organisasi sosial, yang dapat disimpulkan bahwa organisasi sosial dibentuk memiliki fungsi demi kemajuan, perkembangan, serta keutuhan masyarakat. Dimana organisasi sosial berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat yang didasarkan pada nilai serta norma yang berlaku di dalam suatu lingkungan masyarakat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 14th, April 2018 / 02:52 Oleh :
Kategori : Sosiologi